Itinerary

5 Jurus Jitu biar Nggak Ketinggalan Pesawat

Kamu pasti sebel banget kalau ketinggalan pesawat. Jadwal jalan-jalanmu hampir dipastikan bakal jadi berantakan. Belum lagi kamu mesti ngeluarin duit lebih buat beli tiket baru.

Nah, untuk meminimalisir kemungkinanmu buat ketinggalan pesawat, ini TelusuRI kasih lima jurus jitu yang diramu khusus buat kamu:

1. Untuk perjalanan yang sudah terencana, “packing” sehari sebelum keberangkatan

Kelihatannya packing memang sederhana. Kamu tinggal ngumpulin barang-barang yang mau dibawa terus dimasukin deh ke dalam ransel atau koper. Tapi, kenyataannya nggak sesimpel itu, Sob.

Supaya efektif dan efisien, kamu mesti mempertimbangkan banyak hal sebelum packing, misalnya berapa lama kamu jalan-jalan, ke mana saja kamu bakal jalan-jalan, aktivitas apa saja yang bakal kamu lakukan. Buat mempertimbangkan hal itu, kamu perlu menyediakan waktu yang agak lama.

Transit di bandara via pexels.com/Negative Space

2. Sediakan interval yang agak lama antara kedatangan di bandara dan batas waktu “check-in”

Prosedur naik pesawat dari bandara nggak sesederhana tata cara naik bis dari terminal. Untuk bisa tiba ke gerbang keberangkatan, kamu mesti melewati berbagai “rintangan,” antara lain check-in, antre melaporkan bagasi, dan pemeriksaan keamanan (yang bisa saja berlapis-lapis, tergantung bandaranya).

Jadi, sediakan jeda waktu yang agak lama antara kedatanganmu di bandara dan batas jadwal check-in. Soalnya kita nggak pernah tahu kalau tiba-tiba antrean check-in mengular.

Pesawat kecil via pexels.com/Ibrahim Asad

3. Mending beli tiket “connecting” ketimbang putusan

Untuk penerbangan yang mengaruskanmu buat transit alias ganti pesawat, sebaiknya kamu membeli tiket connecting ketimbang putusan. Soalnya, kamu bakal repot sendiri kalau penerbangan pertamamu delay sampai berjam-jam, pesawatmu telat tiba di bandara transit, terus kamu ketinggalan pesawat ke tujuan selanjutnya.

Kalau beli tiket terusan, kamu bisa minta pertanggungjawaban ke airline yang bersangkutan. Tapi, kalau kamu beli tiket ketengan, apalagi airline-nya beda, kecil kemungkinannya kamu bisa minta tiket ganti atau kompensasi.

dunia traveling
Ilustrasi pesawat via pexels.com/Pixabay

4. Cermati “boarding pass” dan pantau terus jadwal keberangkatan pesawat

Setelah boarding pass kamu pegang, cermatilah lembaran kertas itu. Coba kroscek lagi sama monitor jadwal keberangkatan yang tersebar di sana-sini seantero bandara. Kalau ada yang aneh, misalnya gerbang keberangkatan pesawatmu yang tertera di boarding pass dan di monitor itu beda, coba konfirmasi lagi ke counter atau ke petugas-petugas yang lalu-lalang di bandara.

naik pesawat atr 72
Sedikit di atas awan/Fuji Adriza

5. Segera ke gerbang keberangkatan begitu dapat “boarding pass”

Setelah mencermati boarding pass, segeralah pergi ke ruang tunggu dekat gerbang keberangkatan. Jangan ditunda-tunda lagi—apalagi kalau bandaranya seluas Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Di sana kamu bisa duduk-duduk manis sambil menunggu pemberitahuan soal jadwal boarding.

Itulah lima jurus jitu supaya kamu nggak ketinggalan pesawat, Sob. Selamat mencoba!


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

Seharian di Semarang, Bisa Traveling ke mana Aja?

Itinerary

5 Jurus Jitu biar Nggak Stres pas Traveling

Itinerary

Berkenalan dengan "Dol," Alat Musik Tradisional dari Bengkulu

Itinerary

5 Tanda Kamu Sudah Terbiasa Traveling Sendirian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *