Itinerary

Jurus Jitu yang Berguna kalau Kamu Tiba di Destinasi Malam Hari

Kadang-kadang, kamu bakal tiba di destinasi pas malam hari. Ketimbang siang hari, tiba di destinasi pas malam hari agak lebih tricky. Kamu bakal agak kesusahan mengenali medan, dan aktivitas penduduk sudah nggak sesemarak siang hari.

Tapi, kamu nggak perlu khawatir. TelusuRI bakal ngasih beberapa jurus jitu yang bakal berguna kalau kamu tiba di destinasi malam hari.

1. Jangan tergesa-gesa

Jurus pertama: jangan tergesa-gesa. Ketergesaan hanya bakal bikin kamu dilanda banyak persoalan. Misalnya: kamu tergesa-gesa keluar bandara, pesan taksi, dan berlalu ke penginapan, padahal kamu belum mengambil bagasi.

Jadi, santai saja, Sob. Pas nyampe di destinasi, amati sekitar, resapi suasana, dan pelajari kondisi. Ini bakal ngasih kamu kesempatan buat, misalnya, bikin rencana. Toh nggak ada gunananya juga ‘kan buat tergesa-gesa? Mau ngejar apa?

2. Pastikan bahwa kamu sudah menentukan tempat menginap

Kalau tiba siang hari, kamu bisa leluasa mencari penginapan. Kamu bisa keliling-keliling mencari akomodasi murah. Nggak cocok, kamu bisa cari penginapan lain yang sesuai dengan kriteriamu. Beda cerita kalau kamu tiba di malam hari. Cahaya yang sudah sangat lindap bakalan mempersulitmu buat mencari penginapan.

Jadi, pastikan dulu kamu bakalan menginap di mana. Kalau perlu, booking dulu. Jangan lupa juga buat mempelajari rute menuju ke sana, terlebih kalau kamu nggak punya paket internet.

3. Kabari pihak penginapan bahwa kamu bakal “check-in” malam hari

Jadi, kamu sudah booking tempat menginap? Nah, langkah selanjutnya adalah mengabari pihak penginapan bahwa kamu bakalan check-in di malam hari, biar mereka nggak mengira kamu membatalkan pesanan dan telanjur memberikan kasur atau kamarmu kepada tamu yang lain.

Sekarang, kamu bisa lebih mudah berkomunikasi dengan pihak penginapan. Nggak perlu nelpon, kamu cukup menghubungi mereka via fitur chat di laman pemesanan atau kirim email.

4. Hidupkan paket internet atau cari Wi-Fi

Kecuali kamu memang berencana untuk nggak menggunakan internet, segera hidupkan paket internet atau cari Wi-Fi ketika kamu tiba di destinasi malam hari. Lewat internet, kamu bisa mencari informasi soal moda transportasi menuju penginapan, termasuk soal harganya.

Kalau memang nggak mau pakai internet, kamu bisa mempersiapkan peta fisik dan menggali informasi (dan mencatatnya) soal destinasi itu. Jadi, setiba di destinasi, kamu tinggal memproses informasi itu dan bikin keputusan.

5. Prioritaskan transportasi publik massal seperti bis atau kereta api

Penyedia jasa transportasi seperti taksi atau mobil sewaan pasti bakalan bilang, “Bis atau kereta sudah nggak ada lagi, Mbak/Mas. Terakhir tadi jam 7.” Jangan terlalu gampang percaya. Tanyakan dulu ke bagian informasi soal jam/jadwal operasi angkutan umum di destinasi itu. Di kota-kota seperti Jogja, Surabaya, atau Jakarta, transportasi umum biasanya beroperasi sampai sekitar jam 9-10 malam.

Jadi, sudah tahu ‘kan ngarus ngapain pas tiba di destinasi malam hari?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

4 Hal Penting yang Sering Dilupakan Pendaki Gunung

Itinerary

Selter 101: Pilihlah Selter seperti Memilih Pasangan Hidup

Itinerary

Tips dan Trik biar "Packing" Makin Seru

Itinerary

3 Tips Memilih Destinasi buat Traveling Musim Hujan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *