Itinerary

Calon Maba! Inilah Alasan kenapa Kamu Harus Traveling sebelum Mulai Kuliah

Kamu pasti lagi seneng banget. Setelah capek-capek belajar intensif selama setahun terakhir, akhirnya kamu diterima sebagai calon mahasiswa baru.

Nah, mumpung sekarang masih bulan Juli dan perkuliahan baru dimulai satu atau dua bulan lagi, mending kamu traveling dulu deh. “Ngapain? Ngabis-ngabisin duit aja!” Jangan ngegas dulu. Mending baca dulu nih 5 alasan kenapa kamu harus traveling sebelum mulai kuliah:

1. Biar nggak gabut aja di rumah

traveling sebelum mulai kuliah

“The adventure begins” via pexels.com/Simon Migaj

Sebagaimana halnya kamu, orangtuamu juga pasti bangga anaknya akhirnya masuk bangku kuliah. Tapi, meskipun bangga bukan berarti orangtuamu bakal seneng-seneng aja lihat kamu gabut leyeh-leyeh di kasur. Sehari atau dua hari kayak gitu mereka mungkin masih maklum. Seminggu kamu gitu-gitu aja omelan pasti mulai terdengar.

Daripada diomelin karena gabut aja di rumah, mending traveling. Nggak perlu jauh-jauh sampai ke London atau Paris. Kamu bisa pergi ke rumah nenek atau rumah kerabat di kota sebelah, entah naik bis atau kereta.

2. Untuk menambah perspektif

traveling sebelum mulai kuliah

Sendiri di pinggir pantai via pexels.com/Tatiana

Perspektif alias sudut pandang adalah salah satu hal yang paling diperlukan dalam dunia perkuliahan. Semakin banyak perspektif yang kamu miliki, semakin mendalam kamu menganalisis sebuah persoalan. Kabar gembiranya, perjalanan bakal ngasih kamu banyak perspektif.

Tentu saja ada syaratnya: kamu harus mengamati situasi dan kondisi sekitar. Kalau kamu cuma sibuk di depan gawai buat meng-update feed Instagram, tentu kamu nggak bakal lihat banyak hal.

3. Agar lebih bersyukur

traveling sebelum mulai kuliah

Disinari kolom cahaya matahari via pexels.com/Min An

Kalau kamu masih jengkel karena diterima di jurusan pilihan kedua, ambil ransel di pojokan lalu pergi bertualang selama beberapa hari. (Jangan lupa minta izin sama orangtua!)

Dalam perjalanan, coba deh perhatikan: masih banyak di luar sana remaja yang nggak lanjut kuliah setamat SMA, entah karena nggak lulus saringan masuk perguruan tinggi atau malah karena nggak punya biaya. Artinya, meskipun kamu cuma diterima di pilihan kedua, kamu masih masuk dalam kategori manusia yang beruntung.

4. Supaya bisa rileks sebelum sibuk ngerjain tugas-tugas kuliah

traveling sebelum mulai kuliah

Menentukan arah via pexels.com/Valentin Antonucci

Kuliah beda banget dari sekolah. Kalau pas sekolah kamu bikin tugas di bawah “ancaman” guru, waktu kuliah kamu diberi kebebasan sama dosen. Bikin tugas, nilaimu bagus. Nggak bikin tugas, siap-siap ngulang tahun depan. Mandiri deh pokoknya.

Jadi nanti pas kuliah kamu bakal sibuk ngerjain tugas yang jumlahnya bejibun. Sebelum berkutat dengan tugas-tugas kuliah, ada baiknya kamu menyegarkan diri dulu dengan traveling.

5. Biar kamu punya sesuatu untuk diceritakan di masa depan

traveling sebelum mulai kuliah

Membuat cerita via pexels.com/Victor Freitas

Pengalaman-pengalaman kamu traveling bakal jadi memori yang bisa diceritakan di masa depan. Kalau misalnya kamu traveling bareng sahabat-sahabatmu, traveling sebelum mulai kuliah bakal jadi “kisah klasik untuk masa depan.”

Suatu saat cerita-cerita itu yang bakal bikin kamu dan sahabat-sahabatmu tertawa ngakak. Cerita-cerita itu jugalah yang nanti bakal bikin hari-harimu yang membosankan jadi terasa lebih terang dan ceria.

Jadi tunggu apa lagi? Buruan traveling sebelum kuliah kamu dimulai!


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
Itinerary

5 Tempat Wisata yang Wajib dikunjungi saat di Lembang

Itinerary

Jalan-jalan ke Curug Cipamingkis, Bogor

Itinerary

Cerita dari Kampung Adat Kuta, Ciamis

Itinerary

Tempat-Tempat yang 'Hilang' di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.