Itinerary

Kehabisan Uang saat Traveling? Lakukan 5 Hal Ini Saja

Kehabisan uang saat traveling adalah mimpi buruk bagi hampir semua traveler. Bakal bikin panik pastinya. Tapi tenang aja. Jika kamu menenangkan diri dan berpikir dengan jernih, pasti ada aja jalan keluar untuk mengatasi masalah finansialmu di tengah perjalanan. Nah, kalau kamu masih bingung juga mau ngapain lagi buat dapetin duit, lima hal berikut barangkali bisa membantumu bertahan hidup, kembali melanjutkan perjalanan ke destinasi berikutnya, atau kembali ke rumah dengan selamat dan sehat walafiat. Yuk simak.

1. Donor darah

Mendonorkan darah/reblood

Saat kamu perlu uang untuk melanjutkan perjalanan, modal pertama yang kamu punya adalah apa yang kamu miliki saat itu. Darah misalnya. Donor darah bisa jadi salah satu solusi. (Minimal agar kamu bisa mendapatkan makanan dan asupan gizi yang cukup setelah melakukannya. Soalnya pendonor biasanya diberikan sangu berupa makanan bergizi.) Donor darah juga memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah agar pikiran menjadi lebih stabil. Tapi terlebih dahulu kamu harus memastikan bahwa tubuhmu cukup bugar untuk melakukan aktivitas donor darah.

2. Jual barang bawaan

Kehabisan Uang saat Traveling

Pasar di tempat terpencil via unsplash.com/2 L

Jika barang yang kamu bawa cukup banyak, atau sedikit tapi cukup berharga, maka kehabisan uang saat traveling bisa kamu atasi dengan menjual barang-barang yang kamu punya. Tentu saja pilih barang-barang yang bisa kamu ikhlaskan. (Barang-barang sentimental jangan.) Nggak usah dijual mahal-mahal, kasih harga yang masuk akal saja. Kamu mesti ikhlas menjual barang itu di bawah harga pasaran. Tapi ingat, kalau barang itu laku, gunakan uang hasil penjualan itu sehemat mungkin. Kamu juga mesti lihai mencari alternatif lain untuk mendapatkan tambahan jika kamu merasa uang hasil jual barang itu belum cukup buat melanjutkan perjalanan.

3. Jual foto secara online

Kehabisan Uang saat Traveling

Memotret via pexels.com/Gabriel Peter

Cukup banyak traveler yang memiliki skill fotografi. Jika kamu salah satunya, maka ini bisa menjadi solusi tepat dan cepat. Kalau kehabisan uang saat traveling, jual saja hasil jepretanmu secara online di situs-situs seperti Thinkstock, Getty Images, dan Shutterstock. Siapa tahu hasil-hasil jepretanmu malah bisa mendatangkan uang dengan jumlah yang jauh lebih banyak dari yang kamu harapkan.

4. Jual artikel perjalanan

Mengetik di laptop via pexels.com/Stokpic

Saat ini sudah cukup banyak media user-generated content tempat siapa pun bisa menulis dan akan mendapatkan royalti sesuai dengan jumlah pembaca. Kalau kamu seorang blogger aktif, lebih bagus lagi. Peluang agar tulisanmu dibeli langsung oleh media besar akan lebih terbuka. Jika kamu memiliki kemampuan menulis, maka masalah kehabisan uang saat traveling dapat teratasi dengan mudah. Makanya, mulai belajar nulis, deh.

5. Kerja “part-time” di restoran

Kehabisan Uang saat Traveling

Kerja “part-time” di restoran via pexels.com/Pixabay

Inilah cara terakhir untuk mengatasi persoalan finansial di perjalanan. Apalagi jika kamu belum berencana pulang atau melanjutkan perjalanan dalam waktu dekat. Cari restoran di kota tempatmu singgah dan tanyakan apakah ada lowongan pekerjaan. Minimal sebagai tukang cuci piring. Minta kontrak satu minggu hingga satu bulan, sesuai dengan target waktu perjalananmu.

Itu dia lima hal yang bisa kamu lakukan sebagai solusi waktu kehabisan uang saat traveling. Jika kamu punya tips dan trik lainnya, tulis di kolom komentar, ya! Siapa tahu bisa jadi solusi tambahan buat pembaca yang sekarang sedang benar-benar kehabisan uang saat traveling.

Artikel Terkait
Itinerary

Senja dari Pinggir Brantas

Itinerary

Remeh-temeh yang Tak Remeh tentang Tempe

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Tips Bikin Bujet Traveling ala Dayu Hatmanti

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Ngobrolin Fotografi Perjalanan bareng Ingga Suwandana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *