Itinerary

5 Sate Khas Lombok yang Menggoda untuk Dicoba

Selain alam yang indah, Lombok juga punya beragam kuliner yang bakal menggoyang lidah. Sate, misalnya. Di Lombok ada beberapa varian sate lezat yang recommended banget buat dicoba.

Inilah 5 sate khas Lombok yang harus kamu coba kalau mampir ke pulau itu:

1. Sate bulayak

sate khas lombok

Seporsi sate bulayak/Laely Farida

Kamu bisa pilih antara sate ayam, sapi, atau jeroan. Tapi siap-siap “ditendang,” sebab sate khas Lombok yang satu ini disajikan dengan kuah santan yang kental dan merah karena cabe. Aroma rempahnya juga lumayan kuat.

Sate bulayak biasanya dimakan bersama lontong yang dibungkus dengan daun kelapa. Supaya makin nikmat, kamu bisa menambah sendiri garam sesuai selera, juga potongan cabe hijau yang bakal bikin sate bulayak yang kamu santap makin pedas.

2. Sate rembiga

Sate khas Lombok ini dinamakan sate rembiga karena berasa dari daerah Rembiga. Bahan dasarnya adalah daging sapi. Jadi sebelum ditusukkan ke lidi dan dibakar, daging sate rembiga akan dimarinasi terlebih dahulu.

Makanya rasanya jadi luar biasa. Kamu pasti bakal ketagihan sama campuran rasa pedas-manis-gurihnya. Ditambah lontong, sayur plecing, atau urap, sate rembiga akan membuat lindahmu tak henti bergoyang.

3. Sate ikan tanjung

sate khas lombok

Beberapa tusuk sate ikan tanjung sedang dibakar/Laely Farida

Sate ikan yang berasal dari daerah Tanjung, Lombok Utara, ini serupa sekali dengan sate lilit. Bedanya, kalau sate lilit terbuat dari daging sapi atau kambing, sate tanjung dari ikan laut (misalnya cakalang) yang sudah dihaluskan, diberi bumbu rempah, lalu dibakar.

Rasanya pedas-gurih. Berbeda dari sate yang biasanya disirami kuah, sate ikan yang satu ini sudah nikmat tanpa tambahan apa-apa.

4. Sate Pasar Seni Senggigi

Kalau kamu lagi cari oleh-oleh di areal Pasar Seni Senggigi, jangan lupa mencicipi seporsi sate khas Lombok yang satu ini.

Sate Pasar Seni Senggigi merupakan sate campuran daging dan ikan, dimarinasi dengan bumbu rempah, kemudian disajikan dengan lontong, urap, dan kuah santan kuning. Rasanya adalah perpaduan pedas, manis dan gurih—enak!

5. Sate pusut

sate khas lombok

Setumpuk sate pusut yang sudah matang dipanggang/Laely Farida

Kuliner khas Lombok yang satu ini biasanya hadir di acara-acara besar, misalnya begibung (makan bersama dalam perayaan tertentu seperti pernikahan, sunatan, dll.).

Sate pusut sangat mirip dengan sate lilit. Bahannya adalah daging sapi yang dihaluskan lalu dicampur bumbu rempah. Warnanya cenderung kecoklatan. Makanan ini biasanya jadi teman menu-menu lain, seperti ayam taliwang, plecing, dan urap.

Jadi, mau mencoba sate yang mana dulu?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Vidiadari

Merantau dari Banjarmasin ke Yogyakarta sejak 2005. Kadang mencuri waktu untuk jalan-jalan di antara kesibukan meneliti dan mengajar di universitas.
Related posts
#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Tips Bikin Bujet Traveling ala Dayu Hatmanti

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Ngobrolin Fotografi Perjalanan bareng Ingga Suwandana

#dirumahajaItinerary

Tuliskan Perjalananmu, Mumpung Lagi di Rumah Aja

#dirumahajaItinerary

Bincang-bincang Dampak COVID-19 pada Industri Pariwisata bareng Womentourism.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *