Itinerary

3 Jurus Jitu Menghindari Macet Arus Balik Lebaran

Setelah bersuka ria merayakan Hari Raya Idul Fitri di kampung, tiba saatnya buat kembali ke perantauan. Sebagian dari kamu mungkin pilih naik moda transportasi umum seperti kereta, bis, kapal, atau pesawat. Lainnya pilih kendaraan pribadi, entah mobil atau sepeda motor.

Bagi kamu yang menggunakan jalur darat, macet tentu jadi hal yang paling dihindari. Biar nggak kejebak macet di jalan, ketahui dulu beberapa tips menghindari macet arus balik lebaran berikut:

Jaga terus kondisi tubuh, dari persiapan sampai akhir perjalanan via TEMPO/Prima Mulia

1. Pahami rekayasa jalan satu arah

Supaya perjalanan mudik dan balik aman dan nyaman, pihak-pihak terkait memberlakukan rekayasa lalu lintas, misalnya buka-tutup jalan. Jadi biar nggak kejebak macet arus balik lebaran, coba dicek dulu jadwal rekayasa jalan satu arah (one way) menuju Jakarta dan sekitarnya yang diterapkan di beberapa ruas tol.

One way arus balik lebaran 2019 berlaku pada 7-10 Juni dari pukul 12.00-24.00. Sistem one way bisa dinikmati dari KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung Tol Batang-Semarang sampai KM 70 Gerbang Tol Cikampek Utama Tol Jakarta-Cikampek.

Ilustrasi macet via pexels.com/Stanley Nguma

2. Ketahui kapan puncak arus balik

Tempo melansir puncak arus balik diperkirakan terjadi pada H+3 Lebaran atau 9 Juni 2019. Nggak tanggung-tanggung, Jasa Marga memprediksi ada sekitar 104 ribu kendaraan yang bakal melewati Gerbang Tol Cikampek menuju Jakarta.

Supaya nggak kejebak macet arus balik lebaran, ada baiknya kalau kamu coba cari opsi waktu lain buat pulang.

Ilustrasi membaca peta via pexels.com/Rawpixel.com

3. Cari rute alternatif

Selain lewat jalur utama, kamu bisa pulang lewat jalur-jalur alternatif, entah lewat tol atau jalan biasa. Meskipun nggak “selurus” jalur utama, biasanya jalur alternatif bakal lebih sepi.

Sebelum balik, sebaiknya kamu cari info soal jalur-jalur alternatif yang bisa kamu lewati. Jadi, kalau nanti aplikasi navigasi di ponselmu ngasih tanda kalau jalanan kota di depan macet gila-gilaan, kamu bisa melipir lewat jalur alternatif.

Itulah tiga persiapan yang bisa kamu lakukan biar nggak kejebak macet arus balik lebaran. Jangan lupa juga buat menjaga kesehatan badan dan kondisi kendaraan. Hati-hati di jalan!


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Dewi Rachmanita Syiam

Menggemari perjalanan, musik, dan cerita.
Related posts
Itinerary

Naik Gunung Sendirian, Inilah 4 Hal yang Bakal Kamu Dapatkan

Itinerary

5 Rekomendasi Kafe untuk Ngopi Asyik di Semarang

Itinerary

Mau Naik Gunung Musim Kemarau? Jangan Lupakan 5 Benda Berikut

Itinerary

5 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Mendaki Gunung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *