Angkat Ransel Terakhir sebelum Corona
Pilihan EditorSemasa Corona

31 Desember 2019 “Eh, ini ada berita soal wabah virus di China,” ujar abang saat kami menunggu jadwal penerbangan di KLIA 2. Aku mengangguk. Pagi tadi, saat kami menunggu bus rute Melaka Sentral-KLIA 2, aku juga membaca satu-dua berita tentang virus di Wuhan itu. Tidak ada rasa khawatir kala itu. Kupikir virus itu akan…
Bermodal Percaya, Mengajar Daring Semasa Corona

Minggu malam itu saya menerima kabar bahwa mulai besok, 16 Maret 2020, universitas resmi menerapkan bekerja dari rumah. Seminggu sebelumnya kegiatan perkuliahan di kampus sudah dibubarkan, berganti kelas daring, tapi dosen masih boleh datang ke kampus. Tapi mulai Senin esok dosen pun harus kerja dari rumah. Buat saya yang…
Semalam di Tli'u
Pilihan EditorTravelog

Kami akan ke So’e! Tidak pernah ada di bayangan kalau saya akan mengunjungi tempat kelahiran kawan baik saya saat kuliah dulu. Bukan untuk liburan tetapi untuk summer school. Beberapa teman menyarankan saya membeli jeruk So’e saat tiba di sana. Hm… patut dicoba. Pagi itu, saya dan rombongan memenuhi bus kecil Mitra…
Menuju Oh Aem

Pagi itu, setelah mandi dan sarapan, saya terburu-buru mengangkut dua ransel saya menuju dua bus kecil yang terparkir di halaman sebuah sekolah di Oe Ekam. Sudah tiga malam sejak saya menuruni tangga burung besi di Bandara El Tari, Kupang. Saya memang sedang mengikuti sebuah summer school yang mengharuskan saya berpindah…
Mengenang Warung Bakmi tanpa Plang Nama
Travelog

Seingat saya, waktu itu awal tahun 2016. Sore itu mendung tebal menggantung di langit Yogyakarta. Saya yang baru rampung kuliah langsung melompat ke motor Ajo yang sudah siaga menjemput di depan kampus. “Aku belum makan, nih. Cari makan, yuk?” ujar saya sambil memasang helm. “Eh, mau coba tempat makan baru, nggak?
5 Sate Khas Lombok yang Menggoda untuk Dicoba
Itinerary

Selain alam yang indah, Lombok juga punya beragam kuliner yang bakal menggoyang lidah. Sate, misalnya. Di Lombok ada beberapa varian sate lezat yang recommended banget buat dicoba. Inilah 5 sate khas Lombok yang harus kamu coba kalau mampir ke pulau itu: 1. Sate bulayak Seporsi sate bulayak/Laely Farida Kamu bisa pilih antara…
Bernyanyi bersama Biduan Desa Gung Pinto di Kabupaten Karo
Travelog

Kenangan di Desa Gung Pinto di Sumatera Utara barangkali adalah salah satu pengalaman tak terlupakan bagi saya. Bulan Oktober tahun lalu, saat penelitian di sekitar Gunung Sinabung, Gung Pinto bukanlah tujuan utama tim riset saya. Namun, untuk memperkaya data, akhirnya kami berangkat juga ke desa itu. Kami bertujuh naik mobil…
Berakit-rakit sepanjang Sungai Amandit Loksado
Pilihan EditorTravelog

Meskipun lahir di Kalimantan Selatan, sampai berusia seperempat abad saya belum pernah sekali pun main ke Loksado, Hulu Sungai Selatan. Namanya hanya saya dengar lewat pelajaran geografi di sekolah. Maka ketika sepupu saya yang paling bontot mengajak liburan bersama keluarganya ke Loksado, saya senang hati mengiyakannya. Di hari…