Itinerary

Mau Tahu 5 Cara Ngehits buat Menikmati Liburan di Lombok?

Hari gini siapa sih yang nggak pengen traveling ke Lombok? “Tetangga” Bali itu punya banyak banget destinasi dan atraksi wisata yang bisa kamu kunjungi. Satu-dua hari di sana nggak bakalan cukup buat menikmati semuanya.

Makanya pelan-pelan aja. Kalau memang nggak bisa mengunjungi semuanya sekaligus, satu per satu saja. Nanti kalau kamu punya cuti lagi, main lagi deh ke Lombok.

“Tapi tetep bingung euy mau mulai dari mana buat menjelajahi Lombok,” kamu mulai garuk-garuk kepala. Jangan bingung. Ini TelusuRI kasih 5 cara ngehits buat menikmati Pulau Lombok. Untuk mulai menjelajahi Lombok, kamu bisa pilih salah satu di antaranya.

1. Menikmati sunset di Senggigi

lombok

Sunset di Senggigi/Fuji Adriza

Sebelum destinasi-destinasi lain di Lombok naik daun, Senggigi bisa dibilang adalah yang paling populer. Sebagai wilayah pesisir, tentu saja yang jadi andalan Senggigi adalah pantai dan laut yang menawan. Istimewanya, meskipun pantainya nggak putih-putih banget kayak pantai-pantai favorit @aMrazing, Senggigi punya pesona khusus yang bikin pantai ini beda dari yang lain.

Sunset di sini amazing! Apalagi kalau kamu menikmatinya sambil duduk beralaskan tikar dan menyantap jagung, pisang, atau roti bakar yang banyak dijajakan di pinggir pantai—apalagi sambil menggenggam tangan pacar. Bisa-bisa, selama di Lombok kamu bakal tiap hari main ke sini buat melihat matahari bulat yang tenggelam di cakrawala barat.

2. Jalan kaki mengelilingi Gili Trawangan

lombok

Mengelilingi Gili Trawangan via instagram.com/failureproject

Sudah pernah jalan kaki keliling pulau? “Gile lu, Ndro! Gempor kaki gue keliling pulau.” Eits, maksudnya bukan pulau besar seperti Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, atau Papua, tapi pulau kecil kayak Gili Trawangan. Waktu yang kamu perlukan buat mengelilinginya juga nggak lama-lama amat. Paling cuma satu jam.

Jalan kaki keliling Gili Trawangan paling enak dilakukan menjelang sunset. Matahari udah nggak garang dan sinarnya yang keemasan bakalan bikin semuanya berlipat-lipat lebih menawan. Jadi kamu nggak bakal capek. Tapi kalau ogah buat jalan kaki, kamu juga bisa sewa sepeda dan nggowes keliling Gili Trawangan.

3. Naik “engkel” dari Mataram ke Kayangan

lombok

Senaru via instagram.com/failureproject

Kalau pengen aktivitas yang lebih menantang, coba saja naik bis kecil (yang di Lombok disebut engkel) dari Mataram sampai ke Kayangan. “Kayangan? Uhm… No, thanks.” Maksudnya bukan kayangan yang di langit itu, tapi salah satu kecamatan di Lombok Utara. Kalau mau coba, siap-siap buat di engkel selama sekitar setengah hari!

Dari Kayangan, kamu bisa terus ke Kecamatan Bayan, tempat kamu bisa menemukan beberapa desa adat suku Sasak. Mau mendaki Gunung Rinjani? Tinggal ke Senaru. Di daerah Bayan juga banyak air terjun, seperti Sendang Gile dan Tiu Kelep. Kamu bisa menyegarkan diri dengan berendam di kolam-kolam alami di bawah air terjun atau berenang di aliran sungainya yang berbatu-batu. Kalau kamu hobi rock balancing, sungai-sungai itu recommended banget buat kamu.

4. Menginap di desa adat suku Sasak

lombok

Desa adat suku Sasak Karang Bajo/Fuji Adriza

Selain Sade Rambitan di Lombok belahan selatan, masih ada beberapa desa adat suku Sasak di Lombok. Setelah seharian main di air terjun, kamu bisa bermalam di salah satu dari beberapa desa adat di Bayan, misalnya Desa Adat Karang Bajo.

Kamu bisa merasakan sensasi menginap di rumah-rumah tradisional Sasak yang hanya beratapkan ilalang kering dan berdindingkan anyaman bambu. Nongkrong di berugaq alias bale-bale, kamu juga bisa coba mengunyah sirih atau minum brem yang hangat banget di perut. Tapi, ke sana jangan mendadak. Beri kabar dulu sama pengelola desa adat buat mempersiapkan tempat bermalam buat kamu.

5. Mendaki Gunung Rinjani

lombok

Di pinggir Segara Anak via instagram.com/failureproject

Kalau kamu hobi nanjak, nggak ada salahnya buat memulai penjelajahanmu di Lombok dengan mendaki gunung tertinggi di Sunda Kecil ini. Pilih saja salah satu dari dua pintu masuk klasik Gunung Rinjani: Senaru di Lombok Utara atau Sembalun Lawang di Lombok Timur.

Keduanya punya karakter yang beda. Senaru punya hutan rapat, Sembalun Lawang dikaruniai sabana luas. Paling enak sih lintas jalur, naik dari Sembalun Lawang dan turun lewat Senaru. Tapi siapkan waktu yang agak lama, soalnya kamu pasti bakal betah lama-lama di pinggir Danau Segara Anak.

Nah, itu 5 cara ngehits buat menikmati waktu liburanmu di Pulau Lombok. Kamu bakal senang dan feed Instagrammu bakal penuh dengan foto-foto apik. Atau, kamu punya cara lain yang lebih asyik?

Avatar

Pembaca realisme magis dan catatan perjalanan.
Related posts
Itinerary

Seharian di Semarang, Bisa Traveling ke mana Aja?

Itinerary

5 Jurus Jitu biar Nggak Stres pas Traveling

Itinerary

Berkenalan dengan "Dol," Alat Musik Tradisional dari Bengkulu

Itinerary

5 Tanda Kamu Sudah Terbiasa Traveling Sendirian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *