Itinerary

Pejalan! Kamu Wajib Punya 4 Skill Air Dasar Ini

Jalan-jalan menelusuri Indonesia, kamu bakal familiar sama air, entah sungai, danau, atau laut, bisa samudra luas atau cuma selat sempit yang memisahkan dua pulau. Nggak jarang pula kamu harus menyeberanginya naik getek, perahu, atau kapal.

Nah, karena bakal sering lalu-lalang di permukaan air, kayaknya kamu perlu melengkapi diri dengan 4 skill air dasar ini, deh:

1. Mengambang atau “floating”

Skill air dasar pertama yang mesti kamu punya adalah mengambang (floating). Sesuai dengan namanya, ini adalah kemampuan… mengambang di permukaan air tanpa bantuan pelampung.

Rahasianya sebenarnya cuma dua: kamu harus tenang dan mengatur pernapasan. Satu hal lagi yang perlu dicatat adalah kamu juga mesti paham perbedaan massa jenis (densitas) air tawar dan air asin. Air tawar punya densitas yang lebih rendah ketimbang air laut. Konsekuensinya kamu lebih gampang mengambang di laut daripada sungai atau danau.

2. “Treading water” atau “watertrappen”

Selain mengambang, kamu juga mesti bisa treading water atau yang di Indonesia lebih populer disebut watertrappen. Treading water ini bisa diartikan sebagai berenang tanpa berpindah tempat—atau floating dengan menggerakkan tangan dan kaki.

Teknik watertrappen ini bakal berguna banget saat kamu dipaksa keadaan untuk bertahan di tengah laut sampai bantuan datang. (Kalau cuma ngambang saja, bisa-bisa kamu dibawa arus ke samudra sebelah.)

3. Berenang

Kamu nggak perlu menguasai semua gaya renang. Satu atau dua gaya saja sudah cukup, yang penting kamu bisa berpindah di permukaan air hanya dengan memanfaatkan tangan dan kakimu sendiri.

Skill air dasar yang satu ini nantinya bakal meningkatkan rasa percaya dirimu pas di air. Kamu jadi nggak gampang panik dan lebih mampu untuk berpikir dengan jernih kalau, seandainya, terjadi sesuatu.

4. “Dynamic apnea”

Buat yang belum familiar, apnea bisa dijelaskan dengan singkat sebagai teknik menahan napas selama berada dalam air. Teknik ini, selain empat skill air dasar di atas, juga jadi salah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang scuba diver.

Apnea ini secara umum terbagi dua, yakni static (nggak berpindah) dan dynamic (berpindah). Nah, kemampuan dynamic apnea ini bakal sangat membantu kalau kebetulan kamu mesti menyelamatkan orang yang sedang tenggelam.

Itulah 4 skill air dasar yang mesti kamu punya. Jadi, kamu sudah bisa yang mana saja? Jangan-jangan sudah jago semuanya?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
Itinerary

5 Tempat Wisata yang Wajib dikunjungi saat di Lembang

Itinerary

Jalan-jalan ke Curug Cipamingkis, Bogor

Itinerary

Cerita dari Kampung Adat Kuta, Ciamis

Itinerary

Tempat-Tempat yang 'Hilang' di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.