#dirumahajaItinerary

4 Minuman Kekinian yang Bisa Kamu Bikin Sendiri

Beberapa minggu ini, TikTok dan Instagram penuh dengan minuman kopi kekinian. Kopi dalgona (dalgona coffee) namanya. Yang bikin kopi dalgona menarik adalah proses pembuatannya yang nggak rumit-rumit amat. Jadi, bisa kamu bikin sendiri di rumah pas pembatasan sosial (social distancing).

Pengen bikin kopi dalgona? Di bawah ini TelusuRI bocorin cara bikinnya. Sebagai bonus, TelusuRI juga bakal kasih kamu beberapa resep minuman kekinian lain yang bisa dibikin pas #dirumahaja begini.

Kuy!

1. Kopi dalgona

Kopi dalgona adalah es kopi susu yang viral setelah salah satu stasiun TV Korea menayangkan aktor dan model asal Korea, Jung Il-woo, meminum kopi dalgona saat pergi ke Macau.

Kalau mau ikutan bikin, caranya gampang banget! Siapkan kopi tanpa ampas, susu cair, gula merah/putih, air panas, dan es. Gula, kopi, dan air panas dicampur, lalu diaduk sampai mengembang. Lalu, sajikan dengan menuangkan susu cair dan es ke dalam gelas dilanjutkan dengan adonan kopi yang sudah mengembang.

Rasanya sebenarnya nggak jauh beda dari kopi susu pada umumnya. Hanya cara pembuatan dan penyajiannya saja yang memang sedikit beda. Makanya jadilah kopi ini beken di kalangan kawula muda.

2. Teh Thailand

Sebelum dalgona muncul, teh Thailand alias Thai tea menjadi minuman yang cukup digemari. Meski udah banyak yang menjual dalam kemasan sachet, teh Thailand lebih seru kalau dibuat dengan tangan sendiri.

Thai style milk tea #homemade #Bangkok
Teh Thailand atau “Thai tea” via flickr.com/Vee Satayamas

Cara bikinnya, teh yang sudah diseduh dengan air dicampur dengan gula, susu evaporasi, krimer atau susu kental manis, lalu diaduk rata.  Nah, untuk mengeluarkan efek berbuih, racikan teh ini bisa dikocok menggunakan shaker. Teh ini bisa disajikan panas atau dingin. Kalau mau panas, tinggal nggak usah dikasih es batu saja.

3. Es timun serut jeruk nipis

Es timun serut jeruk nipis ini enak dikonsumsi selama #dirumahaja karena super menyegarkan! Apalagi bentar lagi bulan puasa. Minuman ini bisa kamu bikin buat buka puasa. Di Aceh, es timun serut kerap disajikan bareng makanan khas Aceh semisal mi Aceh.

Terus cara bikinnya gimana? Siapin bahannya dulu Sob: buah timun, jeruk nipis, sirup atau gula, selasih, dan es batu. Buah timun diserut dulu, lalu dituangkan ke dalam gelas bersama dengan air perasan jeruk nipis atau bisa juga irisan jeruk nipis, selasih, gula, dan es batu. Setelah itu tambahkan air. Jadi, deh.

4. Teh susu boba

Teh susu boba (milk tea boba) juga belakangan lagi hits. Nah, daripada beli, kamu bisa bikin milk tea boba #dirumahaja.

O'Cup Jasmine Milk Tea
Teh susu boba via flickr.com/Elsie Hui

Pertama, mari kita bikin boba-nya dulu. Yang musti disiapkan yakni air matang, 90 gram gula aren, dan 280 gram tepung tapioka. Cara bikinnya, rebus air dan gula aren sampai mendidih dan masukkan tepung tapioka. Kita aduk-aduk sampai adonan tercampur rata. Setelah rata, adonan diangkat untuk dibuat boba. Uleni dengan tepung tapioka dulu supaya tidak lengket, lalu ambil sedikit adonan lalu dibentuk bola kecil-kecil. Nah, bola-bola boba ini kemudian direbus kembali sampai semuanya mengapung. Setelah bobanya jadi, bikin teh susu (milk tea). Cara bikinnya gampang. Racik teh dan susu cair/kental manis, gula, dan es batu.

Terakhir, baru, deh, tuangkan boba ke dalam gelas berisi teh susu itu. Hmmm, aroma teh hitam yang bercampur dengan susu dan boba segar nikmat banget!

Nah, udah kepikir belum mau bikin minuman kekinian yang mana dulu?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Tips Bikin Bujet Traveling ala Dayu Hatmanti

#dirumahaja

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Tips supaya Konten Lebih Memikat ala Satya Winnie

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Ngobrolin Fotografi Perjalanan bareng Ingga Suwandana

#dirumahajaItinerary

Tuliskan Perjalananmu, Mumpung Lagi di Rumah Aja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *