Itinerary

Tahun Baru di Jogja, Sebaiknya Hindari 5 Lokasi Ini

Tiap tahun, Jogja selalu jadi salah satu lokasi favorit buat merayakan tahun baru. Jutaan manusia dari segala penjuru bakalan berdatangan dan bikin kota itu jadi macet banget. Nah, supaya nggak terjebak macet pas tahun baru di Jogja, mending hindari 5 lokasi ini:

1. Kawasan Tugu Jogja

tahun baru di jogja

Suasana siang di Tugu Jogja/Fuji Adriza

Belum ke Jogja kalau belum ke Tugu Pal Putih. Makanya setiap hari menjelang senja, para wisatawan mulai berdatangan untuk foto-foto di areal Tugu Jogja yang terletak di perempatan Jalan Margo Utomo (eks Jalan Pangeran Mangkubumi) ini.

Tahun baru, jumlah orang yang berkeliaran di kawasan ini jadi jauh lebih banyak. Kalau kamu jalan kaki atau naik sepeda, mungkin nggak masalah. Beda cerita kalau kamu naik kendaraan bermotor—macet! Makanya Kawasan Tugu sebaiknya kamu hindari waktu tahun baru di Jogja.

2. Malioboro

tahun baru di jogja

Pedestrian Malioboro/Fuji Adriza

Jalan Malioboro adalah jalannya para turis, baik dari dalam maupun luar negeri. Ramai sekali para pelancong yang lalu-lalang di sini. Kalau suka belanja, kamu pasti bakal betah banget di Malioboro. Banyak yang jualan batik, kaos, dan beragam aksesori unik yang bakal susah kamu temui di tempat lain.

Tahun baru, Malioboro akan membludak. Supaya nggak macet oleh kendaraan, beberapa kali Malioboro disterilkan pas tahun baru. Tapi, ya, tetap saja rame minta ampun. Masalahnya, Malioboro adalah jalur buat ke Kilometer Nol yang biasanya jadi pusat perayaan tahun baru di Jogja.

3. Kilometer Nol

tahun baru di jogja

Foto udara Kilometer Nol Jogja/Syukron

Jalan sedikit ke selatan dari Jalan Malioboro, kamu akan melintasi Jalan Margo Mulyo (eks Jalan Ahmad Yani), kemudian tiba di Kilometer Nol. Bukan, bukan Kilometer Nol di Pulau Weh, tapi Kilometer Nol Jogja.

Titik legendaris yang konon dulunya adalah lokasi pertemuan para aktivis dan sastrawan Jogja ini adalah tempat favorit buat merayakan tahun baru di Jogja. Orang-orang rela berjubelan hanya untuk merasakan sensasi melihat pertunjukan kembang api warna-warni. Tapi, kalau kamu nggak suka macet, sebaiknya hindari lokasi ini.

4. Bukit Bintang

tahun baru di jogja

Macet pada malam tahun baru di Bukit Bintang/Fuji Adriza

Romantis sih romantis. Tapi Bukit Bintang yang terletak di perbatasan Kabupaten Bantul dan Gunung Kidul ini bakalan macet minta ampun pas malam pergantian tahun. Namanya bukit pasti jalanannya miring. PR banget kena macet di sana.

Kalau cuma mau lihat pertunjukan kembang api dari ketinggian, kamu nggak mesti ke Bukit Bintang, guys! Sekarang ada spot yang lebih menarik, yaitu Tebing Breksi di Jalan Piyungan-Prambanan. Letaknya juga di ketinggian dan kalau malam lebih sepi dibanding Bukit Bintang.

5. Kaliurang

tahun baru di jogja

Gunung Merapi akan tampak semakin jelas di Kaliurang atas/Fuji Adriza

Kalau diterusin sampai ujung, Jalan Kaliurang akan berakhir di… Kaliurang. Letaknya di lereng Gunung Merapi, makanya dingin banget—apalagi malam hari. Kaliurang yang berada di Kabupaten Sleman ini juga jadi salah satu lokasi favorit buat tahun baru di Jogja.

Tapi, ya itu. Karena jadi lokasi favorit, orang-orang berbondong-bondong ke Kaliurang buat merayakan tahun baru. Kalau cuma pengen tahu Kaliurang itu kayak gimana, mending tahan dulu keinginanmu. Jangan ke sana pas tahun baru. Pas hari liburan biasa aja.

Mudah-mudahan kamu nggak kena macet pas ngerayain tahun baru di Jogja, ya.

Avatar

Pembaca realisme magis dan catatan perjalanan.
Related posts
Itinerary

Baca Ini Dulu sebelum Melancong ke Wakatobi

Itinerary

3 Hal yang Bikin Traveling Jadi Kurang Seru

Itinerary

Makanan Seperti Apa yang Tepat Disantap saat Traveling?

Itinerary

5 Ide Liburan Musim Hujan

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *