#dirumahajaItinerary

Tips Jalan-jalan di Rumah ala Irene “Pinktravelogue”

Semenjak #dirumahaja dan penjarangan sosial (social distancing) semakin serius dikampanyekan, destinasi dan atraksi wisata semakin banyak pula yang ditutup. Sebagai pejalan, tentu kamu jadi mikir: terus, supaya hasrat menjelajah tersalurkan, gue bisa ngapain #dirumahaja kayak gini?

Tenang saja. Kamu bisa melakukan banyak hal buat menyalurkan keinginan bertualang. Untuk ngasih kamu ide soal jalan-jalan di rumah, beberapa hari yang lalu TelusuRI minta tips sama Irene Komala, travel blogger empunya laman pinktravelogue.com sekaligus pemilik akun Instagram @pinktravelogue, yang sudah pernah staycation di mana-mana. Kuy simak!

Irene Komala via instagram.com/pinktravelogue

1. Nonton YouTube atau serial Netflix Travel

Nonton adalah salah satu hiburan yang paling gampang dilakukan di rumah. Apalagi sekarang kamu nggak cuma bisa nonton lewat TV, tapi juga lewat gawai yang kamu pegang di tangan. Kak @pinktravelogue menyarankan buat nonton film-film bertema petualangan (adventure) atau perjalanan, misalnya 5cm (2012), Trinity, The Nekad Traveler (2017), AADC2 (2016), Negeri Dongeng (2017), dan Aruna & Lidahnya (2018).

2. Membaca buku/blog perjalanan

Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan waktu #dirumahaja adalah membaca blog pejalan favorit kamu atau baca buku-buku perjalanan. Kegiatan ini bakal bikin kamu merasa jalan-jalan. Kak @pinktravelogue menyebut judul [serial] The Naked Traveler dari Trinity dan 101 Travel Tips & Stories karangan Claudia Kaunang.

3. Bikin itinerary

Di rumah begini, kamu tentu punya lebih banyak waktu luang. Sambil nunggu keadaan kondusif, @pinktravelogue menyarankan kamu untuk menyusun itinerary perjalananmu berikutnya. Coba jelajahi internet untuk mencari info soal tempat itu sekalian aktivitas-aktivitas yang bisa kamu lakukan di sana. Jangan lupa cek foto-fotonya juga. 

4. Beres-beres rumah sembari denger lagu

Pas beres-beres rumah, jangan lupa setel lagu-lagu lewat platform seperti Spotify. Cari atau bikin playlist yang lagu-lagunya berbau petualangan, biar suasana bertualang jadi makin berasa. Kak @pinktravelogue menyarankan lagu-lagu/playlist seperti Kulari ke Pantai (RAN ft. Maisha), Yogyakarta (KLa Project), Mahameru (Dewa 19), Laskar Pelangi (Nidji), Bersenyawa dengan Gunung (playlist rekomendasi dari Typosonggraphy).

5. Belajar bahasa asing

Mau belajar bahasa asing tapi selama ini merasa nggak punya waktu? Inilah saat yang tepat. Yang bikin seru, belajar bahasa asing juga bakal ngasih sensasi jalan-jalan. Semakin tenggelam kamu dalam sesi belajar bahasa itu, semakin dalam pula kamu menjelajah tempat di mana bahasa itu digunakan. Kak @pinktravelogue bilang kamu bisa belajar bahasa asing dari YouTube atau platform e-learning yang sekarang banyak banget beredar di internet. Nanti, setelah keadaan membaik, kemampuan berbahasa itu bisa jadi modal yang berguna saat kamu jalan-jalan.

6. Mengedit video/menulis catatan perjalanan

Mumpung punya banyak waktu luang di rumah, mungkin kamu bisa mengedit video atau foto perjalanan kamu yang sudah menumpuk dalam hardisk laptop. Kata Kak @pinktravelogue, iMovie atau InShot bisa kamu jadikan pilihan buat mengedit. Selain itu, kamu juga bisa menuliskan cerita perjalananmu dan membagikannya lewat blog. Kalau nggak punya blog, kamu bisa juga mengirimkan naskahmu ke TelusuRI.

Nah, itulah beberapa tips dari Irene Komala sang @pinktravelogue untuk semua pejalan yang lagi #dirumahaja. Semoga tips ini bermanfaat, Sob!


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Artikel Terkait
#dirumahajaEvents

Ngobrol soal "Peduli Pekerja Pariwisata" bareng Jonathan Thamrin

Itinerary

Remeh-temeh yang Tak Remeh tentang Tempe

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Tips Bikin Bujet Traveling ala Dayu Hatmanti

#dirumahaja

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Tips supaya Konten Lebih Memikat ala Satya Winnie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *