Itinerary

9 “Quotes” Pendakian yang Bermakna dari Para Petualang

Beberapa quotes pendakian dari para petualang berikut pasti bakal bikin kamu merenung dan jadi lebih rendah hati. Nggak percaya? Baca aja sendiri:

Quotes pendakian dari Henry David Thoreau

“I went to the woods because I wished to live deliberately, to front only the essential facts of life, and see if I could not learn what it had to teach, and not, when I came to die, discover that I had not lived.”

—Henry David Thoreau (1817-1862)

Thoreau adalah salah seorang filsuf modern Amerika Serikat yang dekat dengan alam. Makanya Chris McCandless alias Alex Supertramp sampai mengidolakan Thoreau dan membawa bukunya ke mana-mana.

Kamu pasti bakal merinding setelah membaca kutipan dari Thoreau di atas: “Aku pergi ke hutan karena aku ingin hidup apa adanya, untuk menghadapi semata fakta-fakta esensial dari kehidupan, dan mengetahui apakah aku tak mampu mencerna apa yang diajarkan [oleh alam], dan [agar] tidak, ketika aku akhirnya meninggal, menyesal bahwa aku tak pernah [benar-benar] hidup.”

quotes pendakian

Menuju gunung es via unsplash.com/Aaron Benson

Quotes pendakian dari John Muir

“We are now in the mountains and they are in us, kindling ethusiasm, making every nerve quiver, filling every pore and cell of us.”

—John Muir (1838-1914)

Kebangetan kalau kamu nggak tahu John Muir. Ia adalah naturalis Amerika Serikat, pendiri Sierra Club yang namanya kemudian diabadikan jadi sebuah trek lintas alam: John Muir Trail.

Arti dari ucapan John Muir di atas kurang lebih begini: “Kami sekarang berada di pegunungan dan pegunungan itu ada dalam kami, memercikkan antusiasme, membuat setiap saraf bergetar, mengisi setiap pori-pori dan sel kami.”

quotes pendakian

Senja di gunung via unsplash.com/Aneta Ivanova

Quotes pendakian dari Sir Martin Conway

“Each fresh peak ascended teaches something.”

—Sir Martin Conway (1856-1937)

Sir Martin Conway pernah jadi presiden Alpine Club, klub mountaineering pertama di dunia, dari tahun 1902-1904. Selama hidup, ia pernah ekspedisi di Eropa, Amerika Selatan, dan juga Asia.

Kalau dipikir-pikir, benar juga kata Sir Conway: “Setiap puncak baru yang didaki mengajarkan [kita] sesuatu.”

quotes pendakian

Mengagumi pemandangan via unsplash.com/Danka & Peter

Quotes pendakian dari Ansel Adams

“No matter how sophisticated you may be, a large granite mountain cannot be denied—it speaks in silence to the very core of your being.”

—Ansel Adams (1902-1984)

Aktivis lingkungan Amerika Serikat ini—pentolan Sierra Club—adalah juga seorang fotografer tenar. Foto-foto B/W Taman Nasional Yosemite karya Ansel Adams berkali-kali direpro dalam kalender, poster, buku, dan tersebar di pojok-pojok internet.

Menurut Adams, “Tak peduli semaju apa pun barangkali dirimu, sebuah gunung granit besar tak mungkin kamu sangkal—ia berbicara dalam diam kepada inti dari dirimu.”

quotes pendakian

Membelah lembah via unsplash.com/Holly Mandarich

Quotes pendakian dari Jack Kerouac

“Because in the end, you won’t remember the time you spent working in an office or mowing the lawn. Climb that goddamn mountain.”

—Jack Kerouac (1922-1969)

Jack Kerouac, penulis legendaris pentolan Beat Generation, ternyata juga punya tulisan yang bisa dikutip soal pendakian gunung.

Katanya, “Karena pada akhirnya, kamu takkan ingat waktu-waktu yang kamu habiskan untuk bekerja di kantor atau memotong rumput halaman. Panjatlah gunung sialan itu.”

quotes pendakian

Rehat sejenak via unsplash.com/Jake Ingle

Quotes pendakian dari Reinhold Messner

“It’s always further than it looks. It’s always taller than it looks. And it’s always harder than it looks.”

—Reinhold Messner (1944-…)

Messner adalah orang pertama yang mendaki Everest sendirian tanpa bantuan oksigen. Selain itu dia juga adalah manusia pertama yang mendaki ke-14 puncak di atas 8.000 mdpl. Bisa dibilang Messner adalah legenda hidup. Sudah ada sebuah film tentangnya yang dibuat, yakni Nanga Parbat (2010).

Bagi Messner, gunung itu, “Selalu lebih jauh dari kelihatannya. Ia selalu lebih tinggi dari kelihatannya. Dan selalu lebih berat [untuk ditempuh] dari kelihatannya.”

quotes pendakian

Duduk santai di puncak via unsplash.com/Joseph Barrientos

Quotes pendakian dari Anatoli Boukreev

“Mountains are not stadiums where I satisfy my ambition to achieve, they are the cathedrals where I practice my religion.”

—Anatoli Boukreev (1958-1997)

Nama Anatoli Boukreev muncul di memoar Tragedi Everest 1996-nya Jon Krakauer. Petualang Rusia ini jadi legenda karena menyelamatkan beberapa orang pendaki ketika insiden itu terjadi. (Meskipun satu tahun kemudian, 1997, Boukreev meninggal di Annapurna I.)

Kutipan di atas menunjukkan kalau Boukreev orangnya sangat rendah hati. Katanya, “Gunung-gunung bukanlah stadion tempat aku memuaskan ambisi untuk mencapai sesuatu, mereka adalah katedral-katedral tempatku menjalankan ajaran agamaku.”

quotes pendakian

Matahari terbit di ketinggian via unsplash.com/Tim Foster

Quotes pendakian dari Ed Viesturs

“It’s a round trip. Getting to the top is optional. Getting down is mandatory.”

—Ed Viesturs (1959-…)

Siapa lagi ini Ed Viesturs? Orang ini kayaknya orang Amerika Serikat satu-satunya yang sudah mencapai puncak 14 gunung di atas ketinggian 8.000 mdpl—tanpa oksigen botolan. Ke Everest saja Viesturs sudah 7 kali!

Menurut Ed Viesturs naik gunung itu, “Perjalanan pergi-pulang. Mencapai puncak adalah pilihan. Turun adalah wajib.”

quotes pendakian

Menjelang puncak via unsplash.com/Mathias Jensen

Quotes pendakian dari Conrad Anker

“If people want to go do some big outdoor thing for their ego, have them climb snowy mountains rather than shoot animals.”

—Conrad Anker (1962-…)

Nama Conrad Anker tercatat dalam sejarah karena pendaki Amerika Serikat ini adalah salah satu anggota ekspedisi yang, pada tahun 1999 silam, berhasil menemukan lokasi jasad George Mallory.

Kutipan dari Anker di atas sebenarnya agak-agak satire: “Kalau orang mau melakukan aktivitas alam bebas buat memenuhi egonya, suruh saja mereka mendaki gunung-gunung bersalju ketimbang menembak hewan.”

Jadi, mana quotes pendakian yang paling kamu suka, Sob?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

Remeh-temeh yang Tak Remeh tentang Tempe

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Tips Bikin Bujet Traveling ala Dayu Hatmanti

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Ngobrolin Fotografi Perjalanan bareng Ingga Suwandana

#dirumahajaItinerary

Tuliskan Perjalananmu, Mumpung Lagi di Rumah Aja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *