#dirumahajaItinerary

Merayakan Paskah di Rumah Aja

Seperti yang kita tahu, wabah COVID-19 belum berakhir. Pemerintah bahkan sudah mulai menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk beberapa wilayah di Indonesia. Oleh karenanya, masyarakat masih harus membatasi aktivitas bekerja, belajar, beribadah, dan aktivitas lainnya.

Beberapa waktu lalu, Kementerian Agama mengimbau kepada umat Katolik dan Kristiani Indonesia untuk memperingati Paskah yang jatuh pada 12 April 2020 #dirumahaja. Nah, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memperingati Paskah dari rumah.

Ibadah bersama keluarga, dan mengikuti misa “online”

Karena kegiatan peribadatan sementara harus dilakukan di rumah, kamu pun bisa melakukan rangkaian ibadah Paskah secara daring (online). Beberapa gereja menggelar misa online yang bisa kamu ikuti. Untuk informasi penyelenggaraan misa daring, kamu bisa mengecek ke katedraljakarta.or.id atau pun akun Twitter Katolik Garis Lucu.

Karena kamu bakal ikut misa daring, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan nih, Sob. Romo Yustinus Ardianto, Direktur Puspas Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) Samadi, lewat sebaran pesan singkat, menganjurkan agar kamu mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum misa daring, seperti mandi dan mengenakan pakaian yang pantas. Lalu, ikuti misa di tempat yang pantas seperti ruang tamu, ruang keluarga, atau ruang doa. Supaya lebih sakral, kamu bisa meletakkan salib dan menyalakan lilin beralaskan taplak putih.

Juga, ikuti misa daring dengan penuh kesungguhan, ikuti perayaannya secara penuh, jangan meninggalkannya untuk urusan lain. Jangan lupa untuk ikut membuat tanda salib saat pembukaan dan berkat penutup, begitu juga berdoa saat upacara penerimaan komuni. Yang terakhir, kamu bisa mengikuti ekaristi sambil duduk saja, nggak perlu berdiri ataupun berlutut.

Menikmati momen bersama keluarga

Barangkali kemaren-kemaren, meski #dirumahaja, kamu dan keluarga sibuk dengan kerjaan masing-masing. Momen Paskah pas banget buat ngumpul bareng dengan keluarga kecilmu di rumah. Kamu bisa memasak dan makan bareng, dilanjut dengan menghias telur-telur paskah. Sekalian bisa jadi stress release ‘kan setelah work from home sekian minggu?

Buat kamu yang menunda mudik, coba deh video call-an dengan keluarga di kampung halaman. Ajak mereka buat sama-sama menonton Andrea Bocelli yang akan menyanyi dari Duomo Cathedral di hari Paskah ini dan disiarkan lewat kanal YouTube-nya.

Dan, terakhir, selamat merayakan Paskah untuk teman-teman TelusuRI yang merayakannya!


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Tips Bikin Bujet Traveling ala Dayu Hatmanti

#dirumahaja

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Tips supaya Konten Lebih Memikat ala Satya Winnie

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Ngobrolin Fotografi Perjalanan bareng Ingga Suwandana

#dirumahajaItinerary

Tuliskan Perjalananmu, Mumpung Lagi di Rumah Aja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *