Events

Jagongan Wagen Februari 2018, “12 Angry Men” ala Forum Aktor Yogya

Insan-insan artsy pasti heran dan bertanya-tanya: “Kok bulan kemaren ngga ada pengumuman sama sekali soal Jagongan Wagen, ya? Apa saya ketinggalan?” Nggak, kok. Kamu nggak ketinggalan. Jagongan Wagen memang selalu absen pas Januari dan bulan Ramadan.

Tapi, bukan berarti karena Januari nggak ada aktivitas terus Padepokan Seni Bagong Kussudiardja diam saja. Di sana tetap ada kegiatan, yakni persiapan buat pertujukan Jagongan Wagen Februari 2018, Jagongan Wagen perdana tahun ini.

Jagongan Wagen Februari 2018 menghadirkan Forum Aktor Yogya

Penampil pada Jagongan Wagen Februari 2018 adalah Forum Aktor Yogya (FAY). (Namanya forum aktor, pasti kamu sudah bisa nebak kalau mereka nggak bakalan “ngeband.”)

FAY sudah sejak tahun 2011 jadi wadah berkumpulnya para aktor, sebuah perkumpulan tempat para seniman peran mengulas ide kreatif berdasarkan kesenangan sekaligus kegelisahan mereka.

Sejak terbentuk, FAY sudah tampil berkali-kali. Pertunjukan mereka antara lain “Biar Kutulis Untukmu Puisi Jelek yang Lain” (Naskah Andre Nur Latif, 2014), “Bertiga Bukan Dara, Menghias Kenyataan Hidup” (2015), “Bank Pasar Rakyat” (2016), “Sulamin Bibir Saya, Dong!” (2017), dan “Identity Project” (2017). Nggak cuma itu, mereka ternyata juga pernah jadi mitra penyelenggara Indonesia Dramatic Reading Festival (IDRF) tahun 2016 dan 2017.

jagongan wagen februari 2018

Poster Jagongan Wagen Februari 2018/PSBK

“12 Angry Men” ala Forum Aktor Yogya

Pertunjukan FAY di Jagongan Wagen Februari 2018 ini berjudul “D>S /D<S; Invisible Costs (Part I).” Kalau sudah pernah nonton film 12 Angry Men yang dibintangi sama Henry Fonda, kamu pasti bakal mengangguk-angguk dan tersenyum sendiri waktu nonton pertunjukan “D>S /D<S; Invisible Costs (Part I)” ini.

Terinspirasi dari film itu, FAY berusaha “membawa” gagasan-gagasan di film itu ke ranah riil, ke alam nyata yang sekarang kita lihat, dengar, dan rasakan. (Siap-siap mendengar dialog yang mengalir cepat.) Menonton pertunjukan ini bakal membuatmu merenungkan soal kebenaran. Soalnya, kamu akan disuguhkan ilustrasi bahwa dalam banyak kesempatan orang-orang menilai sesuatu berdasarkan pandangan mayoritas. Padahal benar menurut orang banyak bukan berarti benar menurut kebenaran itu sendiri.

Yang bakal menyutradarai pertunjukan “D>S /D<S; Invisible Costs (Part I)” ini adalah B. Verry Handayani. Ia akan mengarahkan enam pemain (Alex Suhendra, Elisabeth Lespirita Veani, Hardiansyah Yoga Pratama, Febrinawan “Jayen” Prestianto, Siti “Ozy”  Fauziah, Veronika Erlina H.) dengan dibantu oleh lima awak pendukung (Febrianus Anggit, Penata Artistik; Robby Ramadhan, Stage Manager; Miranda Harlan, Penulis Naskah; Nesia Putri Amarasthi, Pencatat Proses; dan M. Habib “Ipung” Syaifullah, Pimpinan Produksi.)

Kapan dan di mana?

Jagongan Wagen Februari 2018 akan diadakan pada Sabtu, 24 Februari 2018 pukul 19.30 – 22.00 di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Ds. Kembaran RT 04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, DIY.


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Events

Sekolah TelusuRI Semarang #6: TelusuRI Sejarah Jalur Kota Lama–Pecinan

Events

5 Event Seru Bulan Agustus 2019

Events

Festival Cheng Ho 2019

Events

ASEAN Contemporary Dance Festival 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *