Mendaki Gunung Ungaran dari Jalur Perantunan
Travelog

Sudah setahun ini dunia tersibukkan oleh pandemi COVID-19, nggak berasa ya. Di Indonesia sendiri, beberapa waktu lalu, rem darurat kembali ditarik, segala macam aktivitas yang berpotensi membuat kerumunan dibatasi. Seiring dengan itu, kita juga perlahan mulai beradaptasi dengan segala bentuk protokol kesehatan yang ada. Termasuk…
Titip Sebuah Rindu di Gunung Merbabu

Rindu tercipta karena adanya sebuah perpisahan, dan bertemu adalah cara terbaik untuk mengobatinya. Kala itu, Oktober 2018 aku berada di ujung kebosanan. Mungkin pekerjaan yang terlalu menyita sebagian besar waktuku. Jika diingat ingat, sudah lama aku tidak mendaki gunung.Adalah Zulma, sahabat dari Jogja yang mengajakku…
Danau Rawapening Semasa Corona
Semasa Corona

Sebagian besar tujuan wisata di Kabupaten Semarang telah membuka diri dengan menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat, seperti yang telah disuarakan oleh Pemerintah Kabupaten Semarang lewat akun Instagram dan situs web resminya.Sore itu tepat pukul 15.00 aku masih berada di Salatiga. Setelah seharian berkutat dengan…
Kopi, Pejalan, dan Lembayung Bali
Travelog

Sore itu, 14 Juli 2019, aktivitas pekerjaan tentang kopi telah kami rampungkan sebelum petang. Lalu menujulah kami mencari ketenangan dalam balutan senja. Karena Pantai Kuta yang menjadi tujuan semula ternyata ramai sekali, kami pun beralih ke Pantai Berawa. Jaraknya tak terlalu jauh dari Kuta dan suasananya pun lebih enak…
Jogja dalam Senja

Bagiku, Jogja adalah rumah kedua. Hampir tiap bulan aku berkunjung ke sana, entah hanya bersilaturahmi ke rumah sahabat-sahabatku, mengantarkan tamu, atau untuk membeli kopi guna keperluan kedai. Tak jarang aku menginap di rumah sahabatku, sampai keluarganya pun sudah menganggapku sebagai saudara.Pagi itu, tepatnya hari…
Cerita di Kota Kerajaan Prabu Joyoboyo, Kediri
Travelog

Pagi itu, aku menjejakkan kaki pertama kali di Jombang, Kota Santri. Ketika itu bapak kernet mengisyaratkan bahwa tujuanku sudah sampai. Aku pun turun di pertigaan Taman Kebonratu. Tujuanku kali ini adalah Kampung Inggris Pare di Kediri, untuk menemui sahabatku, Indra namanya. Ia berpesan bahwa dari Jombang aku harus ganti bus…