#dirumahajaItinerary

Menyambut Tahun Baru 2021 #dirumahaja? Nggak Masalah!

Tinggal menghitung hari untuk kita meninggalkan tahun 2020, dan menyambut tahun 2021 yang pastinya penuh dengan harapan dan perubahan di setiap rencana hidup kita. Tapi, ada  yang beda nih tahun baru 2021 sama tahun-tahun sebelumnya.

Sebelum pandemi COVID-19, tahun baru identik dengan kemeriahan, pesta kembang api, tiupan terompet, gemerlapnya tengah malam dan keramaian. Namun, di akhir tahun ini, kita semua—mau tidak mau, suka tidak suka—harus merayakan pergantian tahun dengan tetap berada #dirumahsaja, dengan kegiatan yang tidak menimbulkan keramaian demi menekan jumlah kasus COVID-19.

Tapi, jangan sedih dulu, meskipun kegiatan di luar rumah dilarang, kamu tetep bisa kok merayakan tahun baru nanti tapi tetap di rumah aja. Yah, walau istilah “gada loe ga rame”, tapi adanya keluarga pasti tetep rame dan seru kok.

Nih, TelusuRI kasih beberapa rekomendasi buat kamu supaya tahun baruan #dirumahaja–nya nanti tetep rame dan seru!

1. Barbeque bareng keluarga

tahun baru 2021 di rumah aja

Foto: Unsplash/Stephanie McCabe

Kegiatan yang satu ini sudah semacam tradisi untuk sebagian orang dalam merayakan pergantian tahun, baik bersama sahabat maupun sanak saudara. Nah, buat tahun ini kalian bisa bebakaran di rumah aja, cukup dengan keluarga inti sambil ngobrolin hal-hal sederhana yang mungkin jarang kalian lakukan karena kesibukan masing-masing anggota keluarga.

Tapi inget ya, tetep nggak boleh ramai-ramai karena nanti bisa kena semprit dari perangkat RT. Tetap jaga jarak, tetap sering-sering cuci tangan karena COVID-19 nggak mengenal hubungan keluarga. 

Nah, biar tambah seru, kalian bisa bebakaran sambil diselingi permainan yang seru, atau bisa juga sambil nonton film, dan bercengkrama satu sama lain sambil melihat bintang. Selain membuat malam tahun baru jadi seru, hal ini juga bisa menambah kedekatan kamu sama keluarga loh.

2. Nonton film

tahun baru 2021 di rumah aja

Foto: Unsplash/Joseph Pearson

Libur panjang, tahun baru tapi gak kemana-mana? Tenang. Buat kamu yang hobi nonton, kamu bisa menghabiskan waktu dengan nonton Netflix series, VIU, YouTube, atau aplikasi pemutar film lainnya sambil menunggu pergantian tahun.

“Bosen ah nonton sendiri..”

Nah, biar gak bosen nontonnya jangan sendiri dong, ajak juga keluargamu (nobar) biar agak ramean!

Untuk list film yang ditonton tergantung dari genre apa yang kamu suka, atau film apa yang ingin ditonton. Tapi, kamu juga bisa nonton film rekomendasi dari TelusuRI tentang serial perjalanan: Ugly Delicious, Travel Man with Richard Ayoade,  Jack Whitehall: Travels with My Father, dan Restaurants on the Edge.

Atau buat kamu pecinta traveling, kamu juga bisa mengakhiri tahun 2020 dengan menonton film yang berbau wisata Indonesia, seperti: Aruna dan Lidahnya, Denias, Kulari ke Pantai, Negeri Dongeng, Pendekar Tongkat Emas, Trinity the Nekad Traveler, Semesta, dan 3 Hari untuk Selamanya”

3. Beberes rumah

tahun baru 2021 di rumah aja

Foto: Unsplash/Daniil Silantev

Tahun baru, harapan baru, suasana baru, pemandangan baru, cocok nih kalau kamu mulai menata ulang posisi-posisi barang yang ada di rumah bahkan di kamar kamu.

Kalau males beresin rumah karena lingkupnya lebih besar, beresin aja kamar kamu. Ubah penataan dari barang-barang yang ada di kamar dari yang besar sampai yang kecil. Barang-barang yang tidak terlalu sering digunakan bisa disimpan, dan yang nggak pernah digunakan bisa kamu berikan ke orang lain.

Kamu bisa mencari referensi penataan kamar yang estetik di Pinterest supaya kamarmu terlihat lebih luas, bersih, dan tentunya lebih cantik dengan sentuhan-sentuhan baru.

4. Membaca Buku

tahun baru 2021 di rumah aja

Foto: Unsplash/Kari Shea

Nah, kalo yang satu ini pasti udah jadi andalan kamu-kamu yang gemar membaca. Membaca buku itu nggak harus buku pelajaran atau buku dengan bahasan yang berat loh. 

Membaca buku juga bisa kamu andalkan sebagai kegiatan dikala menyambut tahun 2021 nanti. Buku apa sih yang dibaca? Apa ajanya sih tergantung buku seperti apa yang jadi kesukaanmu entah dari genrenya, ceritanya, bahkan penulisnya.

Nah, TelusuRI juga ada beberapa referensi buku perjalanan yang bisa kamu jadikan teman dalam menyambut tahun baru nanti, seperti:

  • “Jalan Raya Pos, Jalan Daedels (Pramoedya Ananta Toer)
  • Balada si Roy (Gola Gong)
  • Traveler’s Tale, Belok Kanan:Barcelona (Adhitya Mulya, Alaya Setya, Iman Hidayat, Ninit Yunita)
  • Supernova 2: Akar (Dee Lestari)
  • Edensor (Andrea Hirati), dan masih banyak lainnya.

Dari beberapa referensi di atas, mana nih yang belum pernah kamu baca?

5. Liburan dari rumah

tahun baru 2021 di rumah aja

Foto: Unsplash/Jessica Lewis

Ada banyak cara untuk traveling, termasuk ketika kamu lagi di rumah aja. Nah, pas malam tahun baru nanti, kamu bisa nih bikin liburan ala-ala dirumah aja seperti camping di halaman rumah bareng keluarga. 

Kamu bisa juga traveling lewat Google Earth atau Google Street View, nonton tur seni dan budaya lewat Google Arts & Culture, bahkan sampai nonton kanal-kanal perjalanan di YouTube. Nggak ada habisnya deh kalau soal ide liburan dari rumah. Banyak pilihan seru, dan menyenangkan tentunya!

Nah, itu tadi ada 5 ide kegiatan tahun baru di rumah aja dari TelusuRI. Selamat menyambut tahun baru, dan selamat liburan dari rumah.


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Tinggal di kaki Gunung Wali, tapi tak pernah bosan dengan indahnya dataran tinggi. Gemar memanjakan lensa mata dengan potret indah untuk disimpan.

Avatar

Tinggal di kaki Gunung Wali, tapi tak pernah bosan dengan indahnya dataran tinggi. Gemar memanjakan lensa mata dengan potret indah untuk disimpan.
Artikel Terkait
Itinerary

'Save’ Saung Angklung Udjo

Itinerary

Wisata di Kabupaten Batang, Ada Pantai dan Konservasi Lumba-Lumba

Itinerary

Membuka Mata untuk Danau Toba

ItineraryPilihan Editor

Mendaki Carstensz di Usia Remaja, Khansa Syahlaa Menemukan Pelajaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *