Itinerary

Ponsel Rusak pas Traveling? Inilah 3 Benda yang Bakal Menyelamatkanmu

Pas traveling, kebanyakan pejalan zaman sekarang sangat tergantung sama ponsel pintar. Dipikir-pikir, wajar saja. Ponsel sekarang ‘kan sudah dilengkapi beragam fitur dan aplikasi yang bisa bikin perjalanan jadi lancar—dan bisa diprediksi.

Tapi, namanya barang elektronik, mungkin saja suatu saat ponsel pintarmu itu tiba-tiba rusak di tengah jalan.  Nah, pas ponsel pintarmu rusak, tiga benda inilah yang bakal menyelamatkanmu:

traveler jaman old
Catatan harian via pexel.com/Pixabay

1. Buku catatan

Sebagai pejalan yang terencana, tentulah kamu merancang itinerary sebelum melakukan perjalanan. Semuanya kamu tulis dalam buku catatan—jadwal, bujet, rute, alamat penginapan, nomor telepon darurat (dan nomor telepon pasangan), dsb. Buku catatan itu tentu saja nggak ditinggalkan di rumah, tapi dibawa pas jalan-jalan.

Kalau ponselmu rusak, buku catatan itu bakal berguna banget buat referensi. Bingung nyari alamat atau rute menuju sebuah destinasi, kamu tinggal intip buku catatan itu. Kalau mau menghubungi orang terdekat, kamu juga tinggal lihat nomor teleponnya di dalam buku itu.

pejalan yang bertanggung jawab ponsel rusak
Membaca peta via pexels.com/Rawpixel

2. Peta

Benda lain yang bakal berguna banget kalau ponselmu mati total pas jalan-jalan adalah peta yang kamu beli (atau cetak) sebelum berangkat. Dengan peta itu, kamu bisa menemukan posisimu sekaligus mencari rute paling menarik buat ke suatu tempat.

Tapi, karena membaca peta nggak semudah mengikuti aplikasi peta di ponsel pintar, sebaiknya sebelum traveling kamu belajar dulu gimana caranya membaca peta. Kamu bisa belajar ke temen-temen pejalan lain yang bisa baca peta atau, kalau males, kamu bisa browsing artikel-artikel di internet.

traveling sebelum mulai kuliah
Menentukan arah via pexels.com/Valentin Antonucci

3. Kompas

Kalau ponselmu mati di tengah kota, kamu nggak bakal kesulitan menentukan posisimu dan mencari rute untuk melanjutkan perjalanan atau pulang ke penginapan. Tapi, gimana kalau ponselmu mati pas di tempat sepi, terus hari sedang mendung dan kamu nggak bisa menentukan posisi matahari?

Nah, kalau kamu terjebak dalam situasi kayak gitu, kompas bakal terasa berguna banget. Kamu nggak perlu bawa kompas geologi yang canggih itu, yang bisa dipakai buat menentukan kemiringan medan. Yang kamu bawa cukup kompas kecil yang sudah bisa nunjukin mana utara, selatan, barat, dan timur.

Jadi, buat jaga-jaga seandainya ponselmu mati tiba-tiba dan nggak bisa dihidupkan lagi pas traveling, selalu siapkan tiga benda di atas, Sob!


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

Seharian di Semarang, Bisa Traveling ke mana Aja?

Itinerary

5 Jurus Jitu biar Nggak Stres pas Traveling

Itinerary

Berkenalan dengan "Dol," Alat Musik Tradisional dari Bengkulu

Itinerary

5 Tanda Kamu Sudah Terbiasa Traveling Sendirian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *