Itinerary

Bingung Mau Traveling ke mana pas Musim Hujan? Baca Ini Dulu, Deh!

Enaknya tinggal di Indonesia, musim hujan begini pun kamu masih bisa jalan-jalan. Tapi, supaya perjalanan musim hujanmu makin seru, coba deh pilih destinasi yang punya salah satu—atau dua, atau tiga—dari lima karakter berikut:

1. Destinasi yang pas buat males-malesan

Wisata di Sekitar Alun-Alun Malang
Salah satu bangunan tua di Malang/Fuji Adriza

Kalau lagi musim hujan, kemungkinan besar kamu bakalan lebih banyak males-malesan. Rintik-rintik yang turun dari langit itu kayaknya memang punya substansi ajaib yang bikin manusia jadi lebih betah di kasur ketimbang berkeliaran.

Nah, makanya kalau musim hujan mending kamu sekalian pilih destinasi yang pas aja buat males-malesan. Tempat-tempat dingin seperti Bandung, Malang, Ambarawa, atau Tawangmangu enak banget, tuh.

2. Tempat yang di mana-mana ada kafe

toko oen
Suasana Toko Oen di pagi hari/Fuji Adriza

Tapi nggak mungkin juga selama liburan kamu ngendon doang di kamar. Setidaknya kamu mesti melangkahkan kaki, sekurang-kurangya ke kafe. Makanya coba cari destinasi yang punya banyak kafe, seperti Jogja, Bandung, Malang, atau Ubud.

Terus di kafe ngapain? Pastinya sih pesan makanan atau minuman—kalau nggak mau diusir. Nah, sambil makan atau minum, kamu bisa ngeluarin novel favorit kamu dan membacanya sampai capek. Ntar, kalau udah capek, balik lagi deh ke penginapan.

3. Banyak galeri seni tempat kamu bisa… nyeni

museum affandi
Patung “self portrait” karya Affandi via instagram.com/jejeprimaw

Pastinya kalau traveling musim hujan kamu nggak bakal bisa melakukan banyak aktivitas luar ruangan. Jadi, coba deh pilih destinasi yang banyak atraksi dalam ruangannya, contohnya galeri seni—atau museum.

Pulang dari sana, setidaknya kamu punya stok obrolan tambahan. Kamu jadi tahu beberapa orang pelukis, misalnya, atau perupa. Salah satu destinasi yang banyak galeri seninya adalah Ubud di Gianyar, Bali. Jogja juga lumayan, sih.

4. Banyak pilihan “workshop”

ke bali
Pasar oleh-oleh di Tanah Lot/Fuji Adriza

Pas traveling musim hujan, kamu bisa mengisi waktu dengan ikut workshop. Biasanya sih di destinasi wisata itu yang banyak workshop memasak, melukis, memahat, atau bikin kerajinan tangan. Lumayan juga ‘kan. Pulang-pulang, kamu bawa skill baru.

Selain itu kamu juga bakal bisa lebih menghargai karya seni. Abis ikutan workshop-workshop itu kamubakal jadi nggak “afgan” lagi buat nawar karya seni sampai cuma tinggal “harga modal.” Nah, Ubud cocok banget nih buat kamu yang mau ikutan workshop.

5. Yang trotoarnya bagus—supaya kamu nggak sering kecipratan

ubud writers & readers festival
Trotoar di Ubud/Fuji Adriza

Pasti kamu nggak pengen ‘kan pas jalan terus kamu kecipratan kubangan yang digilas sama motor atau mobil? Nah, makanya pilih destinasi yang banyak ruas trotoar yang bagus. Tapi memang kalau di Indonesia agak susah nyari destinasi yang trotoarnya bagus.

Destinasi-destinasi turistik yang trotoarnya bagus itu misalnya Jogja, Malang, dan Ubud. Tapi, kota-kota kecil juga biasanya trotoarnya bagus, kok.

Jadi, udah kebayang mau traveling ke mana pas musim hujan?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Tips Bikin Bujet Traveling ala Dayu Hatmanti

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Ngobrolin Fotografi Perjalanan bareng Ingga Suwandana

#dirumahajaItinerary

Tuliskan Perjalananmu, Mumpung Lagi di Rumah Aja

#dirumahajaItinerary

Bincang-bincang Dampak COVID-19 pada Industri Pariwisata bareng Womentourism.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *