Itinerary

Kenapa Masa Kuliah Waktu yang Pas untuk Traveling?

Kalau kamu lagi kuliah, pengen cobain traveling tapi masih ragu-ragu, tulisan ini pas banget buat kamu. Ini TelusuRI kasih 5 alasan kenapa masa kuliah adalah waktu yang paling pas untuk traveling:

1. Masih punya waktu luang yang banyak

waktu yang pas untuk traveling

Mengisi waktu luang dengan bertualang via pexels.com/Lucas Allmann

Alasan pertama kenapa kuliah adalah waktu yang pas untuk traveling adalah karena kamu masih punya waktu luang yang banyak. Kalau ngambil antara 20-24 SKS, dalam seminggu kemungkinan kamu bisa libur 3-4 hari tergantung jadwal.

Waktu libur itu bisa kamu manfaatin buat berkelana. Nggak perlu ke tempat yang jauh-jauh. Kamu bisa keliling-keliling menelusuri kota, atau kalau sempat ke kota sebelah. Kalau libur panjang kamu bisa jalan-jalan lamaaa… banget sampai berbulan-bulan. Kalau udah kerja bakal susah buatmu traveling selama itu.

2. Masih punya banyak tenaga

waktu yang pas untuk traveling

Menelusuri jalan panjang via pexels.com/Pixabay

Karena melibatkan banyak kegiatan fisik, perlu tenaga yang prima buat traveling. Nah, biasanya masa-masa kuliah adalah masa-masa paling fit dalam hidup seseorang. Kenapa? Soalnya pas kuliah banyak kegiatan yang bakal selalu ngeluarin keringatmu.

Semakin bertambah umur semakin lemah fisik seseorang. Kalau pas kuliah kamu bisa jalan tanpa ngos-ngosan sejauh 10 km, ntar kalau kamu udah lulus dan sibuk kerja belum tentu kamu betah jalan kaki barang 1-2 km saja. Makanya masa kuliah adalah waktu yang pas buat traveling.

3. Belum punya beban hidup yang bertumpuk-tumpuk

waktu yang pas untuk traveling

Menikmati libur panjang via pexels.com/Rawpixel

Meskipun banyak juga yang kuliah sambil kerja, beban yang ditanggung masih belum ada apa-apanya dibanding, katakanlah, orang yang sudah menikah dan punya keluarga kecil. Kamu bisa seketika berkelana jauh terus pulang seminggu atau sebulan kemudian dengan bawa banyak pengalaman.

Nah, pas udah kerja bakal beda lagi. Buat keluar rumah saja mungkin kamu punya sejuta pertimbangan. Kakimu bakal terasa begitu tertanam di teritori kecil milikmu. “Apaan sih maksudnya?” Ah, ntar juga kamu bakal ngerti.

4. Nambah pengalaman dan ilmu yang nggak didapat di sekolah formal

waktu yang pas untuk traveling

Menambah pengalaman via pexels.com/Abhiram Prakash

Katanya “pengalaman adalah guru yang terbaik.” Memang benar. Pengalaman bakal ngasih kamu banyak pelajaran yang nggak disampaikan di kelas-kelas di sekolah formal. (Ilmunya mungkin nggak bisa bantu kamu pas ujian akhir, tapi bakal bantu kamu banget dalam menjalani kehidupan.)

Dibanding temen-temenmu yang kurang suka berkelana, kamu bakal punya aura yang berbeda. Mungkin kamu sendiri nggak bisa ngerasain, tapi orang lain bakal melihatmu sebagai pribadi yang berbeda.

5. Karena traveling bakal menyegarkan pikiran sehingga kamu bakal selalu siap menerima materi perkuliahan

waktu yang pas untuk traveling

Menyegarkan pikiran dengan bertualang via pexels.com/Rawpixel

Traveling di sela-sela perkuliahan bakal bikin pikiranmu selalu segar. Pikiran yang segar bakalan jadi kayak spons yang selalu siap menyerap setiap materi yang disampaikan pas perkuliahan.

Kalau kamu terus maksain ikut perkuliahan dalam keadaan butek—sementara kamu tau kalau kamu lagi butuh piknik—apa yang diajarin dosen cuma bakal lewat doang kayak gerobak es dung dung. Catatanmu mungkin penuh, tapi ilmunya nggak sampai ke kepala.

Itulah lima alasan kenapa masa kuliah adalah waktu yang pas buat traveling. Berani coba?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

 

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

5 Cara Santai untuk Menikmati Perjalanan

Itinerary

5 Ide "Slow Travel" yang Bisa Kamu Coba Tahun 2020

Itinerary

2 Destinasi Ini Cocok buat "Solo Traveling" Perdana

Itinerary

Nggak Perlu Khawatir, 7 Hal Ini Hampir Selalu Ada di Kawasan Backpacker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *