Menyusuri Curug Tenjong di Kampung Santri Ciharashas
Travelog

Hari kedua berada di Desa Ciharashas. Waktu masih menunjukkan pukul 4 pagi, namun aktivitas di Pesantren Al Mutaqin tempat menginap saya dan pendamping Desa Ciharashas sudah mulai bergeliat. Para santri melaksanakan kegiatan harian, sebagian diantaranya menyiapkan pelaksanaan sholat subuh berjamaah. Sebagian lagi bersiap untuk…
Bertandang ke Kampung Santri Ciharashas

33 Kilo meter dilalui dari Cimahi, Kamis, 11 Februari tepat pukul 10.15 saya tiba di Kantor Desa Ciharashas, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Cuaca panas siang itu, membuat perjalanan saya yang didampingi Pendamping Desa Kecamatan Cipeundeuy, Yudistira Gumantri cukup berkeringat. Namun demikian ada…
Jaga Kesehatan dengan Jalan Kaki di Kebun Teh Sukawana
Itinerary

Kebun Teh Sukawana/Foto: Morgen Indriyo Margono Imunitas menjadi kata kunci untuk menjaga kesehatan di semasa pandemi COVID-19. Selain faktor konsumsi, olahraga menjadi aktivitas yang disarankan agar kita tetap bugar. Jalan kaki atau trekking, adalah salah satu olahraga yang baik untuk menjaga kesehatan, terutama dari sisi…
Menguak Beragam Versi Sejarah Keraton Ratu Boko

Mengunjungi Situs Keraton Ratu Boko pada 9 Desember lalu, menambah keyakinan bahwa puing bangunan cagar budaya ini adalah keraton sebuah kerajaan dan bukan candi. Ini terbukti dari arsitektur bangunan keseluruhan yang memiliki, pintu gerbang, benteng, keputren, tempat perabukan jenazah, pendopo dan paseban. Di tempat ini kita…
Ke Candi Borobudur Kala Pandemi COVID-19
Itinerary

Kamis pagi, 10 Desember lalu pukul 08.09 WIB kami sudah bersiap menanti kedatangan driver taxi online untuk menuju Candi Borobudur, Magelang, dari penginapan kami di Bausasran Yogyakarta. Pertimbangan kami naik taxi online adalah efektifitas waktu dan lebih ekonomis. Pukul 08.15 WIB rombongan kami sekeluarga mulai menyusuri…
Trekking ke Curug Layung

Curug Layung berada di ketinggian 1400 meter DPL, merupakan objek wisata di lereng Gunung Burangrang yang masuk di wilayah administratif Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Awalnya  Curug Layung adalah lokasi latihan militer Kopassus, namun sejak tahun 2012 dibuka untuk umum. Obyek wisata yang luasnya…
Ngopi di Masa Pandemi, Bagaimana Nasibnya?
Semasa Corona

Sejak tahun 2016, saat Pemerintah Provinsi Jawa Barat membidik kopi sebagai salah satu produk unggulan untuk mendulang devisa, bisnis kopi baik olahan maupun seduh bergeliat di Jabar. Pemprov Jabar bahkan secara rutin menggelar event promosi bertajuk Ngopi Saraosna (Ngopi se-Sedapnya). Sampai sebelum COVID-19 merebak, kedai kopi…