Itinerary

Jangan Pusing! Inilah 5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui sebelum Beli Gear Traveling

Kamu sudah mulai ketemu candunya traveling. Terus, sekarang kamu lagi pusing mikirin gear traveling mana yang harus segera kamu miliki. Memang, sih, buat seorang pejalan milih-milih gear yang bakal dibeli adalah perkara yang gampang-gampang susah.

Tapi kamu nggak perlu bingung, Sob. Ini TelusuRI sajikan beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum beli gear traveling:

1. Minta saran ke kawan-kawan yang hobi jalan-jalan

beli gear traveling

Tas gunung via pexels.com/Ravindra Rawat

Kamu tentu punya kawan yang juga hobi jalan-jalan dan mungkin saja sudah punya pengalaman soal jual-beli gear traveling. Saran dari mereka bakal sangat membantumu dalam memutuskan mana yang mestinya kamu beli.

Kalau kamu orangnya nggak begitu sosial, kamu bisa baca-baca review dulu sebelum membeli. Bandingkan antara satu ulasan dengan ulasan lain. Setelah kamu punya banyak info, kamu bisa memutuskan mana yang paling pas buat kamu.

2. Beli satu-satu dari mulai yang penting-penting

Bukan berarti kamu mesti beli semua gear sekaligus—kecuali kamu memang punya anggaran buat itu. Kamu bisa memulainya dari peralatan-peralatan yang paling penting terlebih dahulu, misalnya ransel, sepatu, jaket, atau—kalau kamu lebih senang jalan sendirian—tenda.

Peralatan-peralatan lain sementara ini bisa kamu pinjam dari kawan-kawan. Tapi jangan keterusan minjam-minjamnya. Perlahan-lahan kamu bisa melengkapi gear travelingmu supaya nggak terus-terusan merepotkan kawan-kawanmu.

3. Sesuaikan dengan kebutuhanmu

beli gear traveling

Sepatu usang via pexels.com/Pixabay

Sekarang ini banyak banget gear traveling yang beredar. Sebagai pejalan, kamu pasti tergoda buat beli ini dan itu. Tapi, persoalannya, nggak semua gear yang beredar itu adalah perlengkapan yang kamu butuhkan.

Tenda empat musim yang diproduksi vendor ternama, misalnya. Kalau kamu cuma berkeliaran di daerah tropis—dan cuma sesekali saja naik gunung—nggak ada gunanya beli gear traveling itu. Wong di sini cuma ada dua musim.

4. Lebih mahal bukan berarti lebih bagus

Ada ungkapan begini: “Ada harga, ada rupa.” Tapi berkaitan dengan gear traveling, itu nggak berlaku universal. Gear traveling yang lebih mahal bukan berarti juga lebih bagus. Kadang sebuah produk bisa mahal cuma karena dikeluarkan oleh vendor yang lebih tenar.

Jadi jangan cepat tergoda buat beli gear traveling yang mahal-mahal. Kamu mesti membiasakan diri jadi konsumen yang cerdas dan kritis, yang nggak gampang dimakan oleh iklan.

5. Vendor dalam negeri juga banyak yang produknya berkualitas

beli gear traveling

Tenda via pexels.com/Snapwire

Sekarang banyak banget vendor gear traveling dari luar negeri yang ekspansi sampai ke Indonesia. Secara umum memang teknologi yang mereka bawa lebih canggih dari teknologi yang dipakai oleh produsen-produsen dalam negeri.

Tapi vendor-vendor dalam negeri lumayan cepat beradaptasi, kok. Dan sekarang ada beberapa vendor lokal yang produk-produknya sudah bisa dikatakan bersaing dengan barang-barang dari luar.

Jadi gimana? Udah punya gambaran mau beli gear traveling yang mana dulu?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

5 Jurus Jitu yang Bikin Traveling Solo Makin Seru

Itinerary

4 Oleh-oleh Sepulang Naik Gunung

Itinerary

Jurus Jitu supaya Bawaan Ringkas pas Traveling

Itinerary

Jurus Jitu Traveling bareng Pasangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *