Itinerary

6 Tempat Wisata Ikonis di Kebumen

Mungkin belum banyak yang tahu kalau Kebumen, Jawa Tengah, seru sekali untuk dijelajahi. Pasalnya, meskipun cuma kabupaten kecil, Kebumen punya banyak destinasi wisata yang sudah tenar dari dulu.

Dari sekian banyak tempat wisata di Kebumen, inilah enam lokasi yang paling ikonis:

1. Pantai Karangbolong

Pantai yang berada di Kecamatan Ayah, Gombong, ini dipercaya sebagai lokasi peristirahatan Nyi Roro Kidul. Meskipun penuh mitos, pantai ini tetap menarik secara fisik. Kalau tak percaya, cobalah datang sore hari untuk menyaksikan betapa menawannya matahari terbenam.

Selain sunset yang keren, yang membuat tempat wisata di Kebumen ini menarik adalah keberadaan Goa Karangbolong tempat ribuan lawet alias walet bersarang.

wisata di kebumen
Benteng van Der Wijck via TEMPO/Aris Andrianto

2. Benteng Van der Wijck

Sudah nonton film laga The Raid: Brandal, film horor Pocong: The Origin, atau film karya sineas legendaris Garin Nugroho Tim Bui? Kalau sudah, sepertinya kamu perlu tahu kalau lokasi pengambilan gambar ketiga film itu adalah di Benteng Van der Wijck yang berada di pusat kota Gombong.

Di Benteng Van der Wijck yang berbentuk pentagon ini, kamu bisa menambah wawasan soal sejarah zaman kolonial. Kalau kamu rindu masa kecil, mungkin kamu juga bisa mencoba wahana-wahana permainan anak-anak seperti mandi bola dan boom-boom car yang ada di sekitar tempat wisata di Kebumen yang satu ini.

3. Goa Barat

Sebagaimana Pacitan, Kebumen adalah negeri seribu goa. Kalau tak percaya coba kamu hitung saja sendiri. Salah satu yang terkenal adalah Goa Barat di Kecamatan Rowokele. Goa ini jadi viral karena keberadaan air terjun setinggi 32 meter di bagian dalamnya. Denny Sumargo saja sampai takjub saat bertualang ke sini.

Untuk masuk tempat wisata di Kebumen yang satu ini, kamu perlu peralatan khusus. Tapi, tenang saja, nanti kamu bakal dipandu oleh ahlinya. Pokoknya, kamu tinggal menyiapkan stamina dan mental saja untuk melihat pemandangan indah di bawah sana.

wisata di kebumen
Pantai Menganti via id.wikipedia.org/Nakkutosari

4. Pantai Menganti

Orang-orang menjuluki Pantai Menganti sebagai “Bali van Java.” Sebab, pasir putih yang menghampar membuat tempat wisata di Kebumen yang satu ini secara sekilas tampak seperti Pantai Kuta yang ada di Kabupaten Badung, Bali.

Pantai Menganti juga diperindah oleh hamparan perbukitan dan beberapa spot foto hasil kreativitas warga setempat. Makanya, pantai ini selalu ramai pengunjung, terutama ketika hari libur.

5. Bukit Petulu Indah

Selain Goa Barat, saat ke Kebumen Denny Sumargo juga mampir ke Bukit Petulu Indah yang super kece. Bukit yang seolah-olah berada di atas awan ini penuh pohon pinus yang berjejer rapi dan gardu di atas pohon tempat wisatawan bisa menikmati pemandangan, yakni hamparan perbukitan serta Gunung Sumbing dan Sindoro.

Di tempat yang berada di Kecamatan Karangsambung ini, kamu juga bisa kemping. Suasananya enak banget. Tenang dan sejuk. Habis kemping di tempat wisata di Kebumen yang satu ini, mungkin kamu bakal menemukan apa yang kamu cari-cari selama ini: inner peace. Omong-omong, harga tiketnya sangat terjangkau, yakni Rp5.000/orang plus biaya parkir kendaraan (motor Rp2.000).

wisata di kebumen
Batuan metamorf di kawasan Geowisata Karangsambung, Kebumen via TEMPO/Aris Andrianto

6. De Krakal Pemandian Air Panas

Setelah lelah menelusuri keelokan Kebumen, kamu bisa relaksasi di Pemandian Air Panas De Krakal. Konon, atraksi wisata di Kebumen yang satu ini sudah ada sejak seabad yang lalu. Masyarakat setempat percaya bahwa mandi di De Krakal bisa menyembuhkan penyakit gatal-gatal.

Yang bikin menarik, arsitektur bangunan De Krakal bergaya Yunani. Pemandian air panas ini juga dilengkapi dengan kolam renang, kebun binatang, dan lokasi untuk selfie. Kalau tertarik, kamu bisa langsung datang ke Desa Krakal, Kecamatan Karangsambung.

Jadi, tertarik buat ke Kebumen?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Related posts
Itinerary

Naik Gunung Sendirian, Inilah 4 Hal yang Bakal Kamu Dapatkan

Itinerary

5 Rekomendasi Kafe untuk Ngopi Asyik di Semarang

Itinerary

Mau Naik Gunung Musim Kemarau? Jangan Lupakan 5 Benda Berikut

Itinerary

5 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Mendaki Gunung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *