Itinerary

3 Perlengkapan Dasar Traveling yang Harus Kamu Punya

Mau coba traveling tapi bingung mulai dari mana? Sebenernya cara buat memulai traveling sama saja kayak aktivitas-aktivitas lain, yakni melakukan persiapan.

Salah satu yang perlu dipersiapkan adalah perlengkapan dasar traveling. Apa saja, sih?

1. Ransel

perlengkapan dasar traveling

Tas gunung via pexels.com/Avinash Patel

Kecuali kamu punya kantong ajaibnya Doraemon, kamu perlu ransel buat traveling. Kenapa? Soalnya kamu bakal bawa barang pas jalan-jalan, misalnya pakaian ganti, printilan-printilan peralatan komunikasi, buku catatan, dll.

Kamu sebenarnya bisa saja minjam ransel ke temanmu yang memang sudah sering traveling. Tapi cukup sekali saja, soalnya kamu nggak pernah tahu kalau sewaktu-waktu dia perlu ransel sementara perlengkapan dasar traveling itu masih ada di rumahmu.

Soal ukuran ransel, tergantung kebutuhan. Tapi karena sekarang sudah banyak perlengkapan ringan banget alias ultralight, kamu nggak perlu ransel yang besar-besar banget, yang 45 liter saja sudah lebih dari cukup.

2. Sepatu

perlengkapan dasar traveling

Sepasang sepatu trekking via pexels.com/Lum3n.com

Perlengkapan dasar traveling berikutnya yang harus kamu punya adalah sepatu. Kenapa? Karena kamu bakal sering jalan kaki. Jenis sepatunya tergantung preferensi destinasi kamu. Kalau kamu lebih senang pergi ke tempat-tempat ekstrem seperti gunung, cari sepatu gunung. Tapi kalau kamu lebih senang berkelana dari kota ke kota, cari saja sepatu kets atau running.

Seperti halnya ransel, sebenarnya kamu juga bisa saja minjam sepatu ke temanmu. Tapi pasti kamu nggak bakal nyaman pakai sepatu pinjaman, soalnya ‘kan bakal ada selisih ukuran antara kakimu dan kaki yang punya sepatu.

Pake sepatu kebesaran atau kekecilan bakal bikin kaki kamu sakit—kapalan, lecet, dll. Sakit di kaki jangan diremehin, soalnya banyak saraf di sana.

3. “Sleeping bag”

perlengkapan dasar traveling

Menyelimuti diri dengan “sleeping bag” via unsplash.com/Steve Halama

Karena pas traveling bisa jadi kamu kemalaman di antah berantah, kamu perlu sesuatu untuk melindungi tubuh dari dingin. Biasanya para traveler menyelimuti badan mereka dengan kantong tidur alias sleeping bag.

Dulu sleeping bag mungkin jadi barang mewah, makanya lebih banyak pendaki yang bawa “sarung bok” ketimbang sleeping bag.

Tapi sekarang sudah nggak lagi. Harga sleeping bag sudah makin terjangkau, soalnya sudah banyak vendor peralatan outdoor lokal yang bikin produk sendiri.

Selain tiga peralatan traveling dasar di atas, tentu saja masih banyak lagi alat yang bakal bermanfaat buat perjalananmu. Tapi, sebelum membeli yang lainnya, miliki dulu tiga alat dasar itu.


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
ItineraryNusantarasa

Berburu Kuliner Bersejarah Khas Salatiga (1)

ItineraryNusantarasaPilihan Editor

Nasi Jangkrik, Kuliner Warisan Sunan Kudus

ItineraryPerjalanan Lestari

Ngeteh Sore di Artani, Toko Curah Ramah Lingkungan Pertama di Makassar

Itinerary

Gunung Bantur dalam Bingkai Kintamani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.