#dirumahajaItinerary

Liburan di Rumah lewat 8 Film Wisata Indonesia

Salah satu cara mudah lagi murah untuk menelusuri tempat-tempat indah di Indonesia tanpa harus keluar rumah adalah nonton film. Di zaman canggih begini, cukup bermodal internet dan perangkat elektronik, kamu bisa jalan-jalan ke berbagai tempat bareng tokoh-tokoh berkarakter menarik.

Supaya nggak bingung milih, TelusuRI sudah merangkum beberapa film bertema pariwata Indonesia. Daftarnya disusun berdasarkan alfabet.

1. Aruna dan Lidahnya (2018)

Yang bikin Aruna dan Lidahnya menarik nggak semata keelokan pemeran-pemeran di dalamnya, tapi juga penggambaran kuliner-kuliner yang disantap Aruna dkk. di berbagai daerah di Indonesia. Siap-siap ngiler melihat gambar-gambar bergerak berisi bakmi Singkawang, soto Surabaya, sampai nasi goreng tektek khas Jakarta.

2. Denias (2006)

Film garapan John de Rantau yang diadaptasi dari kisah nyata ini mengisahkan perjuangan seorang anak dari pedalaman Papua bernama Denias untuk mendapat pendidikan yang layak. Selain mengagumi keindahan Pulau Cendrawasih, kita juga akan dibawa melihat isu-isus sosial di sana. Untuk teman-teman yang belum kesampaian menginjakkan kaki di Papua, film ini cocok untukmu.

3. Kulari ke Pantai (2018)

Kalau mereka yang remaja tahun 2000-an awal punya Petualangan Sherina, anak-anak 2010 ke atas punya Kulari ke Pantai. Film keluarga garapan duo legendaris Mira Lesmana dan Riri Riza ini renyah dinikmati bersama adik, sepupu, atau anak di rumah. Ceritanya tentang road trip dari Jakarta sampai Pantai G-Land di Banyuwangi. Lagi #dirumahaja seperti ini, Kulari ke Pantai bakal bikin kamu rindu menyusuri jalur pantura bersama keluarga tercinta.

4. Negeri Dongeng (2017)

Kawan pendaki pasti nggak asing lagi sama film dokumenter pendakian tujuh puncak tertinggi Indonesia yang satu ini. Digarap oleh Aksa7Art, film ini menghadirkan ekspedisi para pendaki kawakan di Indonesia, seperti Teguh Rahmadi, Wihana Erlangga, sampai Nadine Chandrawinata. Sudah lama nggak naik gunung dan menikmati suasana di atas sana? Tonton saja Negeri Dongeng untuk melepas rindu.

5. Pendekar Tongkat Emas (2014)

Film ini bertema silat, salah satu tradisi Indonesia yang sudah jarang diangkat di dunia perfilman tanah air. Yang membuat film ini asyik dinikmati adalah jalan ceritanya yang kuat dan aktor-aktor papan atas yang total memerankan lakon mereka sebagai para pendekar. Bintang-bintangnya antara lain Christine Hakim, Nicholas Saputra, dan Tara Basro. Kamu bakal kaget melihat mereka keren banget waktu adu silat!

6. Trinity the Nekad Traveler (2019)

Menjelajah Indonesia dan mancanegara belasan tahun, Trinity telah menghasilkan 15 buku tentang perjalanan-perjalanannya yang menarik dan apa adanya. Dari buku-buku itulah film ini dibuat. Fokusnya, kisah Trinity saat kuliah dan jatuh cinta. Selain menjelajah Indonesia, film ini juga bakal membawamu ke Maladewa dan Filipina.

7. Semesta (2019)

Film dokumenter yang diproduseri oleh Nicholas Saputra ini nggak hanya mengajak kita untuk sadar akan kesinambungan antara manusia dan alam semesta, tapi juga menyentil kesadaran kita akan kerentanan masa depan anak-cucu kita. Nonton film ini, kesadaranmu bakal digugah lewat bingkai-bingkai berisi konflik nyata manusia-alam di berbagai titik di Indonesia. Semesta juga berusaha untuk menggugah kita menyelesaikan persoalan itu mulai dari diri sendiri, misalnya dengan menggalakkan sistem perkebunan organik berkelanjutan dan mempraktikkan konsep tanpa sampah (zero waste).

8. 3 Hari untuk Selamanya (2007)

Sekarang perjalanan jalur darat dari Jakarta ke Yogyakarta naik mobil sudah makin efisien. Jaraknya sudah dipangkas sehingga kamu lebih cepat tiba. Tapi, masih ingat nggak sama jalur pantai utara? Di film ini kita diajak bernostalgia lewat jalur non-tol bersama Ambar dan Yusuf, saudara sepupu dengan karakter bertolak belakang, yang berkendara menempuh petualangan menarik sepanjang jalan menuju kampung halaman. Pesan moralnya pun sangat mengena: [ada] yang harus dipilih, ada yang harus diputuskan, dan pada akhirnya harus ada yang dijalankan.

Jadi, yang mana dulu ini yang bakal kamu tonton, Sob? Apa pun itu, jangan lupa selalu cuci tangan sebelum menyerok popcorn buatan sendiri ke dalam mulut, ya?! Kebersihan tangan tetap yang utama walau kamu lagi #dirumahaja.


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Related posts
#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Tips Bikin Bujet Traveling ala Dayu Hatmanti

#dirumahaja

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Tips supaya Konten Lebih Memikat ala Satya Winnie

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Ngobrolin Fotografi Perjalanan bareng Ingga Suwandana

#dirumahajaItinerary

Tuliskan Perjalananmu, Mumpung Lagi di Rumah Aja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *