Itinerary

Kenapa Pejalan Solo Mesti Cobain Menginap di “Dorm”?

Meskipun di luar negeri dorm sudah sangat populer, hostel yang punya kamar dorm barangkali belum begitu banyak di Indonesia. Tapi, daerah-daerah seperti Jakarta, Jogja, dan Bali sudah punya beberapa.

Kamar dorm ini pas banget buat pejalan yang solo karir. Kenapa? Ini beberapa alasannya:

1. Murah, bisa menghemat bujet

Karena kamar dorm itu dihuni oleh banyak orang, biaya sewa per kasurnya jauh lebih murah ketimbang saat kamu menyewa satu kamar privat. Kalau di Indonesia, biasanya harganya antara Rp 100.000 sampai Rp 200.000.

Tentulah menginap di dorm bisa menghemat biaya perjalanan kamu. Apalagi kalau kamu tipikal traveler yang suka berkeliaran dari mulai matahari terbit sampai malam hari. Buat apa bayar mahal-mahal cuma buat nyewa kamar yang kamu huni hanya beberapa jam dalam sehari? Mending di dorm.

2. Bisa dapat teman ngobrol

Traveler solo sering kali dilanda kesepian. Apalagi kalau travelingnya pas low season saat nggak begitu banyak pejalan yang berkeliaran.

Nah, meskipun demikian, kemungkinan besar kamu bakalan bisa dapat teman ngobrol pas menginap di dorm. Mengobrol itu efektif banget lho, Sob, buat menghilangkan rasa kesepian.

3. Bahkan bisa dapat teman seperjalanan

Atau bukan nggak mungkin setelah kamu ngobrol dengan teman-teman yang kamu temui di dorm kalian bisa lanjut jalan bareng—biasanya ketika tujuan kalian sama.

Setelah tiba di destinasi itu, atau setibanya di percabangan tujuan, kalian bisa misah sesuai dengan tujuan masing-masing. Tapi, setidaknya selama beberapa waktu kalian nggak cuma termenung menatapi jendela bis, kereta, atau pesawat.

4. Bisa melatih kemampuan sosialisasi

Buat kamu-kamu yang kemampuan sosialisasinya masih belum terasah, menginap di dorm bermanfaat banget buat melatih skill bersosialisasi. Nggak mungkin selama di kamar atau di lobi kamu diam saja kayak patung—nanti dikira lagi ngamen.

Beranikan diri buat mengalihkan pandangan dari ponsel. Cari muka-muka yang kira-kira lagi nggak sibuk dan mau diajak ngobrol. Sapa dia dan ajak berbicara. Kalau hal ini kamu lakukan berulang-ulang, kemampuan sosialiasimu bakalan semakin terasah.

Nah, kamu sendiri sudah pernah menginap di dorm, Sob?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

Naik Gunung Sendirian, Inilah 4 Hal yang Bakal Kamu Dapatkan

Itinerary

5 Rekomendasi Kafe untuk Ngopi Asyik di Semarang

Itinerary

Mau Naik Gunung Musim Kemarau? Jangan Lupakan 5 Benda Berikut

Itinerary

5 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Mendaki Gunung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *