Itinerary

Musim Kemarau Begini Enaknya Ngapain?

Coba deh buka pintu atau lihat jendela. Langit sudah cerah, Sob! Artinya, musim kemarau sudah tiba.

Kalau kamu belum punya rencana buat ngapa-ngapain pas musim kemarau ini, kenapa nggak cobain salah satu dari lima aktivitas seru pas musim kemarau berikut:

jalan kaki
Menelusuri lorong via pexels.com/Dương Nhân

1. Jalan kaki menelusuri kota

Salah satu aktivitas seru pas musim kemarau adalah jalan kaki menelusuri kota. Kamu bisa melakukannya di kotamu sendiri atau di kota sebelah—atau di kota mana pun yang kamu suka.

Kamu bisa mampir ke tempat-tempat bersejarah, spot-spot indah, atau tempat-tempat makan yang menggoyang lidah. Musim kemarau begini kamu nggak perlu khawatir bakal kehujanan pas jalan kaki menelusuri kota. Kalaupun hujan turun, biasanya nggak seawet pas musim basah.

aktivitas seru pas musim kemarau
Traveling naik mobil via pexels.com/Kun Fotografi

2. Traveling “overland” jarak jauh

Aktivitas seru pas musim kemarau berikutnya adalah traveling overland jarak jauh. Ini cocok banget buat kamu yang pengen melarikan diri dari rutinitas dan kesumpekan kota.

Kamu bisa pilih salah satu pulau besar di Indonesia lalu menelusurinya dari ujung ke ujung, entah naik kendaraan pribadi, kereta api, bus, atau cari tumpangan gratisan (hitchhiking). Di tiap kota kamu bisa cari penginapan murah (syukur-syukur ada dormitory), stay di sana beberapa hari, terus lanjut ke kota lain. Abis traveling overland, kamu bakal bisa meresapi lagu “Sewu Koto” ciptaan penyanyi campursari legendaris, Didi Kempot.

aktivitas seru pas musim kemarau
Sepedaan via pexels.com/Adrianna Calvo

3. Sepedaan

Kamu juga bisa mengisi musim kemarau dengan sepedaan. Kalau belum terbiasa sepedaan jarak jauh, kamu bisa nggowes keliling kota saja. Tapi kalau kamu pesepeda hardcore, nggak ada salahnya buat sepedaan antarkota, atau antarprovinsi sekalian.

Supaya rame, ada baiknya kalau kamu main ke forum-forum sepeda atau akun-akun media sosial komunitas sepeda. Siapa tahu ada yang minat juga buat sepedaan menelusuri rute yang sudah kamu bikin.

wakatobi
“Diving” di Wakatobi/Widhi Bek

4. Menyelam

Aktivitas seru pas musim kemarau lainnya adalah menyelam alias diving. Kalau sudah punya lisensi selam, kamu bisa cus ke destinasi-destinasi selam di penjuru Indonesia. Kalau belum punya lisensi, kamu bisa ikutan try scuba dulu di operator-operator selam. Siapa tahu nanti jadi keterusan dan kamu akhirnya sekalian ikut sertifikasi.

Tapi, sebelum cus ke destinasi-destinasi selam, ada baiknya buat ngecek cuaca setempat dulu. Soalnya, bisa jadi di tempatmu sedang kering tapi di destinasi selam yang mau kamu tuju cuaca sedang nggak bagus.

kenapa pendaki perdana kapok naik gunung
Suasana pagi di Argopuro via instagram.com/failureproject

5. Naik gunung yang treknya panjang

Naik gunung yang treknya panjang juga bisa jadi salah satu aktivitas seru pas musim kemarau. Kalau di Jawa, mungkin kamu bisa coba ke Gunung Argopuro di Jawa Timur. Di Sulawesi kamu bisa ke Tolangi Balease. Di Sumatra kamu bisa ke Leuser. Maluku punya Gunung Binaiya.

Banyak banget ‘kan pilihan aktivitas seru pas musim kemarau? Jadi, selamat bertualang di musim kemarau, Sob!


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
Itinerary

5 Tempat Wisata yang Wajib dikunjungi saat di Lembang

Itinerary

Jalan-jalan ke Curug Cipamingkis, Bogor

Itinerary

Cerita dari Kampung Adat Kuta, Ciamis

Itinerary

Tempat-Tempat yang 'Hilang' di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.