Itinerary

Mau Jalan-jalan ke Batu Secret Zoo? Inilah 5 Hal yang Perlu Kamu Siapkan

Batu adalah salah satu kota di Jawa Timur yang punya banyak atraksi wisata. Ada agrowisata petik apel, The Bagong Adventure (Museum Tubuh), Museum Angkut, sampai Batu Secret Zoo (Jatim Park 2), dll.

Nama terakhir ini, yakni Batu Secret Zoo, adalah salah satu atraksi wisata yang ramai dikunjungi. Di kebun binatang ini kamu nggak cuma bisa melihat berbagai jenis fauna, memberi makan hewan-hewan tertentu, atau foto bersama hewan saja, namun juga menjajal atraksi tambahan seperti komidi putar dan rumah hantu.

Buat kamu yang mau ke Batu Secret Zoo, ini ada beberapa tips supaya jalan-jalanmu makin menyenangkan:

1. Siapkan waktu yang sangat longgar

batu secret zoo

Salah satu sudut BSZ/Vidiadari

Ada dua alasan kenapa kamu nggak bisa sebentar saja di Batu Secret Zoo. Pertama, terlalu banyak atraksi yang bakal kamu lewatkan, misalnya memberi makan hewan di jam khusus. Alasan kedua adalah karena luas kebun binatang ini mencapai 14 hektare!

Sekurang-kurangnya sediakan waktu tiga jam untuk mengelilinginya. Kalau kamu pengen foto-foto dan menikmati berbagai atraksi yang ada, tentu kamu mesti meluangkan waktu lebih banyak lagi.

2. Pakailah sepatu olahraga—jangan sepatu hak tinggi

batu secret zoo

Flaminggo/Vidiadari

Buat para mbaksis, nih: jangan sekali-sekali berpikiran buat pakai sepatu hak tinggi pas di Batu Secret Zoo. Arealnya luas soalnya. Lagian di Batu Secret Zoo juga nggak banyak tersedia kendaraan macam kereta kelinci yang bisa dipakai buat mengitari seluruh kebun binatang.

Jadi, kayaknya kamu perlu banyak jalan kaki. Daripada pegel karena pakai sepatu hak tinggi, mending pakai sepatu olahraga yang nyaman dan ringan. Pasti nggak mau ‘kan bete di jalan?

3. Bawa air minum dari rumah

batu secret zoo

Salah satu sisi BSZ/Vidiadari

Karena di Batu Secret Zoo nggak ada pemeriksaan tas dan penyitaan makanan dan minuman, kamu bisa bawa bekal seperlunya, misalnya air minum.

‘Kan kamu sudah tahu kalau Batu Secret Zoo itu luas. Keliling kebun binatang ini tanpa minum—apalagi tengah hari—kamu bisa dehidrasi, lho.

4. Siapkan kamera dengan memori besar

batu secret zoo

Naik kereta kelinci/Vidiadari

Di kebun binatang ini banyak sekali spot menarik tempat berfoto. Selain kandang-kandang kebun binatang, ada banyak patung di sudut-sudut Batu Secret Zoo yang juga menarik buat jadi spot foto. Kamu pasti bakal tergoda buat foto di sana.

Makanya kamu mesti menyiapkan kamera dan memori besar. Pasti nggak mau ‘kan pas lagi asyik jeprat-jepret terus memori kamu habis. Jangan lupa buat memastikan kalau baterai kamera kamu sudah penuh diisi.

5. Siapkan uang tambahan untuk jajan di kantin

batu secret zoo

Anak kecil dan seekor poni/Vidiadari

Di areal Batu Secret Zoo ada beberapa kantin dan warung kecil yang menjual makanan dan minuman. Macam-macam yang dijual di sana, dari mulai makanan ringan seperti es krim sampai yang berat-berat seperti nasi rames. Kalau mau ngasih makan hewan, kamu bisa beli satu mangkuk wortel seharga Rp 10 ribu.

Menariknya, di kios-kios itu kamu mesti membayar dengan kartu deposit. Kamu bisa dapatkan kartu deposit itu di loket bagian depan kantin. Abis belanja kamu bisa mengembalikan kartu itu ke loket dan mendapatkan sisa uang dalam kartu deposit itu.

Jadi gimana? Sudah nggak sabar pengen liburan ke Batu Secret Zoo?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Vidiadari

Merantau dari Banjarmasin ke Yogyakarta sejak 2005. Kadang mencuri waktu untuk jalan-jalan di antara kesibukan meneliti dan mengajar di universitas.
Related posts
#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Tips Bikin Bujet Traveling ala Dayu Hatmanti

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Ngobrolin Fotografi Perjalanan bareng Ingga Suwandana

#dirumahajaItinerary

Tuliskan Perjalananmu, Mumpung Lagi di Rumah Aja

#dirumahajaItinerary

Bincang-bincang Dampak COVID-19 pada Industri Pariwisata bareng Womentourism.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *