Itinerary

9 Video Klip yang Memamerkan Pesona Indonesia

Biasanya, kalau seseorang sudah terbiasa sama satu hal, dia nggak bakal menganggap hal itu istimewa. Termasuk soal keindahan Indonesia. Karena kamu tinggal di Indonesia, kadang kamu lupa sama pesona Indonesia. Kamu nggak sadar betapa kerennya alam Indonesia dan betapa beragamnya budaya yang ada. Nah, karena itu—mungkin—kamu perlu diingatkan. Nih, TelusuRI kasih 9 video klip musisi Indonesia yang bakal bikin kamu sadar lagi bahwa Indonesia itu memesona.

1.  “Konon Katanya”—Kunto Aji

Rasa-rasanya baru kemarin Kunto Aji mengguncang dunia persilatan dengan single “Terlalu Lama Sendiri.” Tahu-tahu, dia udah ngeluarin single baru aja buat album keduanya, yakni “Konon Katanya.”

Istimewanya, video klip ini mengangkat pesona Indonesia. Syutingnya dilakukan di Pulau Kakaban, salah satu pulau di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Video ini bakal ngajak kamu jalan kaki menelusuri pasir putih nan lembut, jernihnya laut di perairan Kakaban, dan serunya berenang sama ubur-ubur “kalem” yang nggak menyengat! Seru ‘kan?

2. “Definisi Bahagia”—Vidi Aldiano ft. Andi Rianto

Di video klip ini Vidi Aldiano nggak cuma mengangkat keindahan Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Sesuai dengan judul lagunya, penyanyi idola para wanita itu mengajak kita merenungkan defisini kebahagiaan dengan memperlihatkan kondisi dunia pendidikan (sekolah dasar) di pulau yang juga dijuluki Nusa Bunga itu.

Klip ini hanya mengekspos sedikit saja soal keindahan alam. Kamu bakal lebih banyak melihat montase-montase siswa SD yang tetap serius belajar di tengah segala keterbatasan.

3. “Hai”—Monita Tahalea

Pesona Indonesia yang diangkat Monita dalam video klip ini adalah Semarang, Jawa Tengah. Serunya, Monita menelusuri Semarang nggak dengan kendaraan bermotor, tapi dengan jalan kaki dan naik becak.

Lucunya lagi suasana video klipnya seperti orang sedang vlogging. Natural banget. Kalau kamu pernah ke Semarang beberapa waktu belakangan, jangan-jangan kamu malah nggak sengaja kerekam dalam video klip ini. Coba cek, deh!

4. “Satu Hari yang Cerah”—Budi Doremi

Penyanyi yang identik dengan guitalele (kīkū) ini lagi-lagi mengangkat pesona Indonesia dalam video klipnya. “Satu Hari yang Cerah” diambil di daerah Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Kamu pasti ngiler melihat Budi Doremi berkeliaran di pantai-pantai pasir putih di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo, dan naik kapal melewati pulau-pulau gersang buat menemui keturunan terakhir dinosaurus di Pulau Komodo.

5. “Indahnya Dunia”—Andien

Video klip Andien yang satu ini keren banget. Adegan pembukanya saja sudah dramatis: seorang nelayan duduk di ujung dermaga di Jailolo, Halmahera Barat, Maluku Utara.

Latar belakang videonya memang menonjolkan pesona Indonesia banget, tapi—ini nih yang nggak enak—bikin baper. Andien mengajak kita buat mengenang masa lampau untuk memaknai satu hal: penyesalan. Kalau baperan jangan nonton, deh. (Tapi rugi banget kalau nggak nonton!)

6. “The Road”—Dialog Dini Hari

Judulnya saja sudah sangar: “The Road” Mirip-mirip judul bukunya Jack Kerouac, “On the Road.” Kenyataannya, video klipnya memang sangar.

Dalam “The Road,” band asal Bali ini mengajak kita menikmati keindahan Bali, Lombok, Sumbawa, dan Flores, naik sepeda motor. Dalam video ini, empat orang naik motor melintasi empat pulau. Nggak tanggung-tanggung, jarak yang mereka tempuh sekitar 2.500 kilometer! Mirip-mirip perjalanannya Lostpacker gitu, deh.

7. “Kunci Hati”—Afgan

Salah satu musisi paling tenar di Kaskus ini (“Nawar jangan afgan, gan!”) mengangkat salah satu kota paling romantis di Indonesia, yaitu Yogyakarta. Kota ini memang sudah sering banget jadi inspirasi buat sebuah lagu atau video klip. KLA Project, Adhitia Sofyan, Jamphe Johnson, Nostress, adalah nama-nama tenar yang pernah bikin lagu tentang Yogyakarta.

Sutradara “Kunci Hati” mencoba menangkap suasana Yogyakarta, termasuk kehidupan sehari-hari para penduduknya. Seru banget!

8. “Mimpi”—Isyana Sarasvati

Isyana Sarasvati juga punya video klip yang mengangkat pesona Indonesia. Video klip lagu “Mimpi” di-shoot di tetangganya Bali, yakni Lombok.

Dalam video klip itu, kamu bakal bingung; mau mengagumi lanskap Lombok atau kecantikan Isyana Sarasvati-nya. Isyana tampil natural. Dia pakai busana-busana etnik rancangan para desainer dalam negeri.

9. “Jatuh Hati”—Raisa

Penyanyi cewek idola lelaki masa kini, Raisa, membuat kita jatuh hati sama Taman Nasional Baluran di video klip berjudul… “Jatuh Hati.” Entah kenapa, Baluran yang gersang tiba-tiba jadi adem pas ada Raisa. Sabana tandus terasa seperti taman bunga. Gunung terjal rasanya jadi seperti taman bermain.

Tapi, kayaknya destinasi mana pun kalau ada Raisa pasti bakal jadi berlipat-lipat lebih memesona. Setuju, nggak?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Foto header: travel.tribunnews.com

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

Naik Gunung Sendirian, Inilah 4 Hal yang Bakal Kamu Dapatkan

Itinerary

5 Rekomendasi Kafe untuk Ngopi Asyik di Semarang

Itinerary

Mau Naik Gunung Musim Kemarau? Jangan Lupakan 5 Benda Berikut

Itinerary

5 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Mendaki Gunung

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *