Itinerary

Mencicipi Mie Ayam “Hot Plate” di Warung Mie Ayam Pak Bambung Yogyakarta

Kayaknya hampir semua orang Indonesia tahu mie ayam. Tapi gimana dengan mie ayam goreng, mie ayam bakar, atau mie ayam hot plate? Belum familiar sama kuliner-kuliner itu ‘kan?

Nah, di Jogja ada sebuah warung mie ayam yang menyajikan makanan-makanan di atas. Nama warungnya Mie Ayam Pak Bambung. Warung yang letaknya di sebelah utara SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta (baratnya Hotel Tentrem) itu sudah 3 tahun lebih berdiri—tanpa lelah.

mie ayam pak bambung

Warung Mie Ayam Pak Bambung/masclink_kulineran

Mie ayam hot plate ini jadi semacam signature dish-nya Mie Ayam Pak Bambung. Semula, Mie Ayam Pak Bambung cuma punya persediaan lima piring besi untuk mie ayam hot plate. Namun karena santapan ini makin dikenal dan diminati, sekarang wadahnya makin banyak. Jadi kamu jangan khawatir kehabisan hot plate kalau ke sana.

Karena panas, diamkan dulu sebelum disantap

Karena penasaran, pas ke sana kemarin saya pesan dua makanan sekaligus, yakni mie ayam hot plate dan mie ayam bakar.

mie ayam pak bambung

Suasana Mie Ayam Pak Bambung/masclink_kulineran

Saya tak perlu lama menunggu. Sebentar saja pesanan saya datang. Mie ayam hot plate itu masih sangat panas—mendidih malah—dan mengeluarkan suara “blukutuk… blukutuk….” Jadi kamu jangan langsung menyantapnya. Diamkan dulu sebentar sebelum dilahap.

Mie ayam hot plate ini sebenarnya nggak jauh beda dari mie ayam pada umumnya. Hanya saja, pas sudah agak matang dan tercampur dengan bumbu-bumbu, mienya dimasukkan ke dalam wadah besi yang panas mendidih itu. Supaya lebih enak, mie ayam itu ditaburi bawang goreng.

mie ayam pak bambung

Seporsi mie ayam “hot plate”/masclink_kulineran

Mie ayam bakar lain lagi. Kalau mie ayam hot plate dituangkan ke dalam wadah besi, mie ayam bakar dimasukkan ke dalam daun pisang kemudian dibakar. Aromanya saja sudah menggoda, apalagi rasanya.

Sedikit manis dan kental

Setelah menunggu sebentar, tibalah waktunya untuk mencicipi mie ayam hot plate. Rasanya hampir sama dengan mie ayam pada umumnya. Bedanya, mie ayam Pak Bambung sedikit manis dan kental—mungkin karena masih panas. Taburan bawang goreng juga bikin rasanya lebih gurih.

mie ayam pak bambung

Seporsi mie ayam bakar/masclink_kulineran

mie ayam pak bambung

Menu Mie Ayam Pak Bambung/masclink_kulineran

Mie hot plate ludes, saya kemudian mencicipi mie ayam bakar komplit yang isiannya ceker, sosis, bakso, dan jamur (ditambah telur ceplok pasti bakal jadi super spesial). Dibanding yang hot plate, mie ayam bakar lebih wangi dan kering. Barangkali karena kuah mienya sedari awal sudah dipisahkan.

Pokoknya mie ayam hot plate dan mie ayam bakar sama-sama lezat. Kalau kamu masih belum percaya, coba datang sendiri saja ke Warung Mie Ayam Pak Bambung. Tapi catat: warung ini cuma buka dari jam 10 pagi sampai sekitar jam 4 sore (kadang-kadang malah jam setengah 4 sudah habis).

Jadi mau cobain yang mana dulu? Mie ayam hot plate atau mie ayam bakar?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Masclink

KULINER JOGJA | HALAL Food Only
Related posts
Itinerary

4 Jurus Jitu buat Traveling Keliling Indonesia

Itinerary

7 Ide untuk Mengisi Libur Panjang

Itinerary

5 Alasan Kenapa Kamu Mesti Traveling dengan “Backpack”

Itinerary

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Sekitar Pantai Parangtritis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *