Itinerary

7 Film Bertema Petualangan yang Wajib Ditonton sebelum Naik Gunung

Kamu tergoda buat naik gunung setelah lihat foto-foto keren di Instagram? Hmm… Sebelum memutuskan buat menekuni hobi naik gunung, mending kamu tonton dulu 7 film bertema petualangan ini supaya kamu tahu bahwa naik gunung itu mengandung banyak risiko.

1. Seven Years in Tibet (1997)

Film ini mengangkat kisah nyata Heinrich Harrer, pendaki Austria yang mencoba mendaki Nanga Parbat saat Perang Dunia II sedang berkecamuk. Malang, belum sempat menginjakkan kaki di titik tertinggi Nanga Parbat, Heinrich dan rekan-rekannya ditangkap pasukan Inggris dan dijadikan tawanan perang.

Berkali-kali ia mencoba melarikan diri dari kamp itu. Memang dia akhirnya berhasil, namun dia mesti tertahan di Tibet selama tujuh tahun dan temenan sama anak kecil yang nantinya jadi pemimpin Tibet, Dalai Lama.

2. Vertical Limit (2000)

Kamu-kamu yang sudah aktif mendaki sejak awal 2000-an pasti pernah nonton film bertema petualangan yang satu ini. Pun nggak nonton, minimal pernah denger pasti.

Film ini bercerita tentang ekspedisi ke salah satu puncak paling berbahaya di dunia, yakni Karakoram alias K2. Istimewanya, film ini juga dibumbui dengan drama keluarga dan intrik politik antara Pakistan dan India. Nonton film ini pasti kamu langsung pengen naik gunung.

3. 127 Hours (2010)

Film ini juga sempat jadi perbincangan di kalangan pendaki. Ceritanya diangkat dari memoar Aron Ralston yang pergi hiking seorang diri mengelilingi Blue John Canyon.

Waktu lagi asyik menelusuri celah-celah sempit di antara tebing, sesuatu terjadi dan tangan Aron Ralston terjepit di antara bongkah batu besar dan tebing. Karena ia nggak bilang ke siapa-siapa sebelum hiking, nggak ada yang nyariin dia meskipun dia nggak ada kabar selama 127 jam!

4. Nanga Parbat (2010)

Sama kayak Everest, Nanga Parbat adalah versi fiksi dari sebuah tragedi pendakian. Tahun 1970 Reinhold Messner dan adik laki-lakinya, Gunther Messner, ikut ekspedisi pendakian Nanga Parbat.

Namun, meskipun persiapan mereka sudah matang baik secara teknis dan mental, tragedi pun terjadi: Gunther Messner meninggal. Film ini katanya sih banyak dikritik sama orang-orang yang kenal sama Reinhold dan Gunther Messner.

5. Mile… Mile & a Half (2013)

Ini adalah film dokumenter tentang perjalanan menelusuri trek lintas alam John Muir Trail. Nggak main-main, perjalanan itu berlangsung selama 25 hari!

Kru film ini adalah sekelompok sahabat yang memang suka hiking. Jadi mereke bagi-bagi tugas sesuai kemampuan. Ada yang ngambil montase, motret still-life, nulis, bahkan merekam suara-suara alam.

6. Everest (2015)

Film ini mereka ulang tragedi Everest 1996 yang telah dibukukan Jon Krakauer dalam memoar Into Thin Air.

Yang jadi sorotan dalam film bertema petualangan ini adalah dua orang pionir jasa “guided climbing” Everest, yakni Rob Hall dan Scott Fischer. Berada dalam masa kejayaan, nggak ada yang nyangka bahwa trip kedua dewa gunung itu bakal berakhir tragis. Film ini seolah-olah ngasih pesan bahwa sejago-jagonya manusia, mereka tetap masih kalah sama alam.

7. Jungle (2017)

Ini film dibintangi oleh Daniel Radcliffe. Ceritanya adalah tentang tiga orang turis dan satu pemandu yang menelusuri jantung Hutan Amazon!

Perjalanan yang berlangsung selama berhari-hari itu—bisa ditebak—berakhir tragis. Tokohnya kalau nggak luka-luka ya meninggal. Film ini jadi bikin kita merenungkan lagi arti petualangan—dan menuntut kita untuk lebih cerdas memilih operator open trip!

Ada yang sudah nonton salah satu dari 7 film bertema petualangan di atas? Atau malah sudah nonton semuanya?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Header: IMDB.com

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
ItineraryNusantarasa

Berburu Kuliner Bersejarah Khas Salatiga (1)

ItineraryNusantarasaPilihan Editor

Nasi Jangkrik, Kuliner Warisan Sunan Kudus

ItineraryPerjalanan Lestari

Ngeteh Sore di Artani, Toko Curah Ramah Lingkungan Pertama di Makassar

Itinerary

Gunung Bantur dalam Bingkai Kintamani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.