ItineraryNusantarasaPilihan Editor

Kalau Nggak Mau Ketagihan, Jangan Cobain “Soto Ayam Segeerr… Mbok Djinten”

Kayaknya nggak ada orang Indonesia yang nggak kenal sama makanan bernama soto. Makanan ini ada di mana-mana dan bermacam-macam jenisnya. Hampir setiap daerah punya ragam sotonya sendiri-sendiri, makanya ada soto betawi, soto sokaraja, soto seger boyolali, soto koya, coto makassar, dan masih banyak lagi.

soto mbok djinten

Warung Mbok Djinten/masclink_kulineran

Kali ini Masclink mau ngajak kamu nyicipin Soto Mbok Djinten di Perumnas Condongcatur, Sleman, Yogyakarta, yang konon sudah eksis sejak tahun 2012 silam. Mengingat sengitnya kompetisi usaha kuliner di Jogja, usia warung soto seger khas Boyolali ini sudah bisa dibilang tua—enam tahun. Nggak banyak yang bisa bertahan selama itu. Tentunya Mbok Djinten bisa eksis selama ini karena udah punya banyak pelanggan.

soto djinten

“Meja seduh” Mbok Djinten/masclink_kulineran

Kuahnya yang bening dan “soft” sesuai sama lidah orang Jogja

Lalu apa yang bikin orang Jogja suka mampir ke Soto Mbok Djinten? Jawabannya adalah kuahnya yang bening dan soft. Soalnya, orang Jogja biasanya nggak terlalu suka makanan yang banyak rempah, mereka lebih memilih yang manis-manis, contohnya gudeg.

soto mbok djinten

Seporsi soto sedang disirami kuah/masclink_kulineran

Nah, seporsi soto di Mbok Djinten akan terasa lebih nikmat kalau disantap bersama dua gorengan khas yang kayaknya bakal susah kamu temukan di tempat lain, yakni tempe garit dan mendoan.

Selain itu masih banyak lagi “pendamping” soto yang disediakan di Soto Mbok Djinten, seperti sate telur, sate kerang, perkedel, uritan, dan lain-lain. Menggoda, ‘kan? Tapi kamu jangan sampai kebablasan. Bisa-bisa ntar lebih banyak duit yang kamu keluarin buat bayar makanan-makanan “pendamping” itu ketimbang buat bayar hidangan utamanya.

Soal minuman, Soto Mbok Djinten nggak hanya menyediakan es teh dan es jeruk saja, ada jamu juga. Karena ada menu jamu inilah banyak simbah-simbah yang jadi pelanggan setia.

sate-satean

Sate-satean “pendamping” soto/masclink_kulineran

Walaupun hujan, Soto Mbok Djinten tetap ramai

Mbok Djinten nggak cuma ramai waktu hari cerah aja, pas hujan pun kelezatan sotonya tetap menarik para pelanggan buat berdatangan. Banyak yang datang pakai mobil pribadi. Tapi nggak sedikit juga yang bela-belain ke sini naik motor pakai mantol hanya untuk menyeruput kuah soto seger yang menggoda.

soto mbok djinten

Seporsi soto ayam seger/masclink_kulineran

Selain cita rasa, barangkali yang bikin orang-orang betah ke sini adalah harganya yang sesuai banget sama kantong—satu porsi Rp 7000 saja.

soto mbok djinten

Suasana Mbok Djinten/masclink_kulineran

Soto Mbok Djinten ini ada di Jl. Cempaka 199a, Perumnas Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Buka dari jam 6.30 pagi sampai 9 malam, Soto Mbok Djinten pas banget buat kamu yang sering ngidam soto malam-malam.


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Ikuti petualangan kuliner Masclink di sini.

KULINER JOGJA | HALAL Food Only

KULINER JOGJA | HALAL Food Only
Artikel Terkait
Itinerary

Desa Muncar dan Kopi Temanggung

Itinerary

Memahami Lebih Dalam tentang Permakultur

Itinerary

5 Destinasi Budaya 'Memorable' ala Jovita Ayu

ItineraryPilihan Editor

Rumapala dan Cerita Memberdayakan Pala Banda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *