“My Boyhood and Youth”: Masa Kecil dan Remaja John Muir
Interval

Cerita soal masa kecil dan muda John Muir, naturalis Amerika Serikat yang namanya diabadikan sebagai gunung dan jalur lintas alam, ia bagikan lewat My Boyhood and Youth. Ia lahir tahun 1838 di Dunbar, Skotlandia, sebagai anak ketiga dari Daniel Muir dan Anne Gilrye. Pasangan itu punya delapan anak dan John Muir adalah anak…
Junko Tabei, Perempuan Pertama yang Mencapai Tujuh Puncak Dunia

Pagi hari, 16 Mei 1975. Kala itu Junko Tabei sudah beranjak dari South Col. Puncak Everest sudah semakin dekat. Kurang dari dua minggu sebelumnya, longsoran salju (avalanche) memorak-porandakan kamp Tabei di ketinggian 6.400 mdpl. Kengerian tentu masih tersisa. Dari lima belas pendaki Jepang yang berangkat dalam ekspedisi khusus…
Berbekal Kamera SLR Analog, Menelusuri Jateng-Jatim
Travelog

Entah kenapa tiba-tiba saya teringat perjalanan sekitar delapan tahun yang lalu. Kalau tidak salah akhir Oktober sampai awal November. Meskipun tak lama, hanya sekitar tiga-empat hari, bagi saya perjalanan itu lumayan berkesan. Ada dua hal yang bikin berkesan: pertama, petualangan itu saya lakukan sehari setelah mengumpulkan…
Angkringan Kedaulatan Rakyat

Setelah melewati perempatan Jetis dan berhenti sebentar menunggu lampu hijau di Tugu, saya meluncur di Jalan Margo Utomo. Tapi saya tidak terus sampai ke stasiun. Beberapa ratus meter dari ujung utara Margo Utomo, saya menginjak pedal rem lalu memarkir sepeda motor di halaman Kedaulatan Rakyat. Dulu sekali, ketika jalan ini…
Mampir ke Setia Darma House of Mask and Puppets
Travelog

Vifick bilang, setelah belok kiri kami akan tiba di musem topeng dan wayang. Maka saya putar setir ke kiri. Jalan semakin mengecil. Mobil kami melaju santai di antara dua baris penjor yang menghiasi kedua sisi jalan. Warna hijau yang berasal dari rerumputan di pinggir jalan menyegarkan mata saya. Mendadak saya merasa…
Memori di Djendelo Koffie

Beberapa hari yang lalu, lewat rute biasa, saya jalan kaki ke toko buku besar langganan di ujung utara Jalan Gejayan, yakni Togamas. Itu toko andalan mahasiswa yang senang baca, seperti pameran clothing—tapi setiap hari—bagi penggila fesyen. Diskonnya tak main-main, sekitar 15%. Bahkan, sekitar sepuluh tahun lalu, ada…
Mojok di Diên Biên Phu
Itinerary

Akhir tahun kemarin nasib membawa saya ke sebuah kota kecil di bagian utara Vietnam yang namanya baru saya dengar waktu beli tiket bis: Diên Biên Phu. Dari Luang Prabang, Laos, ke sana, saya mesti naik bis seukuran Kopata selama hampir 12 jam. Berangkat pukul 6 pagi, saya tiba menjelang jam 6 sore di terminal Diên Biên…
Kenangan-kenangan di Belitung
Travelog

Meskipun sudah lama, perjalanan ke Belitung tahun 2011 masih segar sekali dalam ingatan saya. Bagaimana tidak lupa, perjalanan ke kampung Andrea Hirata itu panjang sekali. Dari Prabumulih, kota kecil di Sumatera Selatan tempat saya kerja praktik, saya naik travel ke Pelabuhan 35 Ilir Palembang. Petualangan berlanjut dengan…
Upacara HUT RI ke-67 di Gedung Agung

Foto-foto ini diambil di Gedung Agung Jogja, 17 Agustus 2012, saat seluruh Indonesia bersukaria merayakan HUT RI ke-67. Kala itu Indonesia masih dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Warga dunia, seandainya lupa, sedang deg-degan menunggu terwujud atau tidaknya ramalan “hari akhir” suku Maya. Jalan Malioboro…