Loading Posts...

Submisi

tentang telusuri

TelusuRI.id mengundang kamu dan semua orang yang bangga dan cinta Indonesia untuk menelusuri negeri ini dan mengenalkannya pada dunia melalui tulisan, foto, dan video.

Konten seperti apa yang bisa dikirimkan?

Semua jenis konten (tulisan, foto, dan video) mengenai destinasi, atraksi wisata, atau pengalaman-pengalaman ketika melakukan perjalanan. Temanya beragam, seperti soal seni dan budaya lokal, atau makanan khas suatu daerah.

TelusuRI.id mencari karya asli, yang belum pernah dimuat di mana pun, sepanjang sekitar 700-1.500 kata (tapi, jika tulisanmu lebih panjang dari 1.500 kata, jangan ragu untuk mengirimkannya), bisa dalam bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris, dalam format doc atau docx (rtf tidak dianjurkan). Foto akan kami minta setelah tulisan kamu direview. Mohon tidak menyertakan foto dalam dokumen (doc) submisi. Kamu juga bisa mengirimkan esai foto.

Selain tulisan dan foto, kamu juga dapat mengirimkan video dengan menyertakan caption singkat tentang video tersebut sebanyak satu atau dua paragraf.

Kategori tulisan

Tulisan di laman TelusuRI.id terbagi menjadi tiga (3) kategori: (1) travelog, (2) itinerary, (3) events.

Travelog adalah catatan perjalanan bersifat naratif yang bercerita dari sudut pandang orang pertama yang terlibat dalam cerita. Jangan ragu mengirimkan tulisan jika catatan perjalanmu panjang, sebab TelusuRI.id menghargai narasi-narasi perjalanan panjang yang sekarang seperti kurang mendapat tempat.

Itinerary berisi informasi-informasi yang berkaitan dengan pariwisata, yang bukan travelog, dan dituliskan baik dalam format feature maupun listicle (tulisan yang dikemas sebagai daftar). Konten dapat bercerita tentang destinasi, kuliner, objek-objek sejarah, atau yang lain selama masih dapat dihubungkan dengan pariwisata.

Events berisi jadwal maupun reportase kegiatan. Events yang diangkat dan yang diliput adalah yang berhubungan dengan pariwisata, seni, dan budaya.

Terus, dikirim ke mana?

Kirimkan tulisan, foto, dan video kamu ke editorial@telusuri.id dengan format judul: [SUBMISSION] JUDUL KONTEN dan sertakan informasi berupa nama, biodata singkat, alamat e-mail, URL web/blog dan media sosial.

Ada ketentuan-ketentuannya?

Ada. Tapi nggak banyak, kok. Hanya: (1) TelusuRI.id berhak menyeleksi cerita yang masuk, melakukan penyuntingan dan perombakan cerita untuk menyesuaikannya dengan semangat TelusuRI.id; (2) Hak cipta semua konten yang masuk ke TelusuRI.id merupakan milik masing-masing penulis atau pembuatnya; (3) TelusuRI.id tidak bertanggung jawab terhadap konten yang kamu kirim. Meskipun begitu, TelusuRI.id akan melakukan kurasi terhadap semua konten dengan melakukan riset dan penyuntingan yang ketat sebelum terbit di TelusuRI.id; (4) Kontribusi di TelusuRI.id bersifat sukarela. TelusuRI.id tidak menjanjikan kompensasi dalam bentuk apa pun kecuali: (1) kaos merah TelusuRI.id dan (2) meletakkan profil singkat kamu dalam laman artikel sebagai penghargaan kecil dan ucapan terima kasih untuk kamu.

Kami tunggu kiriman konten dari kamu!


Pemutakhiran terakhir 17/06/18 14:14 WIB.