Itinerary

Tips dan Trik biar Liburan Tahun Baru di Destinasi Populer Jadi Lebih Asyik

Sebentar lagi tahun baru, Sob. Sebagian dari kamu mungkin lagi merencanakan buat ngerayain tahun baru di salah satu destinasi populer di Indonesia, seperti Bali atau Yogyakarta.

Nah, supaya liburan tahun baru kamu jadi lebih menyenangkan, coba deh simak dulu lima jurus jitu berikut:

1. Pesan tiket PP dari jauh-jauh hari

Persaingan buat dapetin tiket moda transportasi ke destinasi favorit pas tahun baru bakalan sengit banget, Sob. Beberapa minggu sampai sebulan sebelum tahun baru, kemungkinan besar tiket bakalan ludes.

Jadi, mau naik bus, kereta, atau pesawat, mending kamu pesan tiket PP dari sekarang, deh, kalau nggak mau terdampar di destinasi tanggal 2 Januari 2020.

tahun baru di toraja
Warga menikmati malam pergantian tahun 2017-2018 di puncak Bukit Buntu Burake, Makale, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Senin, 1 Januari 2018 via TEMPO/Iqbal Lubis

2. Pesan hotel dari sekarang

Nggak cuma tiket transportasi yang bakalan cepet ludes, kamar hotel pasti juga bakalan fully booked. Pun ada, karena permintaannya tinggi, sewa kamar pasti bakalan meroket ke harga yang nggak masuk akal.

Makanya pesan kamar dari sekarang. Coba deh cari di laman atau aplikasi booking hotel yang sekarang sudah banyak banget. Jangan lupa cari program diskon supaya kamu bisa menginap di hotel bagus dengan biaya miring.

3. “Booking” kendaraan rental dari sekarang

Kalau kamu berencana menjelajahi destinasi itu dengan kendaraan sewaan, sebaiknya kamu mulai mencari kontak rental dari sekarang. Makin deket ke hari-H, makin susah pula kamu menemukan motor/mobil sewaan.

Coba deh main-main ke laman review seperti TripAdvisor. Di sana banyak banget laman rental kendaraan bermotor. Supaya aman, cari yang punya reputasi bagus dan yang sudah banyak diulas sama user.

tahun baru di jakarta
Warga menyaksikan pesta kembang api dengan payung dan jas hujan saat merayakan tahun baru 2019 di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Selasa, 1 Januari 2019 via TEMPO/Amston Probel

4. Menginap di tempat yang jauh dari pusat keramaian

Sebagian orang senang keramaian tahun baru, tapi sebagian lain lebih senang kesunyian. Kalau kamu tipe yang kedua, menginaplah di tempat-tempat yang jauh dari pusat keramaian. Ke Jogja, jangan menginap di daerah Sosrowijayan atau Dagen. Ke Bali, hindari menginap di Poppies Lane.

Tenang saja. Meskipun menginap jauh dari pusat keramaian, kamu tetap bakalan bisa merasakan nuansa tahun baru. Lihat saja ke langit pas 31 Desember malam. Pasti mata kamu bakalan gembira melihat kembang api aneka warna meletus di angkasa.

5. Cari informasi soal pengalihan jalan pas malam tahun baru di destinasi itu

Supaya nggak jengkel sendiri karena harus mencari jalan memutar, ada baiknya kamu cari informasi soal pengalihan jalan pas malam tahun baru di tempat itu. Caranya gimana? Buka aja portal-portal berita atau akun-akun media sosial lokal.

Semoga liburan tahun baru kamu jadi lebih menyenangkan, Sob!


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Tips Bikin Bujet Traveling ala Dayu Hatmanti

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Ngobrolin Fotografi Perjalanan bareng Ingga Suwandana

#dirumahajaItinerary

Tuliskan Perjalananmu, Mumpung Lagi di Rumah Aja

#dirumahajaItinerary

Bincang-bincang Dampak COVID-19 pada Industri Pariwisata bareng Womentourism.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *