Itinerary

6 Kuliner Cirebon yang Wajib Dicoba

Cirebon memang punya atraksi wisata yang lengkap. Makanya, tujuan orang ke sana macam-macam. Ada yang buat ziarah ke makam sunan, sebagian lagi ada yang mau naik Gunung Ciremai, tapi banyak pula yang cuma transit karena Cirebon terletak secara strategis antara Jawa Tengah dan Jawa Barat. Saya sendiri pergi ke Cirebon buat wisata kuliner. Cirebon punya banyak kuliner lezat yang mesti kamu cicipi, lho. Tapi pelan-pelan, jangan langsung semua. Mulai saja dari 6 kuliner Cirebon yang wajib dicoba ini:

1. Empal Gentong

kuliner cirebon yang wajib dicoba

Seporsi empal gentong H. Apud/Bernavita

Sudah pastilah kamu familiar dengan kuliner Cirebon yang wajib dicoba ini: empal gentong. Banyak rumah makan yang menjual empal gentong, terutama di sekitar Jalan Pantura. Sebenarnya ada 2 jenis empal gentong, yakni empal gentong santan dan empal gentong asam. Keduanya sama-sama nikmat. Tapi, tambah nikmat lagi kalau kamu mencicipinya sekaligus dengan sepiring sate kambing. Warung empal gentong yang paling terkenal adalah H. Apud.

2. Mie Koclok Panjunan

kuliner cirebon yang wajib dicoba

Warung mie koclok Panjunan/Bernavita

Kuliner Cirebon yang wajib dicoba selanjutnya adalah mie koclok. Makanan ini berwujud mie kuning dengan kuah putih kental, sangat pas kamu nikmati ketika hujan. Perpaduan rasa gurih dengan kol rebus setengah matang yang crunchy ketika digigit menjadi satu kesatuan yang nikmat di dalam mulut. Ditambah dengan ayam suwir, mie koclok ini akan terasa semakin nikmat.

3. Nasi Jamblang

kuliner cirebon yang wajib dicoba

Nasi jamblang Mang Dul/Bernavita

Enggak afdol ke Cirebon kalau enggak makan nasi jamblang. Nasi putih yang dibungkus daun jati yang punya aroma khas tersendiri, ditambah dengan lauk pauk yang bisa kamu pilih sesuai selera, akan membuat kamu kenyang seketika. Kelezatannya itu membuat nasi jamblang harus dimasukin dalam daftar kuliner Cirebon yang wajib dicoba. Nasi jamblang ini dapat kamu temukan di perempatan lampu merah dekat Garage Mall. Sejauh ini warung nasi jamblang yang paling terkenal adalah Mang Dul.

4. Es Krim Batok

kuliner cirebon yang wajib dicoba

Es krim batok yang unik/Bernavita

Kota ini memang sedikit lebih panas dari kota lainnya. Jelas, lah. Letaknya ‘kan dekat dengan pesisir utara Pulau Jawa. Tapi tenang, makanan yang masuk dalam jajaran kuliner Cirebon yang wajib dicoba selanjutnya ini bakal bikin kamu adem. Namanya es krim batok, yang dijual di salah satu toko di seberang kampus IAIN. Es krim dengan rasa vanila, coklat, stroberi dan matcha ini bisa kamu pilih sesuai selera, ditambah dengan topping buah, crackers dan selai.

5. Docang

kuliner cirebon yang wajib dicoba

Sepiring docang via seputar-cirebon.com

Kuliner Cirebon yang wajib dicoba selanjutnya ini adalah sejenis ketroprak, namun versi lengkapnya. Di atas piring disajikan lontong, kerupuk, oncom, dage, parutan kelapa muda, tauge dan disiram kuah-kuah gitu. Rasanya gurih dan krenyes-krenyes saat di dalam mulut. Karena makanan ini sudah hampir punah, kamu akan sangat sulit menemukannya. Makanan ini saya temukan saat berkunjung ke Keraton Kasepuhan Cirebon. Gerobak penjualnya berada di sekitar lingkungan keraton.

6. Tahu Gejrot

kuliner cirebon yang wajib dicoba

Tahu gejrot via wonderfulcirebon.com

Last but not least, tahu gejrot menjadi santapan penutup terakhir saat kamu berkunjung ke sini. Potongan tahu yang disiram dengan kuah gula merah, juga sensasi pedas dan bawang merah serta bawang putihnya, bikin kamu ingin dan ingin lagi. Makanya saya nggak ragu-ragu memasukkan tahu gejrot dalam list kuliner Cirebon yang wajiib dicoba.

Tapi, sebenarnya masih banyak banget kuliner di Cirebon yang perlu dicicipi, seperti bubur sop, nasi lengko, gado-gado ayam, es perjuangan dan lainnya. Kalau ke Cirebon jangan pernah berhenti untuk menjelajahi kulinernya, ya.

Jadi, dari sekian banyak kuliner Cirebon, kamu sudah pernah menikmati yang mana saja?

 

"Travel and food blogger" dari Planet Namec.

"Travel and food blogger" dari Planet Namec.
Artikel Terkait
Itinerary

Desa Muncar dan Kopi Temanggung

Itinerary

Memahami Lebih Dalam tentang Permakultur

Itinerary

5 Destinasi Budaya 'Memorable' ala Jovita Ayu

ItineraryPilihan Editor

Rumapala dan Cerita Memberdayakan Pala Banda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *