Itinerary

5 Hal yang Harus Kamu Bawa saat Traveling di Indonesia

Lagi deg-degan mau traveling pertama kali di Indonesia terus bingung mau bawa apa saja? Nggak usah khawatir, Sob. Kamu ada di tempat yang benar.

Sebenarnya yang harus dibawa standar-standar saja, seperti pakaian ganti, obat-obatan pribadi, perlengkapan pendukung dari alat-alat elektronik kamu, dll. Tapi, selain perlengkapan-perlengkapan “standar” itu, pas traveling di Indonesia kamu disarankan buat bawa hal-hal berikut:

Gunung Batur/Syukron

1. Kain sarung

Kain sarung ini multifungsi, Sob. Ada yang memakainya untuk beribadah, ada yang buat piknik, ada yang buat melindungi diri dari udara dingin, ada yang buat selimut, dll. Ketebalan sarung juga cocok banget sama iklim tropis.

Karena multifungsi, kain sarung bisa menghemat ruang dalam tas kamu. Nah, di zaman ketika biaya bagasi pesawat melambung seperti ini, menghemat ruang dalam ransel juga berarti menghemat biaya, Sob!

2. Krim antinyamuk

Benda satu ini berguna banget saat kamu tertahan di sebuah tempat, entah karena kemalaman atau karena jadwal keberangkatan angkutannya memang ngaret. (FYI, jadwal ngaret bukan fenomena luar biasa di Indonesia.)

Biasanya sih tempat-tempat umum kayak di atas itu juga jadi tempat nongkrong nyamuk-nyamuk nakal yang nggak segan-segan menghisap darah kamu. Jadi, ketimbang harus tepuk tangan sepanjang malam, mending bawa krim antinyamuk.

3. Bantal tiup atau bantal leher

Memang sekarang pesawat sudah menjangkau banyak daerah di Indonesia. Hanya saja kadang-kadang kantong kita nggak bisa menjangkau harga tiket pesawat itu; terpaksa deh naik bis atau kereta atau kapal.

Pas perjalanan panjang naik kapal, bis, atau kereta, apalagi yang memakan waktu sampai puluhan jam, bantal tiup atau bantal leher bakalan jadi sesuatu yang berguna banget. Percaya, deh!

gear musim hujan
“Flip-flop” alias sandal jepit/David Ortega

4. Sandal jepit

Sepatu mungkin bakal bikin kamu nyaman saat berpindah dari satu kota ke kota lain. Tapi, untuk urusan dalam kota, terutama di wilayah tropis kayak di Indonesia, sandal jepit adalah rajanya.

Hanya saja, kamu nggak bisa sepenuhnya percaya sama sandal jepit, soalnya kadang-kadang talinya bisa tiba-tiba putus. Makanya, sebelum memasukkan sandal jepit dalam ransel, periksa dulu kondisinya. Kalau tali karetnya sudah getas, kemungkinan buat putusnya bakalan lebih besar.

5. Uang koin

Sewaktu-waktu, entah pas kamu lagi dalam bis atau lagi makan di lesehan, bisa saja ada musisi jalanan yang datang dan menyanyikan lagu.

Tentu saja lagu itu nggak gratis. Begitu selesai bernyanyi mereka akan menyodorkan sebuah wadah untuk diisi dengan uang. Kamu memang bisa mengisinya dengan uang kertas. Tapi, Sob, musisi jalanan yang bakal mampir nggak cuma satu doang. Lama-lama tekor juga. Makanya, supaya hemat, selalu sediakan uang koin dalam saku celana.

Nah, kalau kamu sendiri gimana, Sob? Menurutmu apa barang penting yang harus dibawa pas traveling di Indonesia?

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

Naik Gunung Sendirian, Inilah 4 Hal yang Bakal Kamu Dapatkan

Itinerary

5 Rekomendasi Kafe untuk Ngopi Asyik di Semarang

Itinerary

Mau Naik Gunung Musim Kemarau? Jangan Lupakan 5 Benda Berikut

Itinerary

5 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Mendaki Gunung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *