Merenungi COVID-19 dari Balik Jeruji*
Pilihan EditorSemasa Corona

Merenungi COVID-19 dari Balik Jeruji*

“Dilarang berkumpul.” Demikian imbauan pemerintah kepada masyarakat tentang bagaimana harus waspada menghadapi pandemi yang sedang melanda dunia. Akan tetapi, di dalam penjara lapas kota kecil ini, kami hidup berkumpul.Saya mencoba merenungkan kembali perjalanan yang saya lakukan di republik tercinta ini, melihat…
4 Minuman Kekinian yang Bisa Kamu Bikin Sendiri
#dirumahajaItinerary

4 Minuman Kekinian yang Bisa Kamu Bikin Sendiri

Beberapa minggu ini, TikTok dan Instagram penuh dengan minuman kopi kekinian. Kopi dalgona (dalgona coffee) namanya. Yang bikin kopi dalgona menarik adalah proses pembuatannya yang nggak rumit-rumit amat. Jadi, bisa kamu bikin sendiri di rumah pas pembatasan sosial (social distancing).Pengen bikin kopi dalgona? Di bawah ini…
Ikut Menyelesaikan Masalah Dampak COVID-19 lewat Startup
Events

Ikut Menyelesaikan Masalah Dampak COVID-19 lewat Startup

Setelah WHO menetapkan status pandemi terhadap wabah COVID-19 pada 12 Maret 2020 lalu, sedikit demi sedikit dampak penyebarannya mulai terasa. Di Indonesia, di mana pandemi ini belum memuncak, sudah mulai bermunculan berbagai masalah sebagai dampak secara langsung maupun tidak langsung di hampir seluruh sektor…
“Bunuh Diri” Semasa Corona
Pilihan EditorSemasa Corona

“Bunuh Diri” Semasa Corona

“Gue nyesel kenapa tadi gue nggak bantuin….”Kalimat itu begitu pelan keluar dari balik masker hijau yang kini harganya sudah tak jelas. Kejadiannya dua tahun lalu, tepatnya tanggal 21 Juli 2018 ketika kami sedang berdiri menunggu KRL 1791 di Stasiun Tanahabang. Penyebab ucapan itu sebenarnya sangat umum, saat kereta…
Merayakan Paskah di Rumah Aja
#dirumahajaItinerary

Merayakan Paskah di Rumah Aja

Seperti yang kita tahu, wabah COVID-19 belum berakhir. Pemerintah bahkan sudah mulai menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk beberapa wilayah di Indonesia. Oleh karenanya, masyarakat masih harus membatasi aktivitas bekerja, belajar, beribadah, dan aktivitas lainnya.Beberapa waktu lalu, Kementerian Agama…
Memasak Lauk Pauk Bungkus Daun Pisang
#dirumahajaItinerary

Memasak Lauk Pauk Bungkus Daun Pisang

Kalau kemaren kita udah kasih beberapa rekomendasi makanan, camilan, dan juga hidangan pencuci mulut yang bisa dibuat selama #dirumahaja, kali ini TelusuRI mau kasih ide bikin kuliner (lagi) tapi yang kesemuanya dibungkus dengan daun pisang.Ada apa aja tuh? Simak ya!1. BotokDi kota kecil dan desa-desa sekitar…
Semasa Corona di Muaradua
Pilihan EditorSemasa Corona

Semasa Corona di Muaradua

Muaradua adalah wilayah kecil yang menjadi pusat pemerintahan Kab. Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan (Sumsel). Untuk mencapai Muaradua perlu perjalanan 7-8 jam dari Kota Palembang.Ketika warga Jakarta dan sekitarnya mulai dihebohkan oleh kasus positif COVID-19 di awal Maret, kami yang tinggal di Muaradua…
Berdansa di Antara Anugerah dan Musibah
IntervalSemasa Corona

Berdansa di Antara Anugerah dan Musibah

Agama dan keyakinan merupakan garda terdepan dalam memberikan rasa aman dan ketenteraman bagi masyarakat Indonesia.Agama juga tidak dapat dipisahkan dari praktik peribadatan di rumah Tuhan. Lebih dari sekadar media penghubung manusia dengan Tuhan, gereja, masjid, candi, dan pura serta tempat peribadatan lainnya telah…
"Jalan-jalan" di Rumah Aja ala Kobi KokBisa
#dirumahajaItinerary

"Jalan-jalan" di Rumah Aja ala Kobi KokBisa

Di masa-masa pembatasan sosial begini nggak cuma kamu saja yang kangen jalan-jalan, Kobi KokBisa juga. Kepada TelusuRI, Kobi berbagi beberapa trik supaya hari-hari #dirumahaja berasa kayak jalan-jalan keliling dunia. Simak, ya! 1. Traveling lewat Google EarthKobi bilang, lewat layanan ini kita bisa jalan-jalan keliling…