Itinerary

7 Jurus Jitu biar Mudik Naik Kapal Jadi Lebih Seru

Kamu berencana naik kapal laut mudik Lebaran 2019 ini? Kalau iya, mending kamu simak dulu deh beberapa tips mudik naik kapal berikut supaya perjalanan kamu jadi lebih lancar dan seru.

mudik naik kapal
Perhatikan jadwal keberangkatan kapal/Rawpixel

1. Perhatikan jadwal keberangkatan dan lama perjalanan

Satu hal yang mesti kamu tahu: perjalanan mudik naik kapal laut durasinya nggak sesingkat naik pesawat. Kamu bisa berhari-hari di tengah laut sebelum kapalmu sandar di sebuah pelabuhan. Makanya kamu mesti hitung-hitung benar jadwal liburmu. Pastikan jatah cutimu cukup buat perjalanan panjang naik kapal.

Satu hal lagi: jangan datang terlalu mepet sebelum jadwal keberangkatan—apalagi sampai telat. Begitu para penumpang dipersilakan buat naik, segeralah bergerak ke dek supaya kamu dapat posisi yang enak.

mudik naik kapal
Kecap ABC dan kecap Bango yang dijual di salah satu swalayan, Jakarta, Jumat, 8 Juni 2007 via TEMPO/ Muradi

2. Bawa makanan yang tahan lama

Pada waktu-waktu tertentu, awak kapal biasanya menyediakan makanan buat para penumpang. Tapi, belum tentu makanan yang disajikan itu bakal sesuai sama selera kamu.

Makanya ada baiknya kalau kamu bawa makanan-makanan tahan lama seperti rendang kering, kering kentang, dsb. Buat memperkaya rasa makanan-makanan itu, nggak ada salahnya juga kalau kamu bawa kecap dan saus.

mudik naik kapal
Obat-obatan pribadi/Stevepb

3. Bawa obat-obat pribadi

Supaya nggak repot sendiri mencari apotek di tengah laut, ada baiknya kamu bawa obat-obatan pribadi pas mudik naik kapal, misalnya obat diare, anti-mabok, anti-pusing, dan obat demam. Kalau bisa, taruh obat-obatan itu dalam wadah khusus supaya gampang dicari.

Seandainya sakitmu sudah nggak bisa lagi diatasi sama obat-obatan pribadi yang kamu bawa, kamu bisa pergi ke dokter yang stand by di kapal.

Ilustrasi perhiasan via TEMPO/Nurdiansyah

4. Hindari membawa barang berharga berlebihan dan mencolok

Nggak usah deh pakai perhiasan secara berlebihan. Itu sama saja ngasih celah buat para pelaku kejahatan. Kalau perhiasan yang kamu pakai sampai hilang, nggak ada yang bakal lebih menyesal selain dirimu sendiri, Sob.

Selain itu, kamu juga mesti selalu menjaga barang berharga yang kamu bawa. Setiap saat setiap waktu, pastikan barang-barang itu selalu berada dalam “perlindunganmu.”

Sekoci kapal/Nostradamuskk

5. Pahami petunjuk keselamatan di kapal

Sebelum berangkat mudik naik kapal, pastikan kamu sudah benar-benar memahami petunjuk-petunjuk keselamatan di kapal.

Kamu mesti tahu apa saja yang harus kamu lakukan dalam kondisi darurat—nggak panik, memakai pelampung, bergerak lewat jalur evakuasi, dsb. Kalau kamu masih bingung, jangan segan-segan buat nanya ke awak kapal.

Membaca buku via StockSnap

6. Bawa buku atau benda-benda lain yang bisa ngusir rasa bosan

Di laut, kadang ada masanya sinyal ponsel bakal terganggu dan kamu nggak bisa nelpon apalagi ngakses internet. Kalau sudah begitu, pasti rasa bosan bakal menyerang.

Buat mengantisipasi munculnya rasa jemu, sebaiknya kamu bawa benda-benda yang bisa bikin kamu sibuk, misalnya buku, board games, kartu remi, bola bekel—tapi meja pingpong jangan.

Semburan sebelum matahari terbit/Bogitw

7. Sempatkan menyaksikan matahari terbit dan tenggelam

Naik kapal laut, kamu punya kesempatan buat mengawali hari dengan nonton sunrise dan mengakhirinya dengan melihat sunset. Dari kapal, matahari terbit dan tenggelam keren banget, Sob! Nggak ada yang menghalangi matahari keluar-masuk garis langit… kecuali awan kalau lagi mendung.

Gimana? Sudah siap mudik naik kapal?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Dewi Rachmanita Syiam

Menggemari perjalanan, musik, dan cerita.
Related posts
Itinerary

5 Jurus Jitu yang Bikin Traveling Solo Makin Seru

Itinerary

4 Oleh-oleh Sepulang Naik Gunung

Itinerary

Jurus Jitu supaya Bawaan Ringkas pas Traveling

Itinerary

Jurus Jitu Traveling bareng Pasangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *