Itinerary

Pasar Kangen Jogja, Menikmati Kuliner “Jaman Old” dan Berburu Barang Lawas

Pasar Kangen Jogja diadakan untuk mengenang “jaman old.” Dalam ajang tahunan yang sudah eksis sejak 2007 ini kamu bakal menjumpai aneka kuliner langka dan barang-barang antik yang sebagian mungkin jadi buruan para kolektor.

Lalu, apa saja kuliner dan artefak masa lalu yang bisa kamu temukan di Pasar Kangen Jogja?

Aneka jajan pasar dan wedangan

Setahun sekali, aneka makanan, jajan pasar, dan wedangan yang sudah jarang ditemukan, kopdar di Pasar Kangen Jogja. Biasanya, stan kuliner disebar di halaman Taman Budaya Yogyakarta, venue Pasar Kangen.

lapak buku lawas
Lapak buku lawas di Pasar Kangen/Septiara Yuasga

Kamu bisa mencicipi geplak, lempeng, geblek (bukan pisuhan, tapi jajan pasar olahan ketela khas Kulonprogo), serabi kocor, es goreng, dll. Untuk mengobati dahaga, kamu bisa menyeruput minuman yang bikin anget, misalnya wedang jahe, wedang uwuh, bandrek, bir pletok, atau jamu-jamu langka yang sekarang lebih sering dikenang ketimbang diminum.

Yang bikin gembira, harga makanan dan minuman di Pasar Kangen Jogja ramah sekali di dompet. Harganya ada dalam kisaran Rp2.000-20.000.

Dari kerajinan tangan, barang antik, sampai buku lawas

Di Pasar Kangen Jogja, kamu juga bakal menjumpai aneka kerajinan tangan seperti tas dari karung goni, totebag rajutan, hiasan bunga cantik dari botol plastik, sampai kaos custom yang bisa dihiasi dengan lukisan wajahmu sendiri.

pasar kangen
Pertunjukan jathilan/Septiara Yuasga

Kalau suka barang-barang antik, kamu pasti bakal senang sekali menjelajahi Pasar Kangen. Lantai dasar Taman Budaya Yogyakarta selama gelaran biasanya dipenuhi oleh banyak lapak yang menjajakan barang-barang antik, dari mulai porselen, keris, kaset, koin-koin tua, sampai majalah dan buku lama.

Di halaman, penyelenggara menyediakan sebuah panggung yang tak pernah sepi selama gelaran Pasar Kangen. Setelah lelah keliling, kamu bisa duduk di kursi yang sudah disediakan untuk menonton tarian tradisional, wayang, atau pertunjukan teater sambil menikmati jajan pasar dan wedangan.


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Septiara Yuasga

Aku tak sesempurna yang kau pikirkan Masih perlu banyak belajar Perbaiki diri ini lagi dan lagi Luruskan NIAT
Related posts
Itinerary

Naik Gunung Sendirian, Inilah 4 Hal yang Bakal Kamu Dapatkan

Itinerary

5 Rekomendasi Kafe untuk Ngopi Asyik di Semarang

Itinerary

Mau Naik Gunung Musim Kemarau? Jangan Lupakan 5 Benda Berikut

Itinerary

5 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Mendaki Gunung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *