Events

Siap-siap! Bakal Ada 5 Acara Seru Bulan November Nanti

Oktober sudah masuk pertengahan, Sob. Sebentar lagi mau November. Sudah ada rencana jalan bulan November? Kalau belum, nggak ada salahnya buat pergi ke salah satu dari beberapa acara seru bulan November berikut:

1. Festival Mahakam (2-4 November 2018)

Deretan event seru bulan November bakal dibuka oleh Festival Mahakam. Dari namanya kamu pasti sudah bisa nebak kalau acara ini diadakan di Kalimantan Timur, tepatnya di Kota Samarinda.

Acara yang mengangkat potensi Sungai Mahakam ini bakal diadakan secara meriah. Nggak tanggung-tanggung, bakal ada tiga acara utama dengan tiga belas panggung alias venue. Tentu saja yang bisa kamu saksikan—dan ikuti, barangkali—macam-macam, dari mulai Lomba Menyeberangi Sungai Mahakam sampai Parade 1000 Mandau!

2. Kenduri Seni Melayu (2-4 November 2018)

Sementara itu, pada tanggal yang sama dengan Festival Mahakam, di Batam bakal diadakan Kenduri Seni Melayu. Ini sesuatu banget, Sob. Soalnya kenapa? Karena budaya Melayu adalah salah satu budaya yang sangat berpengaruh di Nusantara, dari dulu sampai sekarang. Jadi, datang ke Kenduri Seni Melayu bakal ngasih kamu banyak banget wawasan soal salah satu budaya dominan di Nusantara.

Seni yang ditampilkan macam-macam. Kamu bisa lihat penampilan musik, teater, dan sastra Melayu. Kamu juga berkesempatan menonton langsung pertunjukan para penyanyi dari Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

3. Pesta Rakyat Banda (4-11 November 2018)

Semula Pesta Rakyat Banda diadakan untuk memperingati 350 tahun Perjanjian Breda. Dalam traktat itu, VOC memberikan Manhattan kepada EIC dan, sebaliknya EIC melepaskan Pulau Run kepada VOC. Itu adalah salah satu tonggak dalam sejarah rempah.

Tahun ini Pesta Rakyat Banda bakal diadakan kembali. Di sana kamu bisa menikmati banyak acara menarik, dari mulai pertunjukan budaya tradisional sampai dialog sejarah. Pesta Rakyat Banda adalah salah satu acara seru bulan November!

4. Ya’ahowu Nias Festival (16-20 November 2018)

Meskipun punya potensi wisata besar, Nias masih belum terlalu dilirik wisatawan. Ya’ahowu Nias Festival yang bakal diadakan selama beberapa hari pada pertengahan November besok tentu saja bakal mengangkat selubung potensi pulau yang terletak di perairan barat Pulau Sumatera ini.

Dalam Ya’ahowu Nias Festival bakal ada beragam pertunjukan. Kamu bisa menikmati tarian tradisional yang konon bakal ditampilkan oleh seribu orang penari. Selain itu juga bakal ada atraksi lompat batu oleh seratus orang pelompat.

5. Jogja International Heritage Walk (16-18 November 2018)

Kamu-kamu yang punya gaya hidup sehat pasti senang banget sama event seru bulan November yang satu ini. Di Jogja International Heritage Walk kamu bisa jalan kaki melewati desa-desa, mengeluarkan keringat, sambil mengampanyekan gaya hidup sehat dan hijau.

Jogja International Heritage Walk bakal diadakan dua hari. Tempatnya di Candi Prambanan dan Imogiri. Kalau kamu mau ikutan, tersedia tiga rute, yakni 5, 10, dan 20 kilometer. Siap buat keringetan?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Avatar

telusuri.id
Related posts
Events

Sekolah TelusuRI Semarang #6: TelusuRI Sejarah Jalur Kota Lama–Pecinan

Events

5 Event Seru Bulan Agustus 2019

Events

Festival Cheng Ho 2019

Events

ASEAN Contemporary Dance Festival 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *