Itinerary

Suka Main Air? Ini 5 Curug Dekat Purwokerto yang Harus Kamu Datangi

Kalau kamu lagi jalan-jalan ke Purwokerto dan bingung mau ke mana, nggak ada salahnya buat mblusuk ke curug-curug yang tersebar di sekitar kota itu. Nih, TelusuRI kasih rekomendasi 5 curug dekat Purwokerto yang seru buat kamu kunjungi.

1. Curug Bidadari

curug dekat purwokerto

Main air di Curug Bidadari via instagram.com/itamissnyol

Letaknya di Desa Karangsalam, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas. Buat ke sana, kamu mesti ikuti jalan ke arah Baturraden yang terletak di kaki Gunung Slamet. Jangan lupa pasang mata baik-baik supaya kamu nggak melewatkan papan penunjuk jalan menuju Desa Karangsalam.

Sebelum main ke salah satu curug dekat Purwokerto ini, pastikan dulu kamu dalam keadaan fit. Soalnya perjalanan ke sana bakal lumayan menguras tenaga, pakai trekking melewati pematang sawah, jembatan bambu, dan merayap di batu. Tapi rasa capek setelah trekking bakal kebayar pas kamu tiba di Gua Lawang yang jadi pintu masuk ke Curug Bidadari.

2. Kedung Pete

curug dekat purwokerto

Bisa loncat-loncat di Kedung Pete via instagram.com/itamissnyol

Buat kamu yang nggak suka pete atau jengkol, nama curug dekat Purwokerto yang satu ini mungkin lumayan menyeramkan. Tapi, tenang saja, Kedung Pete tak ada hubungannya dengan pete yang biasa dimakan para penggemar kuliner… aromatik itu.

Curug di Kedung Pete sama sekali nggak tinggi. Makanya “lagunanya” tenang dan menyenangkan buat berenang. Tapi, Kedung Pete cocok banget buat kamu yang suka cliff jumping, sebab di sana ada tempat enak buat loncat ke dalam air.

3. Curug Jenggala

curug dekat purwokerto

Spot “instagrammable” di Curug Jenggala via instagram.com/itamissnyol

Kalau belum mampu bawa gebetan atau pasangan, setidaknya kamu mesti ke sana konvoi bareng teman-teman. Main ke Curug Jenggala sendirian cuma bakal bikin kamu menyakiti perasaan sendiri. Kenapa? Karena atraksi utama Curug Jenggala bukanlah air terjunnya, melainkan platform lambang cinta yang jadi lokasi favorit orang-orang buat foto-foto mesra.

Sama seperti Curug Bidadari dan Kedung Pete, Curug Jenggala juga sama-sama berada di Baturraden. Kalau mau ke sana, kamu tinggal main aja ke Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, sekitar 17 kilometer dari Purwokerto.

4. Telaga Sunyi

curug dekat purwokerto

Jernihnya permukaan Telaga Sunyi via instagram.com/itamissnyol

Seperti namanya, telaga ini memang sunyi—kalau lagi nggak rame. Sekilas, telaga ini bakal bikin kamu inget sama backdrop studio foto zaman baheula: permukaan air dengan gradasi warna biru, tebing batu berlapis lumut hijau, sulur-sulur yang terlalu kecil buat dijadiin mainan sama tarzan.

Telaga Sunyi bisa kamu temukan di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas. Dengan kendaraan bermotor, kamu bisa tiba di curug dekat Purwokerto ini dalam 30-40 menit. Jalan kaki tentu saja lebih lama.

5. Curug Gomblang

curug dekat purwokerto

Indahnya Curug Gomblang via instagram.com/itamissnyol

Curug Gomblang juga di kaki Gunung Slamet, tapi bukan di Baturraden. Lokasinya di Desa Baseh, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, sekitar 20 kilometer dari Kota Purwokerto. Ancer-ancer ke Curug Jomblang adalah SDN 2 Windujaya.

Curug dekat Purwokerto yang satu ini cukup unik, sebab air terjunnya nggak cuma satu, tapi dua. Satu besar, satu kecil. Kalau dilihat-lihat, kedua air terjun itu seperti sepasang adik-kakak. Air terjun yang besar lumayan tinggi, sekitar 25 meter, sementara yang kedua tingginya barangkali hanya setengahnya. Kalau kamu nggak mau basah-basah dan cuma mau foto-foto, di sini juga ada spot instagrammable kayak di Kalibiru.

Gimana? Nggak tergoda buat main ke 5 curug dekat Purwokerto itu?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
ItineraryNusantarasa

Ada Apa dengan Babi dalam Budaya Masyarakat Batak?

ItineraryNusantarasa

Menyantap Tiram Bakar Khas Barru

Itinerary

Masjid Menara Kudus, Kemegahan Arsitektur Kuno Warisan Sunan Kudus

Itinerary

Museum Layang-Layang Indonesia: Merawat Keelokan Budaya dengan Permainan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.