Itinerary

Buang Sampah Sembarangan di Pantai Indrayanti, Siap-Siap Kena Sanksi

Belakangan ini nama Pantai Indrayanti di Gunungkidul, DI Yogyakarta, makin tenar di kalangan traveler. Areal pantai yang putih bersih dan air lautnya yang jernih bikin Indrayanti jadi salah satu idaman wisatawan lokal maupun luar.

Tapi, cantik-cantik begini Pantai Indrayanti pernah memicu kontroversi. Dulu pernah ada salah paham antara pihak Keraton dengan pengelola pantai. Karena perseteruan tersebut, berhembus kabar bahwa Pantai Indrayanti akan ditutup. Nyatanya, sampai saat ini belum ada tindak lanjut. Aktivitas pengelola dan wisatawan pun tetap berjalan dengan normal.

Yang dipermasalahkan ada dua, yakni izin usaha dan penamaan pantai secara sepihak.

Polemik kedua ini yang menarik. Jadi, sebelum sepasang suami-istri bernama Indra dan Yanti membuka kafe dan restoran di sana, pantai ini bernama Pulang Syawal (belakangan ada yang menyingkatnya jadi Pantai Pulsa).

Karena dirasa susah diingat, Indra dan Yanti mengubah nama pantai ini jadi… Indrayanti. Nama Indrayanti jadi viral dan terlupakanlah Pulang Syawal.

Denda “ceban” buat yang buang sampah sembarangan

Kebersihannya bikin banyak wisatawan menyama-nyamakan keindahan Pantai Indrayanti dengan pantai-pantai keren di Bali. Yang bikin Pantai Indrayanti terjaga kebersihannya adalah diterapkannya aturan denda buat siapa saja yang buang sampah sembarangan di sini. Dendanya lumayan, Rp 10.000.

pantai indrayanti

Pantai Pulang Syawal tampak dari atas via SkyGrapher.id/Kuza Ery

Selain bersih, pantai ini punya fasilitas cukup lengkap. Di sini ada penginapan dengan harga terjangkau (antara Rp 100.000 hingga Rp 350.000), toilet, musala, dan wahana permainan anak yang bisa dipakai secara gratis oleh para pengunjung. Ada pula restoran dan kafe yang menyuguhkan kuliner khas dengan harga terjangkau.

Ini nih yang paling seru: kamu bisa main jetski di sini. Buat muter-muter sekitar 15 menit, kamu cuma perlu bayar Rp 250.000.

Dari Jogja, cuma perlu waktu sekitar dua jam untuk tiba di pantai ini. (Kamu bisa pilih, lewat Kota Wonosari atau lewat Panggang.) Letak persisnya di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Biaya retribusinya pun sangat murah, yaitu Rp 10.000. Kalau ke Jogja, jangan lupa telusuRI Pantai Indrayanti, ya!


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Related posts
#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Tips Bikin Bujet Traveling ala Dayu Hatmanti

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Ngobrolin Fotografi Perjalanan bareng Ingga Suwandana

#dirumahajaItinerary

Tuliskan Perjalananmu, Mumpung Lagi di Rumah Aja

#dirumahajaItinerary

Bincang-bincang Dampak COVID-19 pada Industri Pariwisata bareng Womentourism.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *