Events

Hari Dharma Samudra, Mengenang Tenggelamnya RI Matjan Tutul dalam Pertempuran Laut Aru

hari dharma samudra
Infografis oleh Fadwa Langka: Hari Dharma Samudra yang dicetuskan untuk memperingati tenggelamnya “motor torpedo boat” RI Matjan Tutul dalam Pertempuran Laut Aru, Operasi Trikora, 15 Januari 1962/TelusuRI

Laut ternyata nggak hanya melulu soal keindahan pesisir dan terumbu karang. Lautan juga nggak melulu soal matahari terbit atau terbenam. Nggak sedikit juga peristiwa heroik yang pernah terjadi di lautan, termasuk di perairan Indonesia.

Setiap tanggal 15 Januari Indonesia memperingati Hari Dharma Samudra. Tujuannya untuk mengenang tenggelamnya motor torpedo boat kelas jaguar RI Matjan Tutul pada 15 Januari 1962 dalam Pertempuran Laut Aru saat menyelesaikan misi Operasi Trikora.

Dalam misi untuk membebaskan Irian Barat itu, bersama 25 awaknya, Komodor Yos Sudarso gugur setelah kapalnya tenggelam akibat dihantam dua torpedo kapal patroli Armada Laut Belanda.

Yos Sudarso yang dikenang dalam Hari Dharma Samudra meninggal di umur yang lumayan muda, yakni 36 tahun. Setelah gugur, pemuda kelahiran Salatiga, Jawa Tengah, 24 November 1925, ini pun dijadikan Pahlawan Nasional. Namanya kemudian diabadikan sebagai nama pulau (yang terletak di Merauke, dekat perbatasan dengan Papua Nugini), KRI (kelas fregat, bekas AL Belanda), jalan, dan sekolah.

Selamat memperingati Hari Dharma Samudra! Jalesveva Jayamahe!


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Events

Pengalaman Ikut Kelas Kenal Teh di Sekolah TelusuRI

Events

Menelusuri Pecinan Bogor

Events

Belajar Toleransi bersama ANTEROxSabangMerauke di Makassar

Events

Sekolah TelusuRI Semarang #6: TelusuRI Sejarah Jalur Kota Lama–Pecinan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *