Itinerary

3 Laku Sederhana Berikut Bisa Bikin Traveling Kamu Lebih Berkesan

Barangkali nggak sedikit di antara kamu yang menjalani hobi traveling demi dapat pengalaman seru.

Tapi, herannya, berkali-kali traveling kamu masih tetap merasa hampa dan merasa perjalanan cuma begitu-begitu saja: nggak ada pengalaman istimewa yang kamu dapatkan, nggak ada yang mengesankan, semua datar-datar saja. Kamu mulai mikir, “Apa gue sudahi aja hobi traveling ini? Mending anggaran traveling gue pakai buat yang lain.”

Sebelum bikin keputusan besar seperti itu, mending kamu coba praktekin dulu 3 laku sederhana berikut yang bakal bikin pengalaman travelingmu terasa lebih istimewa:

1. Lepaskan “headset”

Salah satu yang yang mungkin bikin perjalananmu terasa biasa-biasa saja adalah kamu nggak terlalu peduli dengan suasana sekitar. Kamu terlalu terpaku sama suara musik dalam “headset” sehingga abai sama suara-suara nyata di sekitarmu.

Selain itu, memakai headset juga akan mengurangi kesempatanmu untuk berinteraksi dengan orang-orang yang kamu temui di jalan. Melihat telinga kamu disumpal, orang-orang bakalan ragu untuk ngajak kamu ngobrol.

“Lho, gue kan butuh privasi,” ujarmu. Ya sudah. Berarti lebih baik kamu di kamar saja dan tidak ke mana-mana. Dan jangan berharap dapat cerita seru.

2. Naik transportasi publik

Makin ke sini menjelajahi sebuah tempat, apalagi kota, jadi makin gampang. Kita nggak perlu lagi mengeluh soal betapa jeleknya sistem transportasi publik sebab sekarang sudah menjamur jasa transportasi berbasis daring. Selain itu kamu juga bisa sewa motor atau mobil.

Tapi, naik transportasi publik seperti angkot atau bis, meskipun nggak terlalu bisa diandalin, bakal ngasih kamu pengalaman yang berbeda. Angkutan itu bakal membawa kamu ke lokasi-lokasi yang nggak diekspos, sisi lain sebuah destinasi yang cuma diketahui warga setempat.

Lokasi-lokasi itu memang mungkin nggak “Instagrammable,” nggak bakalan masuk dalam daftar “10 Destinasi yang Harus Dikunjungi di Kota X,” nggak bakal diulas sama TripAdvisor. Tapi kamu bakal melihat hal-hal yang mungkin luput dari perhatian pelancong kebanyakan.

3. Berpakaian sewajarnya

Dengan berpakaian sewajarnya, kamu bakalan bisa berbaur dengan tempat yang sedang kamu datangi. Kamu bisa nyamar jadi warga lokal dan kesempatan untuk melihat “sisi lain” dari tempat itu bakalan makin terbuka lebar.

Jalan-jalan pakai topi jerami atau kacamata hitam mungkin bakal bikin kamu kelihatan keren kalau di Instagram. Tapi, orang-orang yang kamu temui di jalan bakalan langsung bisa nebak kalau kamu itu turis. Bakalan susah untukmu buat luwes.

Sering kali, pas traveling, bakal lebih baik kalau kamu memosisikan diri sebagai kerikil, yang nggak digubris orang tapi bisa mengamati banyak hal yang bakalan jadi seru buat diceritakan di masa depan.

Jadi, kalau lagi bosan traveling, jangan buru-buru pensiun, ya! Cobain dulu tips-tips di atas.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
Itinerary

Masjid Menara Kudus, Kemegahan Arsitektur Kuno Warisan Sunan Kudus

Itinerary

Museum Layang-Layang Indonesia: Merawat Keelokan Budaya dengan Permainan

Itinerary

Melihat Koleksi Keris di Museum Keris Nusantara

Itinerary

Melawat ke Demak, Menyusuri Jejak Historis Walisongo (3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.