Itinerary

4 Lokasi untuk Melihat Kembang Api Malam Tahun Baru di Yogyakarta

Punya rencana melewatkan malam tahun baru di Yogyakarta tapi masih bingung mau lihat pesta kembang api dari mana? Kebetulan banget, nih. TelusuRI punya empat lokasi seru untuk melihat kembang api malam tahun baru di Yogyakarta:

1. Kilometer Nol

Lokasi paling klasik adalah Kilometer Nol. Tempat ini berada di ujung selatan Malioboro, dekat dengan Kraton Yogyakarta, Gedung Agung, Benteng Vredeburg, dan Kantor Pos Besar. Setiap tahun, pas jam 12 malam tanggal 31 Desember, pesta kembang api bakalan digelar di sini.

Supaya kebagian tempat, ada baiknya kalau kamu tiba di kawasan Kilometer Nol beberapa jam sebelum pukul 12 malam. Nggak usah bawa kendaraan supaya nggak repot-repot mikirin tempat parkir.

2. Tebing Breksi

Tebing Breksi yang berada di Jalan Prambanan-Piyungan juga pas buat melihat kembang api tahun baru. Kenapa? Soalnya lokasinya berada di ketinggian. Selain itu, kamu juga bakal bisa melihat siluet Gunung Merapi dari sana—kalau hari cerah.

Buat ke Tebing Breksi, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi/sewaan atau naik transportasi online. Kalau bawa kendaraan sendiri, pastikan kondisinya fit. Soalnya, kamu bakalan melewati beberapa tanjakan yang lumayan asoy.

3. Bukit Bintang

Lokasi berikutnya adalah Bukit Bintang yang berada di perbatasan Kabupaten Bantul dan Gunungkidul. Dari Bukit Bintang, kamu bisa melihat kembang api sambil menikmati sajian makanan seperti jagung bakar, roti bakar, pisang bakar, Indomie rebus, dsb.

Sebagai salah satu tempat paling favorit untuk melewatkan momen tahun baru di Yogyakarta, Bukit Bintang bakal rame banget tanggal 31 malam. Kalau mau ke sini, mending kamu jalan dari sore. Telat datang, bakal susah buatmu dapetin posisi enak.

4. Daerah sekitar Nglanggeran

Naik sedikit dari Bukit Bintang, terus belok kiri di dekat Polsek, kamu bakal tiba di daerah Nglanggeran yang terkenal dengan Gunung Api Purba-nya. Dari wilayah Nglanggeran, kamu juga bisa melihat kembang api malam tahun baru.

Ketimbang Bukit Bintang, daerah Nglanggeran lebih sepi pas malam pergantian tahun. Paling kamu cuma bakal ketemu sama warga lokal di sini.

Jadi, pas di Jogja nanti mau lihat pesta kembang api dari mana, nih, Sob?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

Remeh-temeh yang Tak Remeh tentang Tempe

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Tips Bikin Bujet Traveling ala Dayu Hatmanti

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Ngobrolin Fotografi Perjalanan bareng Ingga Suwandana

#dirumahajaItinerary

Tuliskan Perjalananmu, Mumpung Lagi di Rumah Aja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *