Itinerary

Penting! 5 Destinasi yang Pas buat Memulai Hobi Traveling

Tiap kali buka-buka media sosial dan melihat foto-foto perjalanan, jantung kamu berdebar-debar. Kamu pengen memulai hobi traveling tapi masih takut buat mengayunkan langkah pertama. Padahal kata Lao Tzu, The journey of a thousand miles begins with a single step.”

Berbagai pertanyaan berseliweran di pikiranmu: “Aman nggak, ya?” “Murah nggak, ya?” “Ntar kalau gue diculik gimana?” Kalau kamu masih ragu untuk melakukan perjalanan perdana, nggak ada salahnya buat nyimak 5 destinasi yang pas buat memulai hobi traveling yang khusus TelusuRI persembahkan buat kamu.

1. Bali—destinasi paling pas buat memulai hobi traveling

memulai hobi traveling

Salah satu sudut Pasar Ubud/TelusuRI

Nggak ada destinasi di Indonesia yang lebih pas buat memulai hobi traveling selain Bali. Pulau Dewata punya sejuta destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi, dari mulai air terjun, pantai, sampai pulau sepi di tengah-tengah samudra.

Hal lain yang bikin Bali pas banget buat memulai hobi traveling adalah keberadaan kawasan backpacker tempat kamu bisa menemukan penginapan murah. Di Kuta ada Poppies Lane II. Kalau mau yang lebih tenang, kamu bisa stay di Jalan Monkey Forest, Ubud. Mau keliling-keliling? Kamu tinggal sewa kendaraan di rental motor-mobil yang bertebaran di Bali.

2. Yogyakarta—kota sederhana dan berbudaya

memulai hobi traveling

Angkringan KR Jogja/Fuji Adriza

Selain dikenal sebagai Kota Pelajar, Yogyakarta berangsur-angsur menyusul Bali menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia. Karena itu, sarana dan prasarana pariwisata di Yogyakarta kian hari semakin berkembang. Itulah yang bikin Yogyakarta jadi salah satu destinasi yang cocok buat memulai hobi traveling.

Seperti halnya Bali, Yogyakarta juga punya beberapa kawasan backpacker tempat kamu bisa menyewa penginapan murah. Dua lokasi, Sosrowijayan dan Dagen, berada di kawasan Malioboro, sementara satu lokasi lain, yakni Prawirotaman, berada di Jalan Parangtritis. Enaknya Jogja, kamu nggak perlu keliling jauh-jauh. Di sekitar Malioboro dan Keraton Yogyakarta saja sudah banyak banget atraksi wisata yang bisa kamu lihat.

3. Cirebon—wisata kuliner, sejarah, dan budaya

memulai hobi traveling

Salah satu spot wisata kuliner di Cirebon/TelusuRI

Kalau kamu tinggal di Jakarta, Cirebon pas banget kamu jadiin destinasi buat memulai hobi traveling. (Kamu bisa one-day trip!) Tinggal naik kereta beberapa jam, kamu bakal tiba di kota yang punya beberapa bangunan keraton bersejarah itu.

Cirebon pas banget buat kulineran. Di kota ini kamu bisa nyicipin santapan-santapan tradisional lezat seperti empal gentong, mie koclok, nasi jamblang, docang, sampai yang kekinian seperti es krim batok.

4. Malang—mengintip masa lalu

memulai hobi traveling

Katedral Malang di Jalan Ijen via instagram.com/failureproject

Kota sejuk di pegunungan Jawa Timur ini juga pas buat memulai hobi traveling. Sama kayak Jogja, kamu nggak perlu keliling jauh-jauh kalau lagi jalan ke Malang. Di pusat kota aja kamu sudah bakal menemukan banyak sekali atraksi wisata.

Tentu saja yang paling menyolok dari Malang adalah bangunan-bangunan tua peninggalan Belanda. Tapi, selain itu kamu juga bisa mencicipi aneka kuliner Malang yang lezat dan bikin ketagihan. Di sekitar Alun-Alun Malang, ada Toko Oen, Rawon Nguling, dan Bakso Cak Toha.

5. Belitung—menelusuri jejak-jejak “Laskar Pelangi”

memulai hobi traveling

Menikmati pemandangan Tanjung Kelayang/TelusuRI

Pulau Belitung yang tak terlalu besar ini juga cocok untuk memulai hobi traveling. Jalan di pulau ini sudah lumayan bagus dan terkoneksi. Jadi, meskipun angkutan umum di sini nggak begitu lancar, kamu bisa dengan leluasa berkeliling dengan kendaraan sewaan.

Kalau ke Belitung jangan lupa mampir ke Tanjung Kelayang. Dari pantai berpasir putih itu kamu bisa menyeberang ke Pulau Lengkuas buat snorkeling atau naik ke atas mercusuar. Main ke Belitung Timur, kamu bisa mengunjungi Museum Kata Andrea Hirata dan jejak-jejak kisah “Laskar Pelangi.”

Sepulang dari 5 destinasi di atas, kamu pasti bakal langsung nyari tanggal merah lagi!

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
Itinerary

Remeh-temeh yang Tak Remeh tentang Tempe

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Tips Bikin Bujet Traveling ala Dayu Hatmanti

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Ngobrolin Fotografi Perjalanan bareng Ingga Suwandana

#dirumahajaItinerary

Tuliskan Perjalananmu, Mumpung Lagi di Rumah Aja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *