Events

Bakal Ada 80 Stan Kuliner Tradisional di Pasar Kangen Jogja 2018!

Mau ke Jogja tapi masih bingung cari-cari momen yang pas? Mungkin Pasar Kangen Jogja 2018 bisa jadi alasan kamu buat main-main ke Kota Gudeg.

Pasar Kangen Jogja tahun ini bakal berlangsung selama sepuluh hari mulai tanggal 7 sampai 16 Juli 2018. Lokasinya masih sama, yakni di Taman Budaya Yogyakarta (TBY) Jl. Sriwedani No. 1.

Tema yang diusung tahun ini adalah “Pesrawungan Ajur-ajer,” yakni hubungan kekerabatan yang ikhlas tanpa pamrih, saling menolong, memahami satu sama lain dalam kehidupan bermasyarakat.

Seperti gelaran-gelaran tahun sebelumnya, Pasar Kangen Jogja bakal menghadirkan kuliner-kuliner tempo dulu yang sekarang sudah jarang beredar di pasaran.

pasar kangen jogja

Poster Pasar Kangen Jogja 2018 via @hariprast

Menghadirkan 80 stan kuliner tradisional

Istimewanya, tahun ini kurasi makanan yang dijual di Pasar Kangen Jogja berlangsung lebih ketat ketimbang tahun sebelumnya. Hanya makanan yang memenuhi kriteria tradisi yang bisa dijual di sana.

“Makanan yang pengolahannya menggunakan alat modern pun tidak diperbolehkan. Makanan yang pengolahannya memerlukan freezer, kulkas, tidak boleh,” kata Wasdiyanta, Ketua Panitia Pasar Kangen Jogja 2018, dilansir dari rilis yang disebar oleh pantia. “Cilok dan cireng pun tidak boleh. Tahun lalu sempat lolos,” lanjutnya.

Seleksi ketat itu menyaring 80 stan kuliner tradisional. Siap-siap ngiler baca “line-up” makanannya: thiwul, lopis ketan, cenil, sate gajih, sate kere, kipo, ketan srundeng, gebleg, dan pecel ndeso.

Daftar minumannya juga bikin kerongkongan jadi basah tiba-tiba: wedang uwuh, kunir asem, beras kencur, wedang sere, bir jawa, es gosrok, juga sarsarparilla.

Pasar Kangen Jogja 2018 gratis untuk umum

Selain 80 stan kuliner, Pasar Kangen Jogja 2018 juga bakal dimeriahkan oleh 40 stan barang kerajinan. Tapi nggak cuma itu ternyata. Juga akan ada pertunjukan kesenian tradisional dari 32 kelompok seni.

Selama penyelenggaraannya, Pasar Kangen Jogja akan buka dari mulai jam 12 siang sampai 10 malam. Jadi kamu bisa milih: mau makan siang di sana atau makan malam.

Sebagaimana biasanya, buat ke Pasar Kangen Jogja nggak dikenakan biaya masuk alias gratis! Tapi makanan bayar lho, ya.

Jadi, tunggu apa lagi? Mungkin ini adalah momen yang paling pas buatmu untuk main ke Jogja sekalian mencicipi makanan dan minuman legendaris yang mungkin hanya muncul setahun sekali.


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Events

Sekolah TelusuRI Semarang #6: TelusuRI Sejarah Jalur Kota Lama–Pecinan

Events

5 Event Seru Bulan Agustus 2019

Events

Festival Cheng Ho 2019

Events

ASEAN Contemporary Dance Festival 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *