#dirumahajaItinerary

Telanjur “Booking,” Bisa Nggak Kira-kira “Refund” Transpor dan Akomodasi?

Transpor dan akomodasi sudah kamu booking, sudah dibayar, dan kamu sudah siap berangkat. Tapi, ternyata takdir berkata lain. Corona membuatmu harus #dirumahaja. Kamu pun sedih, sambil diam-diam bertanya dalam hati, “Terus gimana, dong? Bisa di-refund nggak, sih?”

Untuk menjawab pertanyaan itu, lakukan tiga langkah berikut: (1) buka-buka lagi bukti pembayaran transpor dan akomodasimu, (2) scroll ke bawah untuk melihat apakah maskapai atau OTA yang jasanya kamu manfaatkan ada dalam daftar, (3) baca kebijakannya untuk mengetahui bahwa tiketmu bisa di-refund atau tidak.


Maskapai

1. Garuda Indonesia

Garuda Indonesia Group menganjurkan para penumpang untuk melakukan penjadwalan ulang atau mengajukan pengembalian uang untuk tiket yang sudah dibeli. Namun, sampai saat ini belum ada kebijakan yang jelas dari Garuda Indonesia.

2. Citilink

Untuk mereka yang membeli langsung di laman ofisialnya, Citilink memberikan pengembalian penuh bagi penerbangan dari dan menuju Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Supaya uangmu bisa kembali, kirim surel ke refund@citilink.co.id atau hubungi call center 0804-1-080808.

3. AirAsia

AirAsia membatalkan sejumlah penerbangan dari dan menuju RRT, Hong Kong, dan Macau. Pengembalian uang untuk tiket yang sudah dibeli ikut kriteria tanggal yang berlaku. Kriteria ini bisa kamu lihat di laman AirAsia yang menjelaskan tentang COVID-19.


Online Travel Agent (OTA)

1. Traveloka

Traveloka menyarankan para pemesan untuk melakukan penjadwalan ulang atau mengajukan pengembalian. Kebijakan pengembalian tiket pesawat oleh Traveloka dijabarkan dan disesuaikan dengan kebijakan maskapai penerbangan melalui laman Traveloka. Lewat media sosial, Traveloka mengarahkan pemesan untuk melakukan pengembalian atau penjadwalan ulang secara mandiri melalui aplikasi Traveloka agar pelayanan lebih maksimal.

2. Pegipegi

Proses pengembalian uang dapat dilakukan melalui laman atau aplikasi Pegipegi. Pihak Pegipegi mengonfirmasi bahwa pada proses pengembalian dana akan dikenakan biaya administrasi, tergantung kebijakan maskapai penerbangan. Namun, Pegipegi sendiri tidak menetapkan biaya administrasi untuk ini.

3. Tiket.com

Pengajuan pengembalian penuh dapat dilakukan melalui fitur e-refund di aplikasi Tiket.com. Bisa juga dengan menghubungi nomor 0804-150-0878 atau mengirim surel ke cs@tiket.com. Pihak Tiket.com mengaku akan membantu proses pengembalian penuh. Namun mereka menegaskan bahwa keputusan itu sangat bergantung pada kebijakan maskapai dan penginapan masing-masing.

4. Airbnb

Airbnb memberlakukan kebijakan pengembalian penuh untuk pembatalan reservasi penginapan dan Airbnb Experience yang dilakukan sebelum 14 Maret 2020, dengan tanggal check-in antara 14 Maret 2020 hingga 14 April 2020. Pemesan akan mendapatkan pengembalian penuh jika pembatalan dilakukan sebelum check-in. Pemilik penginapan dan jasa juga dapat melakukan pembatalan tanpa dikenakan biaya tambahan dan tanpa memengaruhi status superhost mereka. Untuk informasi lebih lanjut, buka laman Airbnb Help Center.

Jangan berkecil hati. Ini memang bukan saatnya liburan. Lagipula, jika cuma mau lihat-lihat, kamu juga bisa kok #liburandarirumah. Kalau mau tahu caranya, cek aja arsip TelusuRI!


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Related posts
#dirumahaja

Yang Mulai Saya Sadari saat di Rumah Aja

#dirumahajaItinerary

6 Kuliner Nusantara yang Bisa Kamu Masak waktu di Rumah Aja

#dirumahajaItinerary

Tips Jalan-jalan di Rumah ala Irene "Pinktravelogue"

#dirumahajaInterval

“Staycation” di Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *