Itinerary

Para Pejalan! Inilah 6 Skill yang Wajib Kalian Miliki

Untuk jadi seorang pejalan, kamu memang nggak perlu ikut sekolah khusus. Meskipun begitu supaya jalan-jalanmu aman dan tenteram tetap ada beberapa kemampuan yang perlu kamu asah.

Inilah 6 skill yang wajib dimiliki pejalan:

1. Berkendara

skill yang wajib dimiliki pejalan

Naik motor via pexels.com/bruce mars

Nggak semua destinasi yang kamu kunjungi punya sistem transportasi publik yang baik. Sering kali kamu perlu menyewa kendaraan seperti sepeda motor atau mobil buat ke air terjun, pantai, danau, atau atraksi-atraksi wisata lain.

Makanya berkendara jadi salah satu dari beberapa skill yang wajib dimiliki pejalan. Memang benar bahwa kamu bisa menyewa supir. Tapi, kalau anggaranmu terbatas, akan jauh lebih hemat kalau kamu sendiri yang mengendarai motor/mobil sewaan itu.

2. Navigasi

skill yang wajib dimiliki pejalan

Membaca peta via pexels.com/rawpixel.com

Sayangnya skill berkendara saja nggak cukup. Kemampuan itu mesti dibarengi dengan skill navigasi. Minimal kamu bisa baca peta sederhana (dan mungkin bisa baca arah dari melihat posisi matahari).

“Lho? Buat apa? ‘Kan udah ada aplikasi peta di ponsel?” Benar. Tapi ponsel kamu itu perlu sumber energi (dan power bank kamu juga perlu listrik). Bayangin kalau tiba-tiba semua gawai kamu mati dan nggak ada listrik.

3. Berenang

skill yang wajib dimiliki pejalan

Meloncat ke dalam air via pexels.com/Pete Johnson

Berenang juga jadi salah satu skill yang wajib dimiliki pejalan. Fungsinya bukan cuma buat main-main di sungai, pantai, atau danau, tapi juga buat antisipasi kalau kamu terjebak dalam keadaan darurat.

Lengkapi juga skill berenangmu dengan kemampuan pendukung lain seperti ilmu watermanshiptreading water/watertrappen, floating, apnea. Percayalah: kemampuan berenang bakal sangat membantu kamu.

4. Sosialisasi

skill yang wajib dimiliki pejalan

Ngobrol waktu kemping via pexels.com/Oleksandr Pidvalnyi

Kamu nggak perlu jadi orang yang terlalu supel juga. (Terlalu supel juga mungkin bakal menyulitkan dirimu sendiri.) Minimal kamu nggak takut buat berhenti di pinggir jalan untuk menanyakan jalan ke warga setempat yang kamu temui.

Makanya selalu asah kemampuanmu untuk bersosialisasi. Mulai dari yang kecil-kecil: menyapa temen kos, ngobrol basa-basi dengan teman beda divisi di kantor, atau iseng-iseng minta diskon ke penjual gorengan.

5. Menawar harga

skill yang wajib dimiliki pejalan

Oleh-oleh yang siap ditawar via pexels.com/Artem Bali

Ini wajib banget dimiliki sama pejalan berbujet terbatas. Kemampuan menawar fungsinya penting banget. Jago nawar, kamu bakal terhindar dari: jebakan calo, mark-up  harga makanan di spot-spot turistik, harga sewa kamar hostel yang lebih mahal dari biasanya, dll.

Kamu bisa latih kemampuan menawar harga dengan cara rajin-rajin beli bahan makanan ke pasar-pasar tradisional. Kalau diasah terus, kemampuan itu bakal keluar dengan alami saat kamu membutuhkannya.

6. Tidur dalam segala kondisi

skill yang wajib dimiliki pejalan

Bis sedang melipir tebing via pexels.com/Mads Thomsen

Kalau kamu traveling jarak jauh dalam waktu yang lama (khususnya overland), tidur dalam posisi nyaman adalah sebuah kemewahan. Ada kalanya kamu mesti tidur di bis malam, kereta malam, atau, barangkali, terminal dan stasiun.

Makanya “kemampuan” untuk tidur dalam segala kondisi jadi salah satu skill yang wajib dimiliki pejalan. Ya, minimal kamu mesti bikin mental note dalam kepala supaya bisa tetap nyaman meskipun kamu tidur di tempat yang… semestinya bukan buat tiduran.

Itulah 6 skill yang wajib dimiliki pejalan. Kamu sudah punya yang mana? Jangan-jangan sudah menguasai semuanya?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Tips Bikin Bujet Traveling ala Dayu Hatmanti

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Ngobrolin Fotografi Perjalanan bareng Ingga Suwandana

#dirumahajaItinerary

Tuliskan Perjalananmu, Mumpung Lagi di Rumah Aja

#dirumahajaItinerary

Bincang-bincang Dampak COVID-19 pada Industri Pariwisata bareng Womentourism.id

2 Comments

  • Avatar
    • Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *